Dinamika hampir semua pasar jasa
telah berubah, tingkat kompetensi yang rendah telah mengarah ke persaingan yang
ketat dan intens. Dalam pasar yang kompetitif ini, pemasaran telah menjadi
kunci pembeda antara kesuksesan dan kegagalan korporat.
Pemasaran merupakan suatu proses mempersepsikan,
memahami, menstimulasi, dan memenuhi kebutuhan pasar sasaran yang dipilih
secara khusus dengan menyalurkan sumber-sumber organisasi untuk memenuhi
kebutuhan-kebutuhan tersebut. Pemasaran memberi perhatian pada hubungan timbal
balik yang dinamis antara produk-produk dan jasa-jasa perusahaan, keinginan,
dan kebutuhan konsumen, dan kegiatan-kegiatan para pesaing.Fungsi pemasaran
terdiri dari 3 komponen kunci yaitu :
a. Bauran pemasaran
Unsur-unsur atau elemen-elemen
internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Bauran
pemasaran merupakan satu dari sekian konsep yang paling universal yang telah
dikembangkan dalam pemasaran.
b. Kekuatan pasar
Peluang dan ancaman eksternal
dimana operasi-operasi pemasaran sebuah organisasi berinteraksi.
Kekuatan-kekuatan pasar terdriri dari sejumlah bidang yang perlu dikembangkan,
diantaranya :
1.
Pelanggan
Perilaku pembelian dalam hal
motivasi untuk membeli, kebiasaan membeli, lingkungan, ukuran pasar dan daya
beli.
2.
Perilaku industri
Motivasi, struktur, praktik dan sikap para
pengecer, perantara dan anggotaanggota rantai pemasok yang lain.
3.
Pesaing
Cara berposisi dan berperilaku
sebuah perusahaan dipengaruhi oleh struktur industry dan sifat kompetensi.
4.
Pemerintah dan perundang-undangan
Pengawasan terhadap pemasaran
yang menghubungkan dengan baik kegiatan-kegiatan pemasaran maupun
praktek-praktek kompetitif.
c. Proses penyelarasan
Proses strategik dan manajerial untuk
memastikan bahwa bauran pemasaran dan kebijakan-kebijakan internal layak bagi
kekuatan pasar. Keberhasilan sebuah program pemasaran yang pokok tergantung
pada tingkat keselarasan antara lingkungan eksternal dan kemampuan internal
organisasi tersebut. Dengan demikian, program pemasaran dapat dipandang sebagai
penyelarasan, dan ini penting khususnya dalam konteks jasa
0 komentar:
Posting Komentar