Pentingnya Lingkungan Pemasaran
Masyarakat
luas banyak mengenal pengertian
pemasaran hanya sebatas pada pemahaman periklanan dan penjualan. Padahal hal
tersebut hanya merupakan bagian dari pada elemen pemasaran. Pemasaran tidak
hanya sebatas periklanan dan penjualan saja. Terdapat banyak hal yang berada di
luar fungsi manajemen pemasaran yang dapat mempengaruhi kesuksesan pemasaran,
antara lain :
1. Melakukan analisa kebutuhan
dan keinginan konsumen
2. Melakukan perkiraan tentang
bentuk produk yang diinginkan oleh konsumen dan bagaimana memproduksinya
3. Menentukan harga dan promosi
apa yang digunakan supaya produk dapat sampai di konsumen potensial.
4. Melakukan perkiraan berapa
banyak pesaing yang ada di pasar
5. Memberikan motivasi kepada
bawahan agar bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan
6. Mengelola keuangan perusahaan
dengan tepat dan benar sehingga keuangan perusahaan dapat stabil dan tidak
deficit
7. Menentukan kebutuhan
perusahaan dan karyawan dalam melakukan kegiatan produksi
Perusahaan
yang berhasil adalah perusahaan yang memandang bisnis mereka dari dalam dan
luar. Mereka menyadari bahwa lingkungan pemasaran selalu menimbulkan peluang
baru, ancaman baru, dan pemahaman baru tentang pentingnya memantau dan
beradaptasi dengan lingkungan yang telah berubah. Perusahaan harus melakukan
pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungannya yang
bersifat kompleks dan terus berubah-ubah sehingga dapat menyesuaikan strategi pemasarannya untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar
yang baru. Untuk menjalankan strategi pemasarannya, perusahaan harus mengetahui
kondisi lingkungan pemasaran dari produknya, mengetahui kebutuhan dan trend
atau peluang yang belum terpenuhi.
Manajemen
pemasaran harus dilakukan dengan aktif dengan cara membangun hubungan yang baik
dengan pelanggan, caranya adalah menciptakan nilai lebih dari kepuasan
pelanggan. Hal ini tentu saja dengan tetap memperhatikan lingkungan pemasaran
baik lingkup makro dan mikro yang mendukung proses pemasaran.
Banyak
perusahaan yang gagal karena tidak melihat perubahan sebagai peluang. Mereka
mengabaikan atau enggan melakukan perubahan sampai keadaan sudah terlambat.
Strategi, struktur, system dan budaya organisasi mereka akan bertambah usang
dan tidak berfungsi secara maksimal. Contoh pada perusahaan besar sekaliber
General Motor, IBM dan Sears, tidak dapat berbuat apa-apa dan mengalami
kegagalan karena terlalu lama mengabaikan perubahan lingkungan.
Sementara
CEO Microsoft Bill Gates mendapatkan keberhasilan karena berada di posisi
selalu beberapa langkah mendahului para pesaingnya. Dia sangat mengetahui
kapan, apa dan bagaimana melakukan penjualan dalam pasar. Gates terus
menganalisa lingkungan pemasaran, menghabiskan sepertiga waktunya untuk
berbicara dengan pelanggan dan calon pelanggan sehingga mampu menghasilkan
produk yang akan mengantar perusahaan di millennium mendatang. Hasil produknya
akan selalu di tunggu-tunggu oleh para konsumennya.
Tanggung
jawab utama dalam mengidentifikasi
perubahan lingkungan terletak pada para pemasar perusahaan. Mereka harus
bertindak sebagai pelacak trend dan pencari peluang. Meskipun setiap manager
dalam perusahaan perlu mengamati lingkungan luar, pemasar memiliki dua
keunggulan. Sebagai inteljen pemasaran dan sebagai pelaku riset pemasaran.
Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi tentang lingkungan pemasaran.
Mereka lebih banyak menjalankan perannya bersama pelanggan dan waktunya banyak
digunakan untuk mengamati para pesaing.
0 komentar:
Posting Komentar