Senin, 03 September 2018

Bidang Akuntansi


Bidang Akuntansi

Posisi bidang keuangan  erat kaitanya dengan bidng akuntansi. Bidang akuntansi berdasrkan dapat di bagi menjadi bidang spesialisasi sebagai berikut.
1.      Akuntansi Keuangan ( Finansial Accounting ) adalah bidang akauntansi yang tujuannya mengolah data keuangan menjadi laporan keuangan intern maupun ekstern. Kegiatan akuntansi meliputi proses pencatatan, peringkasan, pengiktisaran, dan pelaporan terdapat dalam akuntansi keuangan.

2.      Akuntansi Biaya ( Cost Accounting ) adalah bidang akuntansi yang menyiapkan data tansaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya – biaya dalam proses produksi untuk penerapan harga pokok barang yang di produksi. Akuntansi biaya biasanya di terapkan pada perusahaan manufaktur ( pabrik ) dalam menghitung biaya produksi yang terdiri atas biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya tenaga overhead pabrik.


3.      Akuntansi Perpajakan ( Tax Accounting ) adalah bidang akuntansi yang tujuan laporan keuangannya untuk dasar penentuan pajak yang menjadi beban perusahaan serta perhitungan untuk kepentingan penyusunan laporan pajak. Dalam sebuah perusahaan terdapat berbagai macam kegiatan yang di kenakan pajak, seperti pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan pajak penjualan atas barang mewah.

4.      Akuntansi Anggaran ( Budgetary Accounting ) adalah bidang akuntansi yang tujuannya untuk periode tertentu di masa yang akan datang dan membandingkan hasil operasi dengan rencana yang telah di tetapkan. Berbeda dengan akuntansi pada umumnya yang mencatat kegiatan transaksi yang telah lampau, akuntansi anggaran bertugas membuat proyeksi keadaan keuangan di masa mendatang berdasarkan data – data yang telah lamapau dan target yang di capai di tahun yang akan datang.


5.      Akuntansi Pemeriksaan ( Auditing ) adalah akuntansi yang tujuannya memeriksa secara bebas data – data akuntnsi dengan maksud meneliti kecermatan, kebenaran, catatan bukti taransaksi perusahaan dan menilai kebenaran laporan keungan pada periode tertentu. Kegiatan yang terdapat dalam auditing terbalik dengan akuntansi dimana proses pemeriksaan diawli dari bagian laporan keuangan, kertas kerja, buku besar, jurnal dan di akhiri pemeriksaan pada bukti transaksi.

6.      Akuntansi Pemerintah ( Goverment Accounting ) adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam dalam pencatatan dan pelaporan data keuangan yang terjadi pada badan – badan pemerintahan. Akuntansi pemerintah biasa di sebut juga akuntansi nirlaba, karena di gunakan pada organisasi – organisasi yang tidak mencari keuntungan. Kegiatan utamanya adalah bagaimana membuat laporan dari dana yang sudah masuk ke lembaga.


7.      Akuntansi Manajemen ( Manajemen Accounting ) adalah bidang akauntansi yang bertujuan menyediakan informasi untuk pihak manajemen untuk membuat neraca guana mendukung opersi sehari – hari dan membuar kebijakan untuk masa yang akan datang. Kegiatan akuntansi manajemen meliputi analisis tentang tindakan yang akan dilakukan perusahaan dalam rangka pengambilan keputusan, seperti keputusan tentang investasi, penggunaan mesin pabrik, efisiensi, dan lain sebagainya.

8.      Sistem Akuntansi ( Accounting System ) adalah bidang akuntansi yang bertujuan menetapkan prosedur dan pengendalian data keuangan sehingga proses pencatatan akuntansi dapat berjalan dengan cepat, efektif, dan efisien. Sistem akuntansi bertugas membuat tata kerja yang berlaku di perusahaan sehingga memudahkan semua pihak dalam melaksanakan tugas dan wewenag masing – masing pihak.

0 komentar:

Posting Komentar