Unsur – Unsur Yang Harus Di Perhatikan Dalam
Penyusunan Rencana Penjualan
Perencanaan
merupakan fungsi terpenting diantara semua fungsi – fungsi manajemen yang ada.
Ibarat suatu perjalanan dengan menggunakan kapal, perencanaan ini merupakan
pedoman yang harus di pakai untuk mengarahkan tujuan kemana kapal tersebut akan
di bawa berlayar.
Setelah di
uraikan bawha perencanaan di tetapkan sekarang dan dilaksanakan sertadi gunakan
untuk waktu yang akan datang. Oleh sebab itu, unsur – unsur yang perlu
diperhatikan dalam menyusun rencana penjualan sebagai barikut.
1.
Tujuan
penjualan, penjualan merupakan suatu sasaran dimana penjualan itu diarahkan
dan di usahakan untuk sedapat mungkin di capai dalam jangka waktu tertentu.
Setiap penjual harus mengatahui tujuan penjualanya.
2.
Kebijaksanaan
penjualan, adalah suatu pernyataan atau pengertian untuk menjalankan
pikiran dan mengambil keputusan terhadap tindakan – tindakan untuk mencapai
tujuan. Karena kebijaksanaan ini biasanya tidak tertulis, maka seringkali sulit
untuk di pahami oleh para bawahan.
3.
Strategi
penjualan, merupakan tindakan penyesuaian dari rencana yang telah di buat.
Perlunya diadakan penyesuaian ini di sebabkan oleh barbagai macam adanya
reaksi. Oleh karena itu, dalam membuat strategi haruslah memperhatikan beberapa
faktor, seperti ketepatan waktu, ketepatan tindakan yang akan di lakukan, dan
ain sebagainya.
4.
Prosedur
penjualan, merupakan rangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk waktu
mendatang. Jadi, prosedur ini lebih menitikberatkan pada suatu tindakan. Adanya
prosedur akan lebih memudahkan pelaksanaan semua aktivitas dalam penjualan.
5.
Aturan (
rule ), adalah suatu tindakan yang spesifik dan merupakan bagian dari
prosedur. Aturan – aturan yang saling berkaitan dapat dikelompokkan menjadi
satu golongan, di sebut prosedur.
6.
Program,
merupakan campuran antara kebijaksanaan, prosedur, aturan, dan pemberian tugas
yang di sertai dengan suatu anggaran ( budget ). Semua ini akan menciptakan
adanya tindakan.
0 komentar:
Posting Komentar