Tidak ada dua manusia yang persis
sama dalam sifat atau kepribadiannya,
masingmasing memiliki karakteristik yang unik yang berbeda satu sama lain.
Inilah yang disebut sebagai kepribadian manusia. Memahami kepribadian konsumen
adalah penting bagi pemasar karena kepribadian bisa terkait dengan perilaku
konsumen. Perbedaan dalam kepribadian konsumen akan mempengaruhi perilakunya
dalam memilih atau membeli produk karena konsumen akan membeli barang yang
sesuai dengan kepribadiannya.
Kepribadian individu cenderung
konsisten dan bertahan lama. Walaupun para pemasar tidak dapat mengubah
kepribadian konsumen supaya sesuai dengan produk mereka, jika mereka mengetahui
karakteristik kepribadian mana yang mempengaruhi respon khusus konsumen, mereka
dapat berusaha menarik perhatian melalui sifat-sifat relavan yang melekat pada
kelompok konsumen yang menjadi target mereka.
a.
Dimensi Kepribadian
1)
ekstraversi
suatu dimensi kepribadian yang
mencirikan seseorang yang senang bergaul dan banyak bicara dan tegas.
2)
sifat menyenangkan
suatu dimensi kepribadian yang
mencirikan seseorang yang baik hati, kooperatif dan mempercayai.
3)
sifat mendengarkan kata hati
suatu dimensi kepribadian yang mencirikan
seseorang yang bertanggung jawab, dapat diandalkan, tekun dan berorientasi
prestasi.
4)
kemantapan emosional
suatu dimensi kepribadian yang
mencirikan seseorang yang tenang, bergairah,terjamin (positif), lawan tegang,
gelisah,murung dan tak kokoh (negative)
5)
keterbukaan terhadap pengalaman
suatu dimensi kepribadian yang mencirikan
seseorang yang imajinatif, secara artistik peka dan intelektual.
Menurut Renee Baron dan Elizabeth
Wagele, kepribadian seseorang dibagi dalam 9 tipe yaitu :
a.
Perfeksionis
Orang dengan tipe ini termotivasi
oleh kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang
lain dan menghindari marah.
b.
Penolong
Tipe kedua dimotivasi oleh
kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan positif pada
orang lain, dan menghindari kesan membutuhkan.
c.
Pengejar
Prestasi
Para pengejar prestasi
termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih
kesuksesan, dan terhindar dari kegagalan.
d.
Romantis
Orang tipe romantis termotivasi
oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain,
menemukan makna hidup, dan menghindari citra.
e.
Pengamat
Orang tipe ini termotivasi oleh
kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan
diri sendiri dan menjaga jarak, serta menghindari kesan bodoh atau tidak
memiliki jawaban.
f.
Pencemas
Orang tipe ini termotivasi oleh
kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan, dan terhindar
dari kesan pemberontak.
g.
Petualang
Tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk
merasa bahagia serta merencanakan halhal menyenangkan, memberi sumbangsih pada
dunia, dan terhindar dari derita.
h.
Pejuang
Tipe pejuang termotivasi oleh
kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada
dunia, danterhindar dari kesan lemah.
i.
Pendamai
Para pendamai dimotivasi oleh kebutuhan untuk
menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan menghindari konflik
Makanya kepribadian itu sangat komplek dan menentukan dari katagori diatas tidak mudah
BalasHapus