Pengertian Media Promos
Media promosi
adalah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah penyampaian informasi
terutama promosi dari komunikator kepada komunikan, untuk mencapai tujuan yang
di tentukan.
Perkembangan
teknologi yang sangat cepat menuntut untuk dapat menggunakan berbagai media
komunikasi berteknologi canggih dapat digunakan dalam berkomunikasi, seperti
telepon, telepon seluler, telex, faksimili, televise dan internet. Media
komunikasi mampu meniadakan hambatan waktu dan tempat. Informasi di berbagai
Negara kini dapat di ketahui dengan capat dan mudah dalam waktu yang relative
singkat. Kini setiap manusia dapat mengetahui informasiinformasi yang berada
pada berbagai belahan dunia.
Media dapat
juga digunakan untuk menyimpan pesan atau informasi tertentu, yang nantinya
disampaikan kepada penerima pesan. Media
sendiri merupakan suatu alat atau semacam sarana yang dapat membawa pesan atau
informasi yang disampaikan kepada audience.
Setiap jenis
media promosi mempunyai kemampuan yang berlainan dalam menyampaikan informasi,
salah satu contoh yang bisa membuktikannya misalnya media audio tentu saja
mempunyai kemampuan berbeda dalam menyampaikan informasi dengan media berjenis
visual ataupun audio visual.
Media promosi berasal dari dua kata yaitu
media dan promosi, masing-masing memiliki arti tertentu. Media adalah peralatan
atau kegiatan menciptakan suatu kondisi sehingga memungkinkan seseorang
memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Wujud media dapat tertulis dan
lisan, manual, elektronik dan lain-lain.
Promosi
menurut Kotler (2002: 41) adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh
perusahaan yang menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produknya yang membujuk
konsumen sasaran agar membelinya.
Media promosi
yang klasik berupa; brosur, poster, booklet, leaflet, spanduk, baliho,
billboard, neon box, standing banner,
kartu nama, kop surat, seragampegawai, jam dinding, poster di mobil/truk,
piring/gelas, iklan di tv, radio, spanduk terbang (ditarik pesawat), balon
udara, iklan di media cetak, daftar menu,daftar harga dan sebagainya. Tidak ada
satupun media yang sangat tepat. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Artinya, jika kita
hanya menggunakan satu media untuk mempromosikan produk kita, jelas secara
pasti efektifitasnya menjadi terbatas.
B. Fungsi penggunaan media.
Terdapat beberapa fungsi-fungsi
dalam penggunaan media, seperti:
1. Mempermudah penyampaian pesan
2. Sebagai alat untuk
membangkitkan motivasi
3. Mempersingkat waktu
penyampaian informasi
4. Membangkitkan daya tarik pesan
yang akan disampaikan
5. Mengkonkretkan isi berita yang
bersifat abstrak
6. Mempelajari isi dan maksud
informasi yang disampaikan
7. Merupakan alat hiburan dan
mendidik para komunikan
Untuk memenuhi fungsi media
komunikasi, terdapat lima hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan
menggunakan media komunikasi, yaitu sebagai berikut:
1. Tanda/lambang yang digunakan
Tanda atau lambang yang digunakan mudah untuk dimengerti.
2. Unsur ralitas yang digunakan
Media tersebut masih digunakan untuk saat ini
3. Indra yang digunakan
Penyampaian pesan tertentu hendaknya menggunakan media yang tepat.
4. Kemampuan untuk mengontrol
media yang tepat Ganti media yang digunakan jika memang sudah tidak tepat lagi
5. Respon dalam memanfaatkan media
Respon dari setiap media yang digunakan berbeda-beda.
Macam–macam Media
Menurut jenisnya, media dalam
melakukan promosi dapat dikelompokkan dalam tiga macam, yaitu sebagai berikut.
a.
Media Audio Media audio adalah media yang dapat
didengar dan dipahami dengan pendengaran, contohnya radio, tape recorder, dan
lain-lain.
b.
Media Visual Media visual adalah media yang ditangkap melalui penglihatan ,
contohnya surat, transparasi, chart, Koran dan lain-lain. Media visual biasanya
sering digunakan dalam menkomunikasi secara tidak langsung .
c.
Media Audio Visual Media audio visual adalah
media yang dapat dipahami melalui pendengaran dan penglihatan, contohnya
televise, DVD, VCD, dan lain-lain.
0 komentar:
Posting Komentar