Ruang Lingkup Rencana Penjualan
1. Sasaran Penjualan
Seperti
sasaran yang lainnya, sasaran penjualan harus dapat di ukur dengan cara
tertentu. Oleh karena itu, anda dapat menetapkan harinya, misalnya sasaran
penjualan untuk meningkatkan penjualan sebesar 10 %, cara melakukannya sebagai
berikut.
a.
Memakai keseluruhan sasaran perusahaan yang
ingin anda capai periode berikutnya.
b.
Menentukan berapa anda harus mengeluarkan biaya
untuk itu, misalnya :
·
Biaya total tenaga kerja.
·
Biaya tetap sewa, tarif, bunga, mesin, dan
sebagainya.
c.
Menaksir biaya variable, dari taksiran ini, anda
akan mengetahui barapa banyak uang yang anda perlukan untuk membeiayai operasi
sasaran penjualan tersebut.
2. Strategi Penjualan
Sesudah
menetapkan sasaran penjualan, anda harus memutuskan beberapa strategi untuk
mecapai tujuan sasaran penjualan, yaitu :
a.
Bagaiman sasaran itu akan dicapai.
b.
Dari mana
c.
Pelanggan yang mana
d.
Wiraniaga yang mana, dan lain – lain.
Dari strategi
inilah berbagai tugas tersebut akan dialokasikan kepada orang yang berbeda, yang
harus mencapai sasaran tersebut.
3. Anggaran Penjualan
Seperti telah
anda kethaui, tentang sesuatu hal dari lokasi sasaran penjualan adalah biaya
dalam usaha sasaran yang bersangkutan. Setiap sasaran penjualan harus mempunyai
indikasi mengenai biaya. Anggaran penjualan mengestimasikan biaya untuk
mencapai sasaran. Anggaran tersebut meliputi sebagai berikut.
a.
Biaya penjualan langsung, yaitu gaji.
b.
Biaya penjualan tidak langsung. Biaya yang
diestimasikan. Misalnya, bensin dan
pemeiliharaan mobil.
c.
Biaya penjualan rabat.
d.
Biaya distribusi dan pengemasan
e.
Biaya promosi – periklanan, pos, dan sebagainya.
4. Mendapatkan Penjualan
Tahap akhir
keseluruhan proses bertujuan mendapatkan penjualan yang maksimal. Manajer
penjualan akan menentukan kerangka luas tentang dari mana penjualan diharapkan
berasal, misalnya dari wiraniaga perorangan wilayah tersebut. Kemudian harus
masuk kedalam rencan, seperti kepada siapa mereka harus menjualnya, misalnya
perusahaan individual.
Bila
perusahaan sudah berjalan untuk sementara waktu, perusahaan tersebut akan
mempunyai rekaman sendiri, faktur pesanan, pesanan pelanggan, kartu rekaman
penjualan, dan sebagainya. Sebagai sumber bila produk akan diperkenalkan. Atau
penjualan diperluas hingga samapai pada pangsa pasar yang baru. Sumber informasi
tambahan akan perlu jangkauan yang luas terhadap apa yang anda jual. Anda
mungkin berhasil bila anda menjual produk konsumen yang di gunakan secara
teratur oleh perusahaan atau individu. Anda mungkin memutuskan untuk memuali
gerakan penjualan anda dengan kampanya periklanan di dalam media yang tepat,
untuk menarik perhatian kepada produk anda.
0 komentar:
Posting Komentar