Senin, 03 September 2018

Fungsi Keuangan


Fungsi Keuangan

          Fungsi keuangan bertujuan untuk mengatur pencarian sumber – sumber dana yan di butuhkan bagi perusahaan dari kemudian mengatur penggunaan dari dana yan elah di peroleh, yaitu sumber dana yang dibutuhkan dapar di peroleh dari berbagai sumber, baik sumber dan aintern yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri atau sumber dana ekstern yang berasal dari luar perusahaan.
          Sumber dana intern adalah dana yang telah di hasilkan oleh bagian pemasaran sebagai akibat dari transaksi penjualan yang telah di lakuakan dalam proses pemasaran. Sedangkan sumber dana ekstern adalah berasal dari luar perusahaan seperti dari masyarakat umum yang dalam hal ini berupa pembelian saham oleh masyarakat kepada saham – saham yang dikeluarkan oleh perusahaan atau di emisi oleh perusahaan tersebut. Sumber dana ekstern lain adalah kredit dari bank atau utang dari perusahaan lain baik utang dagang yang bersifat jangka pendek ataupun utang obligasi serta hipotek yang berjangka panjang. Dalam kredit jangka panjang perusahaan mengeluarkan surat pernyataan utang kepada pihak lain baik dari bank maupun orang  atau perusahaan lain atas jumlah uang tertentu untuk jangka waktu tertentu serta dengan tingkat bunga tertentu pula.
Sumber dana yang berasal dari kredit memerlukan beban finansial tertentu yang berupa beban yang besar tetap pada pada tiap bulan atau tahun, yaitu beban bunga terhadap kredit itu. Dengan di tentukan besaran bunga terhadap kreditnya maka perusahaan memiliki beban tetap sebbesar presentase bunga kredit tersebut yang dikalikan dengan nominal keditnya. Lainhalnya dengan sumber dana yang berasal dari penjualan saham. Modal saham yang dimiliki oleh perusahaan sebagai hasil emisinya itu akan membawa konsekuensi finansial berupa beban pembayaran deviden kepada para pemegang sahamnya.
Penggunaan sumber dana adalah merupakan persoalan sisi depet pada neraca. Sedangkan pencarian sumber dana merupakan persoalan mengenai sisi kredit dari neraca. Sisi debet neraca adalah berupa aktiva sedangkan sisi kredit adalah merupakan pasiva. Jadi dengan kata lain dapat menyebutkan bahwa aktiva adalah merupakan penggunaan dana sedangkan pasiva adalah sumber dana kita.
Kebutuhan finansial sebenarnya dapat di bedakan mejadi dua ebagai berikut.
a.      Kebuthan opersional
Kebubutuhan opersional merupakan kebutuhan terhadap barang – barang modal yang i pergunakan untuk menjalankan kegiatan opersional sehari – hari. Jadi secara ringkas kebutuhan operasional perusahaan terdiri atas sebagai berikut.
1.      Kebutuhan modal kerja
2.      Kebutuhan modal tetap
3.      Kebutuhan nama baik


b.      Kebutuhan sumber dana
Dalam hal ini kita dapat mengambil atau menarik dana dari sumber dana yang berupa utang ( modal asing ) ataupun modal sendiri. Baik modal asing dan modal sendiri tersebut adalah merupakan sumber dana yang akan dipergunakan dalam membelanjai kebutuhan modal kerja tersebut.
Di tinjau dari segi alasannya, sumber dana dapat di bagai menajadi dua macam sebagai berikut.
1.      Sumber dana ekstern
2.      Sumber dana intern
Di tinjau dari segi pemiliknya, sumber dana di kelompokkan menjadi dua macam sebagai berikut.
1.      Modal asing
2.      Modal sendiri

0 komentar:

Posting Komentar