Terciptanya kepuasan dan
loyalitas pelanggan, menjadi aset penting dalam menjalankan usaha. Berikut
adalah cara mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Terciptanya kepuasan dan
loyalitas para pelanggan, tentunya menjadi salah satu aset penting dalam
menjalankan sebuah usaha. Meskipun ini cukup klise, namun bagaimanapun juga
para pelanggan menjadi kunci utama Anda untuk mendulang keuntungan besar setiap
bulannya.
Puas tidaknya para konsumen
terhadap produk yang Anda tawarkan, pastinya akan memberikan imbas tertentu
bagi perkembangan bisnis Anda. Apabila konsumen mendapatkan kepuasan dari
produk yang Anda pasarkan, bisa dipastikan bila mereka akan melakukan pembelian
ulang di masa-masa yang akan datang. Dan begitu juga sebaliknya, bila mereka
kecewa dengan pelayanan yang Anda berikan, maka tidak menutup kemungkinan bila
mereka akan kapok melakukan pembelian di tempat Anda dan berpaling ke
perusahaan lain.
Karenanya, agar para konsumen
Anda tidak berpaling ke perusahaan lain. Berikut ini kami informasikan 5 cara
mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
1. Berikan perhatian before dan
after sales
Sebagian besar pelaku pasar hanya
fokus terhadap penawaran yang akan mereka sampaikan, tanpa memperhatikan
keinginan konsumen. Kesalahan inilah yang sering membuat para konsumen
melakukan penolakan secara langsung terhadap para sales, sebab mereka
menganggap para sales hanya akan berpromosi menawarkan sebuah barang. Karenanya
untuk menciptakan kepuasan konsumen, berikan perhatian khusus kepada para
konsumen baik sebelum terjadi transaksi pembelian maupun pasca pembelian.
Misalnya saja dengan membagikan katalog menarik untuk memancing minat konsumen,
serta memberikan garansi khusus pada produk unggulan yang Anda pasarkan.
2. Ciptakan sebuah hubungan yang
saling menguntungkan
Dalam memasarkan sebuah produk,
tak jarang para pelaku pasar atau pedagang lebih mendominasi komunikasi yang
terbangun. Mereka memposisikan para konsumen sebagai pendengar, dan pemasar
sebagai narasumber utamanya. Strategi pemasaran seperti ini tentunya terbilang
kuno, sebab sekarang ini para konsumen sudah mulai cerdas dan bisa menentukan
produk-produk unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Oleh sebab itu,
pastikan hubungan yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar bisa seimbang
dan saling menguntungkan.
3. Lakukan follow up pasca
penjualan
Untuk mempertahankan loyalitas
pelanggan, ada baiknya Anda mencatat semua customer yang pernah membeli produk
Anda dan mencoba melakukan follow up ulang pasca pembelian pertama. Meskipun
cara ini sangatlah mudah, namun sampai hari ini belum semua pelaku usaha
melakukannya. Biasanya mereka kurang peduli dengan prospek yang sudah dimiliki,
dan cenderung mencari sasaran (konsumen baru) dibandingkan harus mem-follow up
ulang konsumen-konsumen yang pernah melakukan pembelian di perusahaan mereka.
4. Tawarkan program menarik untuk
menjaga loyalitas konsumen
Seperti halnya mall-mall besar
maupun pusat perbelanjaan di kota-kota besar yang biasanya menawarkan program
premium atau kartu keanggotaan untuk menjaga loyalitas para pelanggan. Anda pun
juga bisa mencoba program tersebut untuk membangun loyalitas konsumen. Mulailah
dengan menawarkan sebuah keanggotaan atau member khusus yang akan memberikan
banyak keuntungan bagi para pelanggan setia Anda. Misalnya saja menawarkan
diskon khusus bagi para konsumen yang memiliki kartu keanggotaan, atau
menawarkan bonus tertentu bagi para member yang berbelanja cukup banyak di
perusahaan Anda.
5. Berikan keuntungan bagi
pelanggan setia
Anda Selain menawarkan program
menarik untuk menjaga loyalitas konsumen, Anda juga bisa menjalin kerjasama
dengan para pelanggan setia Anda. Tawarkan peluang bisnis bagi para konsumen
yang bisa memberikan untung besar bagi mereka dan sekaligus bisa membantu Anda
dalam meningkatkan pemasaran produk. Contohnya saja dengan membuka program
reseller untuk para konsumen yang tertarik memasarkan produk Anda. Strategi ini
tidak hanya menguntungkan para reseller, namun juga mendorong para pelanggan
untuk melakukan pembelian berulang-ulang.
Semoga kelima tips pemasaran yang
telah kita bahas bersama bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan
menginspirasi para pelaku usaha untuk senantiasa membina hubungan baik dengan
para konsumennya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Sumber :
http://bisnisukm.com/5-cara-mempertahankan-kepuasan-dan-loyalitas-pelanggan.html
0 komentar:
Posting Komentar