Senin, 03 September 2018

Fungsi Uang


Fungsi Uang

Fungsi uang berarti kegunaan uang itu bagi setiap orang, organisasi atau masyarakat yang memilikinya. Fungsi uang yang sedimikian penting itu dapat di bedakan menjadi dua, yaitu fungsi asli dan turunan.

1.       Fungsi asli uang
Fungsi asli uang sebagai berikut.
a.       Uang sebagai alat tukar umum
Uang berfungsi sebagai alat tukar umum apabila uang di pergunakan untuk membeli atau mendapatkan barang atau jasa.
b.      Uang sebagai satuan hitung
Uang merupakan satuan ukuran yang digunakan untuk menentukan besarnya nilai atau harga suatu barang dan jasa. Dengan adanya uang. Anda mudah menentukan nilai satuan barang.

2.       Fungsi turunan uang
Fungsi turunan uang sebagai berikut.
a.       Uang sebagai alat pembayaran
Sebagai alat pembayaran, apabila uang digunakan untuk melunasi kewajiban. Contohnya penggunan uang untuk melunasi utang, membayar pajak dan membayar uang kuliah.
b.      Uang sebagai alat menabung
Keadaan keuangan seseorang kadang tidak tetap. Suatu hari mempunyai kelebihan uang, dan waktu yang lain kekurangan uang untuk pembayaran tertentu. Di waktu ada kelebihan uang, anda dapat menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan dimasa yang akan datang, dan sebelum digunakan dapat anda tabung terlebih dahulu.
c.       Uang sebagai alat pemindah kekayaan
Jika orang tua anda mempunyai tanah di desa, padahal orang tua anda tersebut tinggal di kota karena bekerja tanah yang di desa dapat di jual untuk membeli tanah di kota untuk tempat tinggal. Dengan begitu orang tua anda tidak perlu mengontrak rumah, melainkan tingal di rumah sendiri. Dalam hal ini, uang berfungsi sebagai alat pemindah kekayaan bagi orang tua anda, yaitu memindahkan kakayaan berupa tanah.
d.      Uang sebagai alat pembentuk / penimbun kekayaan
Uang dapat digunkan untuk membentuk kekayaan. Anda dapat menabung sedikit demi sedikit untuk persiapan melanjutkan kulaih nanti. Setiap ada kenaikan jumlah tabungan ( hal – hal lain di anggap tetap ). Maka kekayaan anda tersebut tambah. Tambahan kekayaan tersebut pada dasarnya merupakan pembentuk / penimbun kekayaan.
e.      Uang sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi
Uang dapat merangsang seseorang untuk melakukan kegaiatan ekonom. Oleh karena itu, uang berfungsi sebagai lat pendorong kegiatan ekonomi masyarakat. Kerena demi uang banyak orang bekerja keras setiap harinya. Sebaliknya orang lebih mudah melakukan kegiatan ekonomi jika ia mempunyai modal.

0 komentar:

Posting Komentar