Mengenal jenis-jenis franchise
yang terdapat di dunia tentulah kita harus melihat penggolongan franchise
menurut East Asian Executive Report. East AsianExecutive Report telah
menggolongkan franchise dalam 3 golongan yakni sebagai berikut:
a.
Product franchise
Franchise
jenis ini, seorang atau badan usaha penerima franchise hanya bertindak mendistribusikan produk dari
rekannya dengan pembatasan areal, seperti : pengecer bahan bakar Shell yang
telah dibagi jaringan atau divisi wilayah pendistribusiannya.
b.
Processing franchisee or manufacturing franchise
Franchise
jenis ini, seorang atau badan usaha pemberi franchise (franchisor) hanya
memegang peranan memberi know-how, dari suatu proses produksi, seperti :
Minuman ringan Coca Cola.
c.
Business formal / system franchise
Franchise jenis ini, seorang atau
badan usaha pemberi franchise (franchisor) sudah memiliki cara yang unik dalam
menyajikan produk dalam satu paket kepada konsumen, seperti : Dunkin Donuts dan
Kentucky Fried Chicken.
Dari penggolongan yang telah
dikemukakan oleh East Asian Executive Report
tentang penggolongan franchise, ternyata terdapat adanya kesamaan dengan
penggolongan yang dikemukakan oleh Bryce Webster. Bryce Webster mengemukakan 3
(tiga) bentuk franchise, yaitu sebagai berikut:
a.
Product franchising
Product franchising adalah suatu
franchise yang franchisornya memberikan
lisensi kepada franchise untuk menjual
barang hasil produksinya, sedangkan franchise hanya berfungsi sebagai distributor dari produk
franchisor. Sering kali terjadi franchise diberi hak eksklusif untuk memasarkan
produk tersebut di suatu wilayah tertentu.
b.
Manufacturing franchises
Manufacturing franchises adalah
suatu franchise di mana franchisor
memberikan resep atau rahasia dari suatu proses produksi. Franchise memasarkan
barang-barang itu dengan standar produksi dan merek yang sama dengan yang
dimiliki oleh franchisor. Bentuk franchise semacam ini banyak digunakan dalam
produksi dan distribusi minuman soft drink.
c.
Business format franchising
Business format franchising adalah suatu franchise yang franchisenya mengoperasikan suatu
kegiatan bisnis dengan memakai nama franchisor. Franchise tetap diakui sebagai anggota kelompok yang
berusaha dalam bisnis ini dan sebagai imbalan dari penggunaan nama franchisor,
maka franchise harus mengikuti
metode-metode standar pengoperasian dan berada di bawah pengawasan
franchisor dalam hal bahan-bahan yang
digunakan, pilihan tempat usaha, desain tempat usaha, jam penjualan,
persyaratan karyawan.
Selain ketiga bentuk atau
golongan franchise yang juga berkembang
di Indonesia, pada masa sekarang ini juga telah mulai berkembang suatu
franchise jenis baru yang dikenal dengan group trading franchise, yang menunjuk
pada pemberian hak toko grosir maupun pengecer, seperti yang telah dilakukan
oleh toko Seven Eleven, Indomaret maupun Alfamart. Bahkan toko Indomart dapat
dikatakan telah merajai perkembangan franchise
jenis ini.
0 komentar:
Posting Komentar