Rabu, 26 September 2018

Alasan Pembelian


Alasan Pembelian

             Alasan mengapa orang membeli sangat beraneka ragam coraknya dan hanya sebagian kecil yang bersifat tetap. Dibawah ini beberapa alasan pembelian.
a.       Manfaat
Dalam segala kegiatannya manusia selalu berusaha memperoleh manfaat, keuntungan, dan kebahagiaan. Dari setiap pembelian manfaatlah yang di harapkan. Oleh sebab itu, penjualan harus memberikan penjelasan tentang ciri – ciri khusus akan barang tersebut karena penjelasan secara umum kurang menarik.

b.      Kebanggaan
Kebanggan sering menjadi alasan seseorang dalam membeli suatu barang. Orang akan merasa bangga apabila memiliki sesuatu barang yang haraganya mahal atau jarang orang punya. Karena ada sebagian orang yang berpendapat atau merasa lebih terhormat, bila memiliki barang – barang yang mahal harganya.

c.       Meniru
Kabanyak orang inigin memiliki apa yang telah dimiliki oleh orang lain, atau ingin meniru kepunyaan oranh lain. Misalnya, meniru pakaian tetangganya, meniru tindak tanduk pemimpinnya, dan sebagainya.

d.      Perasaan Khawatir Dan Takut
Semua orang takut akan terjadi kebakaran, kecelakaan, sakit atau mati mendadak. Rasa khawatir dan takut merupakan gejala seseorang untuk membeli bermacam – macam keperluan, misalnya alat pemadam kebakaran, pasta gigi, obat nyamuk, alat – alat kecantikan, dan lain – lain.

e.      Ingin Tahu Lebih Mendalam
Keinginan terdapat pada setiap orang lebih – lebih lagi bila merasa kurang puas. Misalnya, sesorang senang membaca cerita bersambung. Selesai satu jilid, ingin melanjutkan jilid berikutnya.

f.        Bersaing
Ada segolong orang yang ingin selalu bersaing dengan rivalnya, malu rasanya bila dikalahkan oleh sainganya. Baik mengenai pakaian, alat – alat kecantikan, maupun perabotan rumah tangga.

g.       Iri hati
Iri hati, ingin meniru, dan bersaing hampir sama kuatnya. Wanita biasanya tergolong pembeli dengan motif tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar