Minggu, 30 September 2018

Definisi Lingkungan Pemasaran


Definisi Lingkungan Pemasaran

Lingkungan pemasaran merupakan komponen kekuatan di luar aspek pemasaran yang dapat mempengaruhi kemampuan manajemen dalam membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan yang terdiri dari lingkungan eksternal (makro) dan lingkungan internal (mikro) (Amstrong,2006:60). 
Secara khusus  dirumuskan bahwa lingkungan pemasaran suatu perusahaan terdiri dari para pelaku (actor) dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya. 
Kita dapat membedakan lingkungan pemasaran suatu perusahaan. Lingkungan mikro terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani bisnis pasar. Lingkungan mikro adalah kekuatan.
yang paling dekat dengan perusahaan yang langsung mempengaruhi pelayanan perusahaan kepada konsumen. Contoh dari lingkungan mikro adalah perusahaan itu sendiri, pemasok barang, jaringan atau agen penjualan, pelanggan, pesaing dan masyarakat. 
Berbeda dengan lingkungan mikro, lingkungan makro terdiri dari kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan yang mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro perusahaan. Lingkungan makro merupakan lingkungan yang besar pengaruhnya terhadap pemasaran perusahaan namun tidak langsung mempengaruhinya. Lingkungan makro adalah lingkungan social yang lebih luas bahkan sampai tingkat nasional atau internasional. Contoh lingkungan makro adalah factor kependudukan (jumlah penduduk), keadaan ekonomi, fisik, teknologi, kondisi alam, kebijakan politik, hukum dan kekuatan social atau kebudayaan.

0 komentar:

Posting Komentar