The Flower Of Service
Produk inti
sering kali memilki kesamaan pada elemen layanan tambahan. Terdapat dua macam
layanan tambahan : 1. Layanan tambahan yang mempermudah, yang di butuhkan untuk
penghantaran layanan atau memberikan bantuan dalam penggunaan produk inti, dan
2. Layanan tambahan yang memperkuat, yang menambah nilai bagi pelanggan.
Terdapat berbagai layanan tambahanyang dapat di berikan, tapi hampir semuanya
dapat di kalisifikasikan ke dalam delapan kelompok. Delapan kelompok itu di gambarkan dalam
kelopak bunga yang mengelilingi inti yng di sebut flower of service. Kelopaknya
di susun searah jarum jam, berdasarkan urutan kemungkinan akan di alami oleh
pelanggan ( walupun urutan ini bisa bervariasi). Analogi flower of service
dapat membantu kita memahami kebutuhan terhadap kinerja yang konsisten pada
seluruh elemen tambahan, sehingga kelemahan pada salah satu elemen tidak
merusak kesan secara keseluruhan.
Di dalam
sebuah produk jasa yang didesain dan dikelola dengan baik, kelopak dan inti
sangat segar dan dan bagus bentuknya. Layanan yang di rancang atau di
laksanakan dengan buruk akan terlihat seperti bunga yang kelopaknya hilang,
layu, atau kehilagan warnanya. Meskipun intinya sempurna, kesan keseluruhan
dari bunga itu akan terlihat tidak menarik.
Layanan Tambahan Yang Mempermudah.
1.
Informasi
Informasi untuk mendapatkan
nilai penuh dari barang dan jasa apa pun, pelanggan membutuhkan informasi yang
relevan. Jenis informasinya mulai dari jadwal kereta dan pesawat, bantuan untuk
menentukan loasi outlet ritel tertentu, sampai ke informasi mengenai layanan
dari perusahaan profesional. Pelanggan baru dan calon pelanggan biasanya sangat
haus akan informasi. Kebutuhan pelanggan mungkin meliputi petunjuk arah menuju
tempat produk itu di jual ( atau bagaimana cara memesannya), jam kerja, harga,
dan petunjuk penggunaan. Pelanggan juga menghargai saran mengenai cara untuk
mendapatkan nilai terbesar dalam sebuah layanan dan bagaimana menghindari
permasalahan.
2.
Penerimaan pesanan
Begitu pelanggan siap membeli,
sebuah elemen tambahan utama langsung berperan menerima pendaftaran, pesanan
meliputi aplikasi, pengisian pesanan, dan reservasi, atau cek-in. Bank,
perusahaan asuransi, dan perusahaan fasilitas umum mengharuskan pelanggan untuk
melalui proses aplikasi yang didesain untuk mendapatkan informasi yang relevan
dan untuk manyaring pelanggan yang tidak memenuhi kriteria pendaftaran dasar.
Pesanan dapat di terima melalui
berbagai sumber daya agen penjualan, telepon atau email, atau secara online.
Proses penerimaan pesanan haruslah cepat dan akurat sehingga pelanggan tidak
membuang – buang waktu dan harus mengalami upaya fisik atau mental yang
sebenarnya tidak di perlukan. Teknologi dapat digunakan untuk membuat
penerimaan pesanan lebih mudah dan cepat untuk pelanggan maupun penyedia
layanan, kuncinnya terletak pada minimalisasi waktu dan upaya yang dibutuhkan
dari kedua pihak, serta memastikan kelengkapan dan akurasi.
3.
Penagihan
Penagihan adalah hal umum bagi
hampir semua jasa ( kecuali jika jasa itu diberikan pelayanan gratis). Tagihan
yang tidak akurat, tidak terbaca, atau tidak lengkap memiliki risiko
mengecewakan pelanggan yang mungkin, samapai titik ini, telah cukup puas dengan
penggalaman mereka, atau lebih buruk lagi , ketidak sempuranaan seperti itu
menambah parah situasi jika memang pelanggan sebelumnya sudah merasa tidak
puas. Penagihan haruslah tepat waktu, karena hal ini akan menstimulasi
pemabayaran yang lebih cepat. Pelanggan biasanya mengharpkan tagihan yang jelas
dan informatif, dan dirinci sehingga jelas perhitungan jumlahnya.
4.
Pembayaran
Dalam banyak
kasus, tagihan mengharuskan pelangan untuk melakukan pembayaran ( dan hal itu
mungkin akan lama pelaksanaannya) . pengecualian disini termasuk laporan bank
dan jasa pembayaran debeit lainnya, diman pembayaran akan dikurangi dari
tabungan pelanggan.
Untuk
memastikan pelanggan membayar tagihannya, beberpa bisnis jasa memiliki sistem
pengawasan yang terorganisasi, seperti pemeriksaan tiket sebelum masuk kedalam
bioskop atau sebelum masuk pesawat. Meskipun demikian pegawai keamanan harus
dilatih dapat menggabungkan kesopanan dengan ketegasan dalam melakukan
pekerjaan mereka, sehinggan pelanggan yang jujur tidak terasa dilecehkan.
Layanan Tambahan Yanag Memperkuat
1.
Kosultasi
Kebalikan
dari informasi, yang memebrikan respon sederhana bagi pertanyaan pelanggan (
atau informasi cetak yang mengantisipasi kebutuhan mereka ), konsultasi
melibatkan dialog untuk memgetahui kebutuhan pelanggan, kemudian mengembangkan
solusi yang sesuai.
Bentuk paling
sederhana dari konsultasi mencangkup saran langsung dari petugas jasa yang ahli
sebagi respon terhadap pertanyaan. Konsultasi yang efektif membutuhkan pemahaman
dari setiap pelanggan saat itu, sebelum menyarankan tindakan yang sesuai.
Rakaman data pelanggan yang baik akan sangat membantu dalam hal ini, khususnya
jika data yang relavan dapat diambil dengan mudah dai tempat yang jauh.
Konseling
merupakan pendekatan yang lebih halus dari konsultasi karena konselig membantu
pelanggan lebih memahami stuasi mereka, sehingga dapat menemukan solusi sendiri
dan menentukan tindakan selanjutnya.
2.
Keramahan
Jasa yang
terkait dengan keramahan idealnya harus dapat menunjukkan kegembiraan pada saat
bertemu dengan pelanggan baru dan menyambut kembali. Keramahan dan perhatian
terhadapa kebutuhan pelanggan harus di terpakan pada interaksi tatap muka dan
interaksi telepon.
Kualitas
layanan ramah yang di tawarkan oleh perusahaan memainkan peranan penting dalam
menentukan kepuasan pelanggan. Khususnya untuk layanan – layanan yang mengelola
manusia, karena seseorang tidak bisa meninggalkan fasilitas jasa sebelum produk
inti diberikan sepenuhnya.
3.
Penyimpanan
Ketika
pelanggan mengunjungi tempat layanan, sering kali mereka memerlukan bantuan
untuk barang bawaan mereka. Bahkan, jika tidak ada beberapa layanan penyimpanan
( seperti tempat parkir mobil yang aman dan nyaman ), beberpa pelanggan mungkin
tidak akan daptang sama sekali. Layanan penyimpanan di tempat meliputi
penyimpanan mantel, pemindahan, pengurusan, dan penyimpanan bagasi : barang berharga
dan bahkan penitian anak dan hewan peliharaan.
Tambahan
layanan penyimpanan mungkin berkaitan dengan produk fisik yang dibeli atau
disewa oleh pelanggan. Termasuk dalam layanan itu adalah pengemasan,
penjemputan dan pemgiriman, pemasangan, instalasi, pembersihan dan pemeriksaan.
Layanan ini mungkin di tawarkan gratis atau dikenakan harga tambahan.
4.
Pengecualian
Pengecualain
meliputi layanan tambahan yang berada diluar kebiasaan proses penghantaran
layanan. Bisnis yang cerdik akan mengantisipasi pengecualian serta membuat
rencana dan petunjuk untuk keadaan – keadaan tidak terduga. Pegawai tidak akan
terlihat tak berdaya dan terkejut jika pelanggan meminta bantuan khusus.
Prosedur yang didefinisikan dengan baik akan memudahkan pegawai untuk merespon dengan
cepat dan efektif. Ada beberapa jenis pengecualian.
1.
Permintan khusus
2.
Pemecahan masalah
3.
Penagangan
keluhan/ saran/ pujian
4.
Restitusi
0 komentar:
Posting Komentar