Senin, 03 September 2018

Tipe Perilaku Konsumen Yang Menentukan Perkembangan Pasar


Tipe Perilaku Konsumen Yang Menentukan Perkembangan Pasar

             Untuk mendapatkan respon positif dari setiap konsumen, penting bagi perusahaan atau seseorang seller untuk mempelajari terlebih dahulu beberapa tipe atau perilaku konsumen yang menentukan perkembangan pasar bisnis perusahaan anda.
a.       Inovators
Inovators adalah mereka yang mendapatkan produk – produk terkini dan berani membayar dengan harga mahal untuk mendaptkan produk limited edition yang belum beredar masal. Sang inovator adalah mereka yang ingin mendaptkan produk – produk terkini dan berani membayar dengan mahal untuk mendaptkan produk limitrd edition yang belum beredar masal di pasar. Perusahaan atau seller dapat memanfaatkan tipe konsumen seperti ini untuk memperkenalkan produk baru konsumen kelas atas, sebab biasanya sang inovators lebih mempertimbangkan kepusan dan kualitas barang di bandingkan dengan harga jual dari suatu produk.
b.      Early Adopters
Early adopters adalah konsumen yang muai tertarik menggunaka produk tertentu setelah mendapatkan rekomendasi dan melihat manfaat atau keunggulan produk tersebut. Rekomendasi biasa berdasarkan referensi dari orang terdekat atau yang lebih di kenal dengan istilah starategi pemasaran world of mouth, atau rekomendasi dari iklan media massa seperti internet, televisi, radio, media cetak, dan lain sebagainya.
c.       Early Majority
Early majority adalah konsumen yang mulai tertarik menggunakan produk – produk tertentu yang sedang booming di pasar agar tidak di anggap ketinggalan zaman. Mereka malihat manfaat produk dari pengalaman konsumen sebelumnya  ( early adopters ), baru kemudian tertarik ikut membeli produk tersebut.
d.      Late Majority
Late majority adalah konsumen yang tertarik menggunkan sebuah produk setelah mayoritas orang menggunakanya. Biasanya perilaku konsumen seperti ini menghendaki harga produk yang lebih murah dan mempertimbangkan manfaat serta fasilitas pendukung lainya. Mereka menggumpulkan banyak informasi dan mepertimbangkan harga produk, sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan teransaksi pembelian.
e.      Laggards
Laggards adalah tipe konsumen yang paling lambat, yaotu mereka yang membeli sebuah produk karena tidak ada alternatif lain dan kisaran harganya sangat murah karena produk tersebut sudah mulai ditinggalkan para konsumen. Di saat konsumen lainya sedang berburu model terbaru yang meulai keluar dari pasaran, maka kelompok konsumen laggards lebih tertarik membeli produk lama untuk mendapatkan harga beli yang paling rendah.





0 komentar:

Posting Komentar