Sifat Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Penjual
Penjual
yang berhasil dalam penjualan barang dan jasa adalah yang disenangi pembeli dan
pelanggan. Sifat – sifat dasar tersebut adalah :
a.
Pengetahuan akan diri sendiri
Seorang penjual sebelum mengenal
langganan – langganannya harus lebih dahulu mengenal dirinya sendiri.
b.
Pengetahuan akan barang dan jasa yang dijual
Seorang penjual harus mengenal
barang dan jasa yang dijualnya dilihat dari kepentingan calon pembeli.
c.
Pengetahuan tentang langganan – langganan atau
calon pembeli
Dilihat dari golongan apakah,
bagaimanakah sifatnya, tabiatnya, dan sebagainya. Hal ini penting sekali adalah
kita harus mengetahui siapakah calon pembeli kita, dari golongan apakah,
bagaiman sifatnya dan lain sebagainya.
d.
Kepribadian penjual
Kepribadian penjual yang baik
ditujukkan dengan mempunyai rasa percaya diri, kesopanan, kesabaran,
kebijaksanaan, kejujuran, suka menolong, semangat, ketepatan atau kedisiplinan,
ingat dan berpikir positif, dapat mencari penyelesaian konflik dengan baik.
Selaian itu dapat merasakan apa yang dirasakan oleh pembeli dan dapat mengakui
kesalahan yang di lakukan.
Dalam
dunia penjulan, terdapat berbagai macam teori yang berkenaan dengan teknik –
teknik menjual. Teori ini mengajarkan bagaimanan mengawali dan mengakhiri
proses penjualan dengan sukses. Satu diantaranya adal teknik AIDAS, yaitu :
a.
Attention ( perhatian ), penjual harus berusaha
supaya calon pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan penjual.
b.
Interes ( minat ), penjual harus mengubah perhatian
calon pembeli menjadi minat yang kuat.
c.
Desire ( keinginan ), menyakinkan pembeli dengan
menjelaskan keuntungan yang akan didapat calon pembeli jika pembeli membeli
produk yang ditawarkan serta kerugian jika tidak membeli produk tersebut.
d.
Action ( tindakan ), menyakinkan kepada pembeli
bahwa keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan yang
tepat.
e.
Satisfaction ( kepuasan ), bahwa kualitas produk
yang ditawarkan sesuai dengan apa yang dijelaskan.
Peranan dan
pelayanan pelanggan sangatlah penting dan tidak terpisah dari kegiatan atau
aktivitas pemasaran penjual.
0 komentar:
Posting Komentar