Syarat Organisasi Pemasaran Yang Baik
Ada beberapa persyaratan yang
harus ada agar diperoleh organisasi pemasaran yang baik. Persyaratan tersebut
antara lain adalah:
1)
Jangkauan pengendalian (span of control), yaitu
kemampuan seorang atasan mengendalikan bawahannya. Span of control ini
dipengaruhi oleh tingkat pendidikan atasan dan bawahan, tingkat atau level dari
manajemen tersebut, ruang lingkup dan jenis pekerjaan, rutin tidaknya pekerjaan
yang ada serta pengalaman dari atasan dan bawahan.
2)
Koordinasi, yaitu kesatuan pengarahan dan
kesatuan perintah sehingga kegiatan yang dilakukan dapat selaras dan terarah
untuk pencapaian tujuan. Koordinasi ini dapat diharapkan bila terdapat kesatuan
dalam tujuan , prosedur kerja, perencanaan, ketentuan atau peraturan serta
saling kerja sama (mutual adjusment).
3)
Kesepadanan wewenang dan tanggung jawab setiap
pimpinan dalam pemasaran mempunyai tugas dan tanggung jawab. Untuk melaksanakan
tugas dan pertanggungjawaban tersebut, pimpinan hendaklah diberikan wewenang
yang sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya.
4)
Kelengkapan (complementary), yaitu semua
kegiatan yang perlu ada dalam bidang pemasaran hendaklah tercakup. Tidak ada
suatu kegiatan yang harus ada, tidak tercakup dalam jabatan-jabatan yang
disusun dalam organisasi pemasaran itu, sehingga semua kegiatan yang perlu
jelas siapa penanggung jawab pelaksanaannya.
5)
Tidak terdapat tumpang tindih atau duplikasi
(overlapping) tugas dan tanggung jawab. Adanya hal ini dalam organisasi dapat
menimbulkan kekaburan tugas dan tanggung jawab. Kekaburan tugas dapat
menimbulkan penggeseran atau pengalihan pertanggungjawaban.
6)
Internal control, yaitu terciptanya sistem
saling mengawasi dengan memisahkan antara yang melaksanakan dan yang
mengotorisasi serta yang membukukan.
7)
Kelanggengan (contuinity) organisasi, yaitu
usaha untuk menjaga agar organisasi yang disusun tidak untuk periode tertentu
dalam jangka pendek tetapi suatu masa yang lebih panjang dan dapat
dipertahankan.
0 komentar:
Posting Komentar