Senin, 03 September 2018

Sifat Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Penjual


Sifat Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Penjual

             Penjual yang berhasil dalam penjualan barang dan jasa adalah yang disenangi pembeli dan pelanggan. Sifat – sifat dasar tersebut adalah :
a.       Pengetahuan akan diri sendiri
Seorang penjual sebelum mengenal langganan – langganannya harus lebih dahulu mengenal dirinya sendiri.
b.      Pengetahuan akan barang dan jasa yang dijual
Seorang penjual harus mengenal barang dan jasa yang dijualnya dilihat dari kepentingan calon pembeli.
c.       Pengetahuan tentang langganan – langganan atau calon pembeli
Dilihat dari golongan apakah, bagaimanakah sifatnya, tabiatnya, dan sebagainya. Hal ini penting sekali adalah kita harus mengetahui siapakah calon pembeli kita, dari golongan apakah, bagaiman sifatnya dan lain sebagainya.
d.      Kepribadian penjual
Kepribadian penjual yang baik ditujukkan dengan mempunyai rasa percaya diri, kesopanan, kesabaran, kebijaksanaan, kejujuran, suka menolong, semangat, ketepatan atau kedisiplinan, ingat dan berpikir positif, dapat mencari penyelesaian konflik dengan baik. Selaian itu dapat merasakan apa yang dirasakan oleh pembeli dan dapat mengakui kesalahan yang di lakukan.

             Dalam dunia penjulan, terdapat berbagai macam teori yang berkenaan dengan teknik – teknik menjual. Teori ini mengajarkan bagaimanan mengawali dan mengakhiri proses penjualan dengan sukses. Satu diantaranya adal teknik AIDAS, yaitu :
a.       Attention ( perhatian ), penjual harus berusaha supaya calon pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan penjual.
b.      Interes ( minat ), penjual harus mengubah perhatian calon pembeli menjadi minat yang kuat.
c.       Desire ( keinginan ), menyakinkan pembeli dengan menjelaskan keuntungan yang akan didapat calon pembeli jika pembeli membeli produk yang ditawarkan serta kerugian jika tidak membeli produk tersebut.
d.      Action ( tindakan ), menyakinkan kepada pembeli bahwa keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan yang tepat.
e.      Satisfaction ( kepuasan ), bahwa kualitas produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dijelaskan.

Peranan dan pelayanan pelanggan sangatlah penting dan tidak terpisah dari kegiatan atau aktivitas pemasaran penjual.

0 komentar:

Posting Komentar