Senin, 13 November 2017

Konsep Dasar Bisnis Waralaba


Menurut International Franchise Associatio, franchise atau waralaba pada hakikatnya memiliki tiga elemen, yaitu merek, sistem bisnis, dan biaya.

a. merek , dalam setiap perjanjian waralaba, sang pewaralaba selaku pemilik dari sistem waralabanya memberikan lisensi kepada terwaralaba utnuk menggunakan merek dagang/jasa dan logo yang dimiliki oleh pewaralaba

b. sistem bisnis, keberhasilan dari suatu organisasi waralaba tergantung dari penerapan sistem / metode bisnis yang sama antara pewaralaba dan terwaralaba. Sistem bisnis tersenut berupa pedoman yang mencakup standarisasi produk, metode untuk mempersiapkan atau mengplah produk atau jasa , standar rupa, dan fasilitas bisnis


c. biaya (fees) , dalam setiao format bisnis waralaba, sang pewaralaba baik secara langsung atau tidak langsung menarik pembayaran dari terwaralaba atas penggunaan merek dan atas partisipasi dalam sistem waralaba yang dijalankan. Biaya biasanya terdiri atas biaya awal, biaya royalti, biaya jasa, biaya lisensi dan atau biaya pemasaran bersama.  

0 komentar:

Posting Komentar