Minggu, 30 September 2018

Pentingnya Lingkungan Pemasaran



Pentingnya Lingkungan Pemasaran

Masyarakat luas banyak mengenal  pengertian pemasaran hanya sebatas pada pemahaman periklanan dan penjualan. Padahal hal tersebut hanya merupakan bagian dari pada elemen pemasaran. Pemasaran tidak hanya sebatas periklanan dan penjualan saja. Terdapat banyak hal yang berada di luar fungsi manajemen pemasaran yang dapat mempengaruhi kesuksesan pemasaran, antara lain :
1. Melakukan analisa kebutuhan dan keinginan konsumen
2. Melakukan perkiraan tentang bentuk produk yang diinginkan oleh konsumen dan bagaimana memproduksinya  
3. Menentukan harga dan promosi apa yang digunakan supaya produk dapat sampai di konsumen potensial.
4. Melakukan perkiraan berapa banyak pesaing yang ada di pasar
5. Memberikan motivasi kepada bawahan agar bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan
6. Mengelola keuangan perusahaan dengan tepat dan benar sehingga keuangan perusahaan dapat stabil dan tidak deficit
7. Menentukan kebutuhan perusahaan dan karyawan dalam melakukan kegiatan produksi

Perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang memandang bisnis mereka dari dalam dan luar. Mereka menyadari bahwa lingkungan pemasaran selalu menimbulkan peluang baru, ancaman baru, dan pemahaman baru tentang pentingnya memantau dan beradaptasi dengan lingkungan yang telah berubah. Perusahaan harus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungannya yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah sehingga dapat menyesuaikan  strategi pemasarannya  untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru. Untuk menjalankan strategi pemasarannya, perusahaan harus mengetahui kondisi lingkungan pemasaran dari produknya, mengetahui kebutuhan dan trend atau peluang yang belum terpenuhi.  
Manajemen pemasaran harus dilakukan dengan aktif dengan cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, caranya adalah menciptakan nilai lebih dari kepuasan pelanggan. Hal ini tentu saja dengan tetap memperhatikan lingkungan pemasaran baik lingkup makro dan mikro yang mendukung proses pemasaran. 
Banyak perusahaan yang gagal karena tidak melihat perubahan sebagai peluang. Mereka mengabaikan atau enggan melakukan perubahan sampai keadaan sudah terlambat. Strategi, struktur, system dan budaya organisasi mereka akan bertambah usang dan tidak berfungsi secara maksimal. Contoh pada perusahaan besar sekaliber General Motor, IBM dan Sears, tidak dapat berbuat apa-apa dan mengalami kegagalan karena terlalu lama mengabaikan perubahan lingkungan.
Sementara CEO Microsoft Bill Gates mendapatkan keberhasilan karena berada di posisi selalu beberapa langkah mendahului para pesaingnya. Dia sangat mengetahui kapan, apa dan bagaimana melakukan penjualan dalam pasar. Gates terus menganalisa lingkungan pemasaran, menghabiskan sepertiga waktunya untuk berbicara dengan pelanggan dan calon pelanggan sehingga mampu menghasilkan produk yang akan mengantar perusahaan di millennium mendatang. Hasil produknya akan selalu di tunggu-tunggu oleh para konsumennya. 
Tanggung jawab  utama dalam mengidentifikasi perubahan lingkungan terletak pada para pemasar perusahaan. Mereka harus bertindak sebagai pelacak trend dan pencari peluang. Meskipun setiap manager dalam perusahaan perlu mengamati lingkungan luar, pemasar memiliki dua keunggulan. Sebagai inteljen pemasaran dan sebagai pelaku riset pemasaran. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan informasi tentang lingkungan pemasaran. Mereka lebih banyak menjalankan perannya bersama pelanggan dan waktunya banyak digunakan untuk mengamati para pesaing.  

0 komentar:

Posting Komentar