Selasa, 26 September 2017

Jenis-Jenis Gudang

Ruang lingkup kegiatan bisnis sangat luas, akan tetapi pada dasarnya kegiatan bisnis dapat dibagi menjadi 3 aspek, yaitu :

a. Aspek Produksi
Produksi diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam arti luas tersebut, produksi dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
        
1.      Produksi  primer
Yang termasuk dalam produksi primer adalah kegiatan ekstraksi atau penarikan sumber daya alam atau kegiatan yang menggunakan sumber daya yang tersedia dalam kondisi alamiah. Contohnya :
a)      Pada pertambangan, orang menggali bijih ; mineral dari dalam tanah.
b)      Pada pertanian, orang menanam memanen hasil tanaman.
c)      Pada perikanan, orang menangkap ikan dari laut.

2.      Produksi  sekunder
Yang termasuk dalam produksi sekunder adalah sumber daya alam atau bahan mentah diproses diolah menjadi barang. Contohnya :
a)      Bijih besi dikonversi atau diubah menjadi pipa atau lembatran (sheet) besi baja.
b)      Kayu dikonversi menjadi peralatan rumah tangga.
c)      Kulit mentah diolah menjadi sepatu, tas, jaket, dan sebagainya.
d)      Bahan baku seperti katun, sutera, wol, atau serat sintetis dapat menghasilkan produk tekstil yang selanjutnya dapat diproses lebih lanjut menjadi garmen, handuk, korden, dan sebagainya.

3.      Produksi  tersier
Yang dihasilkan dari produksi tersier adalah berupa pemberian fasilitas layanan (jasa) pendukung, bukannya barang-barang berwujud. Contohnya :
a)      Perusahaan transportasi yang mengangkut barang dari pabrik ke tempattempat pengecer.
b)      Pedagang besar (distributor)  pengecer menawarkan jasa distribusi kepada para konsumen.
c)      Jasa perbankan.
d)      Jasa penerangan listrik.
e)      Jasa pos  telekomunikasi
f)       Jasa profesional, seperti insinyur, akuntan, pengacara, dokter, konsultan, dan lain-lain.
g)      Jasa transportasi umum, dan sebagainya.
        
b. Aspek Distribusi
Distribusi adalah kegiatan pemindahan barang jasa dari produsen kepada konsumen. Pada umumnya distribusi meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1)      Pemindahan bahan baku dari pemasok (supplier) kepada awal mula lini produksi.
2)      Melibatkan penyimpanan penanganan bahan baku barang jadi.
3)      Pengemasan.
4)      Pengendalian persediaan.
5)      Transportasi kepada konsumen.
Sistem distribusi yang efisien berarti mampu menekan serendah-rendahnya modal yang tertanam pada bahan mentah atau barang jadi yang belum terjual. Kebanyakan produsen yang lebih menyukai pendistribusian secara langsung kepada konsumennya.
Tetapi pada dasarnya, pendistribusian yang berlangsung sangat tergantung pada jaringan pedagang besar (distributor) pengecer (retailer) hingga sampai di tangan konsumen.
c. Aspek Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan penggunaan barang jasa yang dibutuhkan oleh kosumen. Kebutuhan atau pola konsumsi sesesorang dapat dipengaruhi oleh faktor yang beragam.Dalam mendukung kegiatan-kegiatan bisnis tersebut maka dibutuhkan gudang sebagai tempat penyimpanan barang

Jika dilihat dari ketiga aspek kegiatan bisnis tersebut maka dalam proses tersebut pasti terdapat pemanfaatan gudang didalamnya. Menurut Holy dan Martinus (2005) terdapat beberapa tipe gudang, yaitu:
1. Manufacturing Plant Warehouse
 Manufacturing plant warehouse adalah gudang yang ada di pabrik. Transaksi di dalam gudang ini meliputi penerimaan dan penyimpanan material, pengambilan material, penyimpanan barang jadi ke gudang, transaksi internal gudang, dan pengiriman barang jadi ke central warehouse, distribution warehouse, atau langsung ke konsumen.
2. Central Warehouse
Central warehouse adalah gudang pokok. Transaksi di dalam central warehouse meliputi penerimaan barang jadi (dari manufacturing warehouse, langsung dari pabrik, atau dari upplier), penyimpanan barang jadi ke gudang, dan pengiriman barang jadi ke distribution warehouse.
3. Distribution Warehouse
Distribution warehouse adalah gudang distribusi. Transaksi dalam gudang ini meliputi penerimaan barang jadi (dari central warehouse, pabrik, atau supplier), penyimpanan barang yang diterima gudang, pengambilan dan persiapan barang yang akan dikirim, dan pengiriman barang ke konsumen. Terkadang distribution warehouse juga berfungsi sebagai central warehouse.
4. Retailer Warehouse
Retailer warehouse adalah gudang pengecer, jadi dengan kata lain, gudang ini adalah gudang yang dimiliki toko yang menjual barang langsung ke konsumen.

Gudang yang sering kita temui memiliki jenis-jenis yang berbeda. Kita dapat membedakan macam-macam gudang menerut karakteristik material yang disimpan, yaitu:
        1.     Penyimpanan bahan baku
Gudang akan menyimpan setiap material yang dibutuhkan atau digunakan untuk proses produksi. Lokasi gudang umumnya berada di dalam bangunan pabrik, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya gudang karena tidak memerlukan bangunan khusus untuk dijadikan gudang.

        2.     Penyimpanan barang setengah jadi
Dalam industry manufaktur, kita sering menemui bahwa benda kerja harus melalui beberapa macam operasi dalam pengerjaanya. Prosedur demikian sering pula harus terhenti karna dari suatu operasi berikutnya waktu pengerjaan tidak lah sama. Akibatnya, barang atau material harus menunggu sampai atau operator berikutnya siap mengerjakanya.

        3.     Penyimpanan produksi jadi
Gudang ini disebut pula gudang dengan fungsi menyimpan produk-produk yang telah jadi atau telah selesai dikerjakan. Didalam penggudangan ini ada produk yang tahan lama dan sebaliknya. Dan bentuik gudang ini tergantung pada variasi yang berbeda-beda, seperti: lingkaran,persegi dan lain-lain     Selain  ketiga  macam  gudang  di  atas,  ada  pula  beberapa  macam  gudang lainnya yang perlu diketahui:
a.      Penyimpanan bagi pemasok
Gudang penyimpanan barang nonproduktif dan akan digunakan untuk pengerjaan pengepakan, perawatan, dan penyimpanan barang kebutuhan kantor.
b.      Penyimpanan komponen jadi
Gudang untuk menyimpan komponen yang siap dirakit. Gudang demikian biasa diletakkan berdekatan dengan area perakitan atau bisa pula ditempatkan secara terpisah di dalam penyimpanan barang setengah jadi.
c.      Salvage
Dalam sebagian proses produksi, ada kemungkinan beberapa benda kerja akan salah dikerjakan. Akibatnya, barang memerlukan pengerjaan kembali untuk perbaikan, sehingga kualitas produksi diperbaiki. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan suatu area guna menyimpan benda kerja yang salah sebelum diproses kembali. Benda kerja yang tidak bisa diperbaiki akan menjadi scrap atau buangan yang diletakkan di lokasi tersendiri.
d.      Buangan dan limbah
Gudang digunakan untuk menyimpan material atau komponen yang salah dikerjakan dan sudah tidak bisa diperbaiki.

Ketika perusahaan memutuskan untuk menyimpan produk di tanah lapang, maka perusahaan tersebut harus secara khusus memilih suatu celah ruangan, yang disebut pergudangan umum (public warehousing) atau ruang sendiri maupun ruang sewa yang disebut pergudangan pribadi (private warehousing).
Perusahaan harus menguji pentingnya pelayanan pelanggan dan pertimbangan financial. Untuk itu perlu mengenal jenis-jenis pergudangan umum yang ada. Terdapat 6 jenis gudang yang biasa digunakan,yaitu:
1.      Gudang barang dagangan umum untuk barang hasil pabrik (general mechandise warehouses for manufactured goods)  
Tipe gudang ini kemungkinan merupakan bentuk yang paling lazim. Tipe ini dirancang untuk digunakan oleh pengusaha pabrik, distributor dan para pelanggan untuk penyimpanan praktis berbagai jenis produk
2.      Gudang untuk penyimpanan yang bersifat dingin (refrigerator or cold storage warehouse)
Gudang ini menyediakan lingkungan penyimpanan yang dapat dikendalikan temperaturnya. Umumnya, digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak tahan lama seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, barang-barang farmasi, kertas fotografik dan film, dan barang-barang lainnya yang membutuhkan tipe fasilitas ini.
3.      Gudang dengan bea/pajak (bonde warehouses)
Barang-barang seperti tembakau dan minuman berakohol impor disimpan di gudang ini. Meskipun pemerintah memegang kendari barang-barang tersebut sampai disalurkan ke pasaran saat itu juga importir harus membayar kewajiban cukai kepada pemerintah keuntungan dari gudang ini adalah tidak perlu membayar bea impor dan pajak pembelian barang dagangan terjual
4.      Gudang barang-barang rumah tangga (house goods warehouse)
Gudang ini digunakan untuk penyimpanan properti pribadi. Properti ini secara khusus disimpan dalam jangka panjang yang bersifat sementara. dalam kategori pergudangan ini terdapat beberapa jenis alternatif penyimpanan: a) Konsep penyimpanan terbuka (open storage concept)
Barang-barang tersebut disimpan di sebuah tempat terbuka atau sebuah dasar meter kubik per bulan di lantai terbuka dari gudang
b)      Ruang pribadi atau kubah penyimpanan (private room or voult storage) Pemakai akan disediakan sebuah ruang pribadi atau kubah sehingga dapat mengunci dan keamanan barang-barang dapat terjaga
c)      Penyimpananan dalam wadah (container storage)
Menyediakan tempat untuk membungkus barang-barang. Penyimpanan dalam wadah memberikan perlindungan produk yang lebih baik dibandingkan penyimpanan terbuka.
5.      Pergudangan komoditas khusus (special commodity warehouse)
Pergudangan komoditas khusus digunakan untuk produk pertanian khusus seperti biji padi, wol dan katun, biasanya masing-masing gudang ini menyimpan satu jenis produk dan menawarkan pelayanan spesial terhadap produk tersebut.
6.      Pergudangan penyimpanan barang penting (Bulk storage warehouse)
Pergudangan bulk storage memberikan tangki penyimpanan cairan dan penyimpanan terbuka atau tersembunyi untuk produk kering seperti batu bara, pasir dan barang-barang kimia. Selain itu juga menyediakan drum pengisi atau campuran berbagai tipe bahan kimia dengan bahan  kimia lainnya untuk menghasilkan campuran baru
Selain itu gudang dapat dibedakan menjadi bermacam-macam dan didasarkan atas berbagai hal, berikut adalah macam-macam gudang didasarkan atas berbagai aspek:

1.      Berdasarkan bentuk dan karakteristik bangunannya (Lucas dan Rumsari 2004: 84)

a)      Gudang tertutup 
b)      Gudang terbuka, dibedakan menjadi 2 yaitu: 

1)      Gudang terbuka yang tidak diolah adalah gudang yang berupa lapangan terbuka yang permukaannya diratakan tanpa diperkeras biasanya digunakan untuk menyimpan logistik yangg tidak terpengaruh perubahan cuaca/untuk penyimpanan yang sifatnya sementara.
2)      Gudang terbuka diolah adalah lapangan terbuka sudah diratakan dan diperkeras. Digunakan untuk menyimpan logistik yang tidak cepat terpengaruh perubahan cuaca. 
c)      Gudang semi tertutup (lumbung) adalah bangunan beratap tanpa dinding– dinding ujung yang lengkap dan digunakan untuk logistik yang memerlukan pertukaran udara maksimum, tidak memerlukan perlindungan lengkap terhadap udara.

2.      Berdasarkan fungsinya

a)      Gudang operasional 
b)      Gudang perlengkapan 
c)      Gudang pemberangkatan, dan 
d)      Gudang musiman 

3.      Berdasarkan barang-barang yang disimpan di dalamnya

a)      Gudang alat tulis 
b)      Gudang alat medis 
c)      Gudang BBM
d)      Gudang tenun 
e)      Gudang alat rumah tangga 
f)       Gudang teknik 
g)      Gudang barang rongsokan 

4.      Berdasarkan tujuannya (Ibnu syamsi 1997:28)

a)      Gudang pusat (stafel magazijne)
b)      Gudang persediaan (gebruiks-gudang)
c)      Gudang pemakaian (verbruiks-gudang)
d)      Gudang penyaluran 

5.      Berdasarkan artiannya (Sukadarto 2001:18)

a)      Gudang dalam arti statis (gudang persediaan) :Tempat atau bangunan tertutup didalamnya terdapat barang – barang serta tidak seorang pun yang boleh masuk kecuali pegawai yg diserahi tugas. Untuk pengawasan terhadap barang– barang dalam gudang ditunjuk Bendaharawan Materiil.
b)      Gudang dalam arti dinamis (gudang penyaluran) : Tempat atau bangunan untuk menyimpan dan mendistribusikan barang – barang baik dari hasil pembelian maupun hasil pembuatan sendiri. Jadi, gudang dapat diartikan sebagai tempat menampung, menyimpan dan mendistribusikan barang – barang serta ada unsur manusia (orang) untuk mengatur (mengelola) barang barang yang ada di dalamnya.

6.      Berdasarkan jenis barangnya

a)      Gudang transit
b)      Gudang serbaguna 
c)      Gudang kedap udara 
d)      Gudang pendinginan 
e)      Tangki kering 
f)       Gudang penyimpanan tahan api 
g)      Dangau orang eskimo (iglo)

Macam Macam Gudang Berdasarkan Kepemilikannya
Gudang dan pergudangan sudah berkembang sejak jaman dahulu bahkan sebelum industri berkembang pesat seperti sekarang ini. Pada awalnya gudang digunakan untuk keperluan keluarga untuk menyimpan kebutuhan sehari-hari terutama bahan makanan. Pada zaman agraris dimana kebanyakan masyarakat bekerja sebagai petani, gudang sudah dikenal untuk menyimpan hasil panen. Hasil panen yang disimpan di gudang atau lumbung padi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi masa setelah panen sampai pada panen berikutnya. 
Pada masa ini gudang hanya digunakan untuk keperluan pribadi oleh keluarga untuk menyimpan hasil tanaman berupa padi, kedelai, jagung dan hasil-hasil tanaman lainnya. Pada masa kerajaan pergudangan telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Gudang banyak digunakan untuk menyimpan berbagai barang seperti bahan makanan, perhiasan, buku-buku, senjata pustaka dan barang-barang berharga kerajaan lainnya. 
Fungsi gudang mengalami peningkatan untuk mengatur kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat yang diatur oleh kerajaan. Pada masa panen biasanya masyarakat menyerahkan upeti berupa hasil panennya ke kerajaan, lalu pamong praja mengatur pendistribusian hasil panen masyarakat untuk keperluan masa-masa setelah panen. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, gudang dan pergudangan juga mengalami perkembangan. Gudang tidak hanya digunakan oleh keluarga saja. Berkembangnya perdagangan memberikan peran yang luas terhadap gudang dan pergudangan. Tanaman hasil panen dari petani dijual kepada pedagang, lalu pedagang ini menyimpannya di gudang untuk kemudian didistribusikan kepada konsumen yang membutuhkan. Berkaitan dengan permasalahan penyimpanan bahan makanan utamanya makanan pokok, pemerintah membentuk Badan Urusan Logist
Gudang dapat diklasifikasikan berdasarkan kepemilikannya yaitu
1. Gudang Pribadi
Gudang pribadi (private warehouse) adalah fasilitas penyimpanan yang memiliki atau disewa oleh perusahaan untuk digunakan oleh mereka sendiri. sebagian besar pabrik, pedagang grosir, dan peritel memiliki beberapa fasilitas penyimpanan di dalam bangunan mereka sendiri atau di lokasi terpisah. Manager penjualan acap kali bertanggung jawab untuk mengelola gudang barang jadi sebuah pabrik. Perusahaan menggunakan gudang pribadi ketika ada barang dengan  volume besar yang harus disimpan secara teratur. Namun gudang pribadi dapat berbiaya mahal jika kebutuhan berubah ruang ekstra tersebut mungkin sulit atau tidak mungkin untuk disewakan ke orang lain. Jenis gudang ini dimiliki dan dioperasikan oleh pemasok dan reseller untuk digunakan dalam kegiatan distribusi mereka sendiri. Sebagai contoh, jaringan ritel besar menyediakan gudang untuk toko mereka atau grosir mengoperasikan sebuah gudang di mana ia menerima dan mendistribusikan produk. Contoh:
        
a) Gudang toko pribadi.
b) Gudang pabrik milik pribadi

2. Gudang Umum/Publik
Gudang publik (public warehouse) merupakan fasilitas penyimpanan independen. Gudang  publik mampu menyediakan semua layanan yang bisa disediakan oleh gudang milik perusahaan. Pada dasarnya adalah ruang yang dapat disewakan untuk mengatasi kebutuhan distribusi dalam jangka pendek. Pengecer yang memiliki gudang sendiri mereka sendiri terkadang mencari ruang penyimpanan tambahan jika kapasitas gudang mereka tidak mencukupi atau jika mereka melakukan pembelian produk dalam jumlah besar dengan alasan tertentu. Sebagai contoh, pengecer bisa memesan tambahan barang untuk memaksimalkan penjualan di toko atau ketika ada harga promosi dari pemasok jika membeli dalam jumlah besar.
a) Gudang pabrik
b) Gudang supermarket.

3. Gudang Pemerintah
Gudang Pemerintah merupakan fasilitas penyimpanan yang dimiliki oleh pemerintah 
a) Bulog
b) Entreport


Sumber : Direktorat Pembinaan SMK

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Holy Icun Yunarto dan Martinus Getty Santika, 2005. Business Concept Implementation Series in Inventory Management. Jakarta: Elex Media

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus