Menurut International Franchise
Associatio, franchise atau waralaba pada hakikatnya memiliki tiga elemen, yaitu
merek, sistem bisnis, dan biaya.
a. merek , dalam setiap
perjanjian waralaba, sang pewaralaba selaku pemilik dari sistem waralabanya
memberikan lisensi kepada terwaralaba utnuk menggunakan merek dagang/jasa dan
logo yang dimiliki oleh pewaralaba
b. sistem bisnis, keberhasilan
dari suatu organisasi waralaba tergantung dari penerapan sistem / metode bisnis
yang sama antara pewaralaba dan terwaralaba. Sistem bisnis tersenut berupa
pedoman yang mencakup standarisasi produk, metode untuk mempersiapkan atau
mengplah produk atau jasa , standar rupa, dan fasilitas bisnis
c. biaya (fees) , dalam setiao
format bisnis waralaba, sang pewaralaba baik secara langsung atau tidak
langsung menarik pembayaran dari terwaralaba atas penggunaan merek dan atas
partisipasi dalam sistem waralaba yang dijalankan. Biaya biasanya terdiri atas
biaya awal, biaya royalti, biaya jasa, biaya lisensi dan atau biaya pemasaran
bersama.
0 komentar:
Posting Komentar