Membuat Rencana Penjualan
Langkah – langkah dalam menyusun
suatu rencana penjualan sebagai berikut.
1. Menetapkan Tujuan
Sebagai
langkah pertama yang harus diaktifkan dalam menyusun perencanaan adalah
menetapkan tujuan terlebih dahulu. Yaitu di buat tujuan secara umum. Kemudian
baru di pecah – pecah menjadi beberapa tujuan menurut masing – masing bagian.
Tujuan menggambarkan tentang apa yang diharapkan dapat di capai dan merupakan
titik akhir tentang apa yang harus di kerjakan. Selain itu, tujuan menggambarkan
pula tentang apa yang harus di capai, setelah di buatnya pola kerja dari pada
kebijaksanaan, strategi, aturan, anggaran, dan program.
2. Menyusun Anggapan – Anggapan
Menciptakan
kesesuaian penggunaan dan menyebarkan anggapan perencanaan merupakan langkah
kedua yang harus dilakukan dalam menyusun perencanaan. Langkah ini merupakan
salah satu prinsip pokok dari perencanaan – perencanaan yang akan terkoordinasi
apabila makin banyak individu yang terkait di dalam perencanaan itu. Mereka
berusaha mengetahui dan menggunakan anggapan secara rutin. Anggapan – anggapan
yang di cari adalah anggapan yang di perkirakan dapat memberikan pengaruh
terhadap suatu rencana, baik anggapan yang berasal dari luar maupun dari dalam.
Semuanya ini dapat diperoleh dengan mengadakan peramalan. Anggapan – anggapan
ini disebut juga faktor – faktor lingkungan. Faktor – faktor lingkungan ini
dapat bersifat terawasi dan dapat bersifat tidak terawasi. Atau dapat pula
bersifat kuantitatif dan nonkuantitatif.
3. Menentukan Alternatif Tindakan
Menentukan
berbagai alternatif tindakan untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi semua cara
yang ada belum tentu dapat di gunakan, karena ada cara – cara yang tidak sesuai
dengan kondisi perusahaan dan ada pula cara yang sesuai dengan kondisi
perusahaan. Oleh karena itu, agar tujuan dapat tercapai sebaliknya dipilih cara
– cara yang sesuai.
4. Mengadakan Penilaian Terhadap Alternatif
Tindakan
Mengadakan
penilaian terhadap alternatif – alternatif tindakan yang sudah di pilih.
Meskipun pada langkah ketiga dilakukan pemilihan berbagai alternatif yang
diperkirakan sudah sesuai, belum tentu semuanya dapat dipakai. Dalam langkah
keempat ini dilakukan usaha – usaha untuk mencari alternatif mana yang akan
memberikan hasil maksimal dengan pengeluaran tertentu. Jadi, disini berlaku
prinsip ekonomi.
5. Mengambil Keputusan
Setelah
diadakan penilaian dengan mengadakan perbadingan satu pertimbangan –
pertimbangan yang masuk terhadp berbagai alternatif, barulah di ambil
keputusan. Alternatif mana yang di harapkan dapat mencapai tujuan yang telah di
tentukan.
6. Menyusun Rencana Pendukung
Setelah
langkah kelima dapat diselesaikan, boleh dikatakan langkah penyusunan
perencanaan sudah selesai. Namun demikian sering terjadi bahwa dengan dibuatnya
suatu perencanaan membutuhkan pula dukungan dari perencanaan yang lain.
0 komentar:
Posting Komentar