Minggu, 30 September 2018

Syarat Organisasi Pemasaran Yang Baik


Syarat Organisasi Pemasaran Yang Baik

Ada beberapa persyaratan yang harus ada agar diperoleh organisasi pemasaran yang baik. Persyaratan tersebut antara lain adalah:

1)      Jangkauan pengendalian (span of control), yaitu kemampuan seorang atasan mengendalikan bawahannya. Span of control ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan atasan dan bawahan, tingkat atau level dari manajemen tersebut, ruang lingkup dan jenis pekerjaan, rutin tidaknya pekerjaan yang ada serta pengalaman dari atasan dan bawahan.

2)      Koordinasi, yaitu kesatuan pengarahan dan kesatuan perintah sehingga kegiatan yang dilakukan dapat selaras dan terarah untuk pencapaian tujuan. Koordinasi ini dapat diharapkan bila terdapat kesatuan dalam tujuan , prosedur kerja, perencanaan, ketentuan atau peraturan serta saling kerja sama (mutual adjusment).

3)      Kesepadanan wewenang dan tanggung jawab setiap pimpinan dalam pemasaran mempunyai tugas dan tanggung jawab. Untuk melaksanakan tugas dan pertanggungjawaban tersebut, pimpinan hendaklah diberikan wewenang yang sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya.
 
4)      Kelengkapan (complementary), yaitu semua kegiatan yang perlu ada dalam bidang pemasaran hendaklah tercakup. Tidak ada suatu kegiatan yang harus ada, tidak tercakup dalam jabatan-jabatan yang disusun dalam organisasi pemasaran itu, sehingga semua kegiatan yang perlu jelas siapa penanggung jawab pelaksanaannya.

5)      Tidak terdapat tumpang tindih atau duplikasi (overlapping) tugas dan tanggung jawab. Adanya hal ini dalam organisasi dapat menimbulkan kekaburan tugas dan tanggung jawab. Kekaburan tugas dapat menimbulkan penggeseran atau pengalihan pertanggungjawaban.

6)      Internal control, yaitu terciptanya sistem saling mengawasi dengan memisahkan antara yang melaksanakan dan yang mengotorisasi serta yang membukukan.

7)      Kelanggengan (contuinity) organisasi, yaitu usaha untuk menjaga agar organisasi yang disusun tidak untuk periode tertentu dalam jangka pendek tetapi suatu masa yang lebih panjang dan dapat dipertahankan.  

0 komentar:

Posting Komentar