Tipe
Perilaku Konsumen Yang Menentukan Perkembangan Pasar
Untuk mendapatkan respon positif
dari setiap konsumen, penting bagi perusahaan atau seseorang seller untuk
mempelajari terlebih dahulu beberapa tipe atau perilaku konsumen yang
menentukan perkembangan pasar bisnis perusahaan anda.
a. Inovators
Inovators adalah mereka yang mendapatkan produk – produk terkini dan
berani membayar dengan harga mahal untuk mendaptkan produk limited edition yang
belum beredar masal. Sang inovator adalah mereka yang ingin mendaptkan produk –
produk terkini dan berani membayar dengan mahal untuk mendaptkan produk limitrd
edition yang belum beredar masal di pasar. Perusahaan atau seller dapat
memanfaatkan tipe konsumen seperti ini untuk memperkenalkan produk baru konsumen
kelas atas, sebab biasanya sang inovators lebih mempertimbangkan kepusan dan
kualitas barang di bandingkan dengan harga jual dari suatu produk.
b. Early Adopters
Early adopters adalah konsumen yang muai tertarik menggunaka produk
tertentu setelah mendapatkan rekomendasi dan melihat manfaat atau keunggulan
produk tersebut. Rekomendasi biasa berdasarkan referensi dari orang terdekat
atau yang lebih di kenal dengan istilah starategi pemasaran world of mouth,
atau rekomendasi dari iklan media massa seperti internet, televisi, radio,
media cetak, dan lain sebagainya.
c. Early Majority
Early majority adalah konsumen yang mulai tertarik menggunakan produk –
produk tertentu yang sedang booming di pasar agar tidak di anggap ketinggalan
zaman. Mereka malihat manfaat produk dari pengalaman konsumen sebelumnya ( early adopters ), baru kemudian tertarik
ikut membeli produk tersebut.
d. Late Majority
Late majority adalah konsumen yang tertarik menggunkan sebuah produk
setelah mayoritas orang menggunakanya. Biasanya perilaku konsumen seperti ini
menghendaki harga produk yang lebih murah dan mempertimbangkan manfaat serta
fasilitas pendukung lainya. Mereka menggumpulkan banyak informasi dan
mepertimbangkan harga produk, sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan
teransaksi pembelian.
e. Laggards
Laggards adalah tipe konsumen yang paling lambat, yaotu mereka yang
membeli sebuah produk karena tidak ada alternatif lain dan kisaran harganya
sangat murah karena produk tersebut sudah mulai ditinggalkan para konsumen. Di
saat konsumen lainya sedang berburu model terbaru yang meulai keluar dari
pasaran, maka kelompok konsumen laggards lebih tertarik membeli produk lama
untuk mendapatkan harga beli yang paling rendah.
0 komentar:
Posting Komentar