Definisi Lingkungan Pemasaran
Lingkungan
pemasaran merupakan komponen kekuatan di luar aspek pemasaran yang dapat
mempengaruhi kemampuan manajemen dalam membangun dan memelihara hubungan dengan
pelanggan yang terdiri dari lingkungan eksternal (makro) dan lingkungan
internal (mikro) (Amstrong,2006:60).
Secara
khusus dirumuskan bahwa lingkungan
pemasaran suatu perusahaan terdiri dari para pelaku (actor) dan
kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar fungsi manajemen pemasaran perusahaan
yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan
mempertahankan transaksi yang sukses dengan para pelanggan sasarannya.
Kita dapat
membedakan lingkungan pemasaran suatu perusahaan. Lingkungan mikro terdiri dari
para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang
mempengaruhi kemampuannya untuk melayani bisnis pasar. Lingkungan mikro adalah
kekuatan.
yang paling
dekat dengan perusahaan yang langsung mempengaruhi pelayanan perusahaan kepada
konsumen. Contoh dari lingkungan mikro adalah perusahaan itu sendiri, pemasok
barang, jaringan atau agen penjualan, pelanggan, pesaing dan masyarakat.
Berbeda
dengan lingkungan mikro, lingkungan makro terdiri dari kekuatan-kekuatan yang
bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan yang mempengaruhi semua pelaku
dalam lingkungan mikro perusahaan. Lingkungan makro merupakan lingkungan yang
besar pengaruhnya terhadap pemasaran perusahaan namun tidak langsung
mempengaruhinya. Lingkungan makro adalah lingkungan social yang lebih luas
bahkan sampai tingkat nasional atau internasional. Contoh lingkungan makro
adalah factor kependudukan (jumlah penduduk), keadaan ekonomi, fisik,
teknologi, kondisi alam, kebijakan politik, hukum dan kekuatan social atau
kebudayaan.
0 komentar:
Posting Komentar