Senin, 26 November 2018

Pertimbangan Bentuk Organisai


       Ketika tugas telah diidentifikasikan, kelompok ritel dispesifikasikan dalam bentuk bidang kerja untuk ditugaskan ke karyawan dan di tentukan pula hubungan timbal baliknya.
       Setelah mengidentifikasikan tugas bagi karyawan, ritel mengelompokkan pekerja untuk di tugaskan dengan mempertimbangkan hal – hal berikut ini.
1.       Spesialisasi, yaitu memfokuskan karyawan pada suatu satuan aktivitas yang terbatas sehingga memungkinkan karyawan untuk mengembangkan kehalian dan meningkatkan produktivitas.
2.       Menyelaraskan srtuktur organisasi dengan stratgi ritel, rancangan setruktur organisasi perlu di sesuaikan dengan strategi perusahaan ritel.
Struktur organisasi ritel menurut jenis dan ukuran perusahaan, misalnya ritel dengan sebuah toko  mempunyai struktur oraganisasi yang berbeda dengan ritel umumnya. Struktur organisasi ritel yang di bedakan menurut jenis ritel dan ukuran perusahaan antara lain.

1.       Organisasi ritel tunggak ( organisasi ritel dengan satu toko )
Pemilik merupakan manajer organisasi secara keseluruhan. Ketika penjualan tumbuh, pemilik memperkerjakan karyawan dengan spesialisasi yang terbatas. Ketika penjualan meningkat, spesialisasi dalam menajemen bisa terjadi ketika pemilik memperkerjakan beberapa karyawan tambahan.

2.       Organisasi regional departement store
Berbeda dengan menjemen toko, maka menejemen rantai ritel pada jenis ritel ini bersifat lebih kompleks. Para manajer harus mengawasi unit – unit yang secara geografis saling berjauhan den mengorganisasikan banyak divisi, antara lain:
·         Divisi barang dagangan ( merchandise )
Divisi ini bertanggung jawab atas penyediaan atau perolehan barang dagangan untuk dijual di toko dan memastikan bahwa kualitas, gaya, pilihan, dan penetapan harga barang daganganya konsisten dengan strategi perusahaan.
·         Divisi pembelian ( buyer )
Divisi ini bertanggungjawab untuk perolehan barang dagangan ( kebutuhan departement store ), ketentuan harga dan pelabelan, serta membuat data inventaris yang spesifik untuk kategori – kategori barang dagangan.
·         Manajer kategori
Para manajer kategori bertanggung jawab atas rangkaian produk yang menurut pelanggan di pandang sebagai barang pengganti. Contohnya ketika seorang menajer kategori bertanggungjawab atas semua produk, misalnya menyediakan produk yang segar, beku, dalam bentuk kemasan ( packaged ) atau dalam bentuk kalengan ( canned ).
·         Perencanaan barang dagangan
Perencanaan barang dagangan ini bertanggungjawab untuk menjatah barang dagangan dan memerinci penyortiran barang dagangan tersebut dalam beberapa kategori untuk toko tertentu.
·         Divisi toko
Divisi ini bertanggungjawab terhadap pembagian pekerjaan yang dialkukan di toko.

       Sebagaian besar perusahaan eceran memiliki dua eksekutif senior yang biasa di sebut CEO dan COO, yang bekerja bersama – sama untuk mengatur perusahaan. Sebagian besar manajer dan para karyawan di tempatkan berdasarkan daerah geografis di sekitar lokasi toko, dan menajer barang dagangan, pemasaran, keuangan, manajer SDM, dan para karyawan bekerja pada kantor pusat.

3.       Organisasi perusahaan dari rantai regional dan rantai regional departement store
Keputusan yang di buat pada kantor pusat meliputi aktivitas yang mengarah pada strategi dan peningkatan produktivitas dengan mengoordinasikan aktivitas rantai – rantai regional. Sebagai contoh, memiliki manjemen sistem informasi perusahaan ( korporat ) akan lebih efisien dan efektif dibanding memiliki sistem dan program yang terpisah si setiap rantai regional.

4 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus