Perilaku Pembeli
Orang
mengenal tiga cara pendekatan pokok terhadap pengembangan teori tentang
perilaku pembeli, yaitu cara pendekatan eksperimental, klinikal, dan gestalt.
1.
Eksperimental
Psikologi eksperimental telah memutuskan perhatian pada eksistensi
fsiologikal atau kebutuhan – kebutuhan tubuh sebagai kekuatan – kekuatan
motivasional eksperimen – eksperimen dilakukan terhadap manusia dan hewan.
2.
Klinikal
Pada psikologi klinikal, rangsangan – rangsangan dimulai dari analisis
dasar karena sewaktu – waktu mereka dimodifikasi oleh kekuatan – kekuatan
sosial.
3.
Gestalt
Psikologi gestalt yang sering pula dinamakan psikologi sosial, menganggap
individu dan lingkungannya sebagai suatu keseluruhan yang tidak dapat di bagi.
Dari perilaku individual ditujukan ke arah barbagai macam tujuan. Masing –
masing “ approach “ membantu pemahaman kita tentang perilaku mansuia, tetapi
hingga kini belum ada teori psikologikal tunggal tentang motivasi konsumen yang
cukup memuaskan dalam hal menerangkan perilaku pembeli.
0 komentar:
Posting Komentar