Organisasi Pemasaran
Menurut Stephen P. Robbins
(1993), organisasi adalah unit sosial yang terdiri dari dua orang atau lebih
yang dikoordinasikan untuk mencapai sejumlah tujuan. Menurut James D. Money
(1977), organisasi merupakan setiap kerja sama manusia untuk mencapai tujuan
bersama.
Sedangkan menurut Dwight Waldo
(1953), organisasi adalah struktur antar hubungan pribadi yang berdasarkan atas
wewenang format dan kebiasaankebiasaan di dalam suatu sistem administrasi.
Untuk mengetahui apa itu
organisasi pemasaran, kita perlu meninjau aspek organisasi pemasaran.
Organisasi pemasaran adalah pola hubungan kerja antara dua orang atau lebih
dalam susunan hierarki dan pertanggungjawaban untuk mencapai tujuan di bidang
pemasaran. Menurut Peter Drucker
mendefinisikan organisasi pemasaran adalah organisasi yang memahami kebutuhan
dan keinginan para pembeli, dan secara
efektif mampu mengkombinasikan
serta mengarahkan keterampilan dan sumber daya ke semua bagian organisasi dalam
rangka memberikan kepuasan maksimal kepada konsumennya.
Suatu organisasi pemasaran
adalah wadah kegiatan dibidang pemasaran dan merupakan alat untuk mencapai
tujuan dan alat untuk melaksanakan strategi pemasaran. Organisasi pemasaran
mempunyai peranan yang penting dalam pencapaian tujuan di bidang pemasaran dan
tidak terlepas dari tujuan perusahaan. Oleh karena itu, perlu adanya organisasi
pemasaran yang baik atau sehat agar tetap dapat menunjang pelaksanaan kegiatan
pencapaian tujuan perusahaan yang sekaligus tujuan bidang pemasaran.
Ada empat alasan utama perlunya
suatu perusahaan menyusun organisasi pemasaran, yaitu:
1)
Untuk membedakan tugas dengan tugas yang lainnya
di bidang pemasaran, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dari individu yang
ada. Kegiatan yang dapat dispesialisasikan di dalam bidang pemasaran adalah
kegiatan promosi dan advertensi, kegiatan operasi penjualan, dan kegiatan
penelitian dan pengembangan pemasaran.
2)
Untuk memberikan kemungkinan dilakukannya
koordinasi atas tugas-tugas atau usaha-usaha dan tenaga-tenaga yang ada
sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat efektif.
3)
Untuk menentukan atau memberikan batasan
tanggung jawab dan wewenang yang dibutuhkan oleh tenaga-tenaga yang ada dalam
melaksanakan tugas-tugasnya. Deskripsi yang lengkap dari suatu jabatan mencakup
pernyataan mengenai tanggung jawab dari seorang manajer yang mempunyai tanggung
jawab untuk itu.
4)
Sebagai sarana atau alat untuk menyokong dan
mencerminkan pelaksanaan strategi pemasaran yang menyeluruh. Sebenarnya
organisasi pemasaran dapat berupa pendorong maupun pembatas bagi penentuan
strategi pemasaran dari suatu perusahaan.
Dalam dunia usaha pada saat ini
terdapat perkembangan keadaan dan penyempurnaan organisasi pemasaran sebagai
akibat diterimanya konsep pemasaran oleh banyak perusahaan. Seperti kita
ketahui, konsep pemasaran menekankan pada kepentingan konsumen untuk mencapai
tujuan yang bersifat jangka panjang. Usaha perusahaan untuk memenuhi kebutuhan
dan keinginan konsumen direfleksikan dengan mengadakan penyempurnaan organisasi
pemasaran. Penyempurnaan ini meliputi usaha:
1)
Tanggung jawab fungsi pemasaran yang mencakup
penjualan, advertensi, dan pelayanan kepada konsumen diberikan pada satu orang
pimpinan pemasaran.
2)
Meningkatkan dan memperluas kegiatan riset
pemasaran, dan
3)
Perubahan fungsi pemasaran, yang semula hanya
mencakup penjualan saja menjadi pemasaran.
Dari uraian ini kita dapat
melihat bahwa dalam setiap perusahaan perlu adanya organisasi pemasaran sebagai
wadah kegiatan dan sarana atau alat untuk pelaksanaan kegiatan di bidang
pemasaran yang tidak terlepas dengan manajemen pemasaran. Perlunya organisasi pemasaran
ini dikaitkan pula dengan adanya fungsi pemasaran dalam suatu perusahaan
sebagai salah satu fungsi yang penting di samping fungsi lainnya, seperti
produksi dan keuangan.
saya ingin berbagi kesaksian tentang bagaimana tawaran pinjaman mr pedro membantu hidup saya, bukan ide yang baik untuk menggunakan pinjaman gajian secara teratur. Jika Anda terus-menerus memperpanjang tanggal pembayaran Anda dan sering meminjam ke gaji Anda berikutnya, itu bisa memberi Anda banyak uang. namun, sama masuk akalnya untuk memutuskan pinjaman hari gajian karena mereka dapat dengan cepat disetujui pada hari yang sama ketika Anda memasukkan formulir aplikasi pinjaman Anda. Anda dapat menghubungi penawaran pinjaman mr pedro karena pinjaman gaji saya sangat cepat untuk diproses, email pedroloanss@gmail.com untuk meminta segala jenis pinjaman. whatsapp +18632310632
BalasHapus