Senin, 05 Februari 2018

Media Promosi


Pengertian Media Promos
Media promosi adalah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah penyampaian informasi terutama promosi dari komunikator kepada komunikan, untuk mencapai tujuan yang di tentukan.
Perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut untuk dapat menggunakan berbagai media komunikasi berteknologi canggih dapat digunakan dalam berkomunikasi, seperti telepon, telepon seluler, telex, faksimili, televise dan internet. Media komunikasi mampu meniadakan hambatan waktu dan tempat. Informasi di berbagai Negara kini dapat di ketahui dengan capat dan mudah dalam waktu yang relative singkat. Kini setiap manusia dapat mengetahui informasiinformasi yang berada pada berbagai belahan dunia.
Media dapat juga digunakan untuk menyimpan pesan atau informasi tertentu, yang nantinya disampaikan kepada penerima pesan.  Media sendiri merupakan suatu alat atau semacam sarana yang dapat membawa pesan atau informasi yang disampaikan kepada audience.
Setiap jenis media promosi mempunyai kemampuan yang berlainan dalam menyampaikan informasi, salah satu contoh yang bisa membuktikannya misalnya media audio tentu saja mempunyai kemampuan berbeda dalam menyampaikan informasi dengan media berjenis visual ataupun audio visual.
 Media promosi berasal dari dua kata yaitu media dan promosi, masing-masing memiliki arti tertentu. Media adalah peralatan atau kegiatan menciptakan suatu kondisi sehingga memungkinkan seseorang memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Wujud media dapat tertulis dan lisan, manual, elektronik dan lain-lain.
Promosi menurut Kotler (2002: 41) adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produknya yang membujuk konsumen sasaran agar membelinya.
Media promosi yang klasik berupa; brosur, poster, booklet, leaflet, spanduk, baliho, billboard, neon box,  standing banner, kartu nama, kop surat, seragampegawai, jam dinding, poster di mobil/truk, piring/gelas, iklan di tv, radio, spanduk terbang (ditarik pesawat), balon udara, iklan di media cetak, daftar menu,daftar harga dan sebagainya. Tidak ada satupun media yang sangat tepat. Masing-masing memiliki  kelebihan dan kekurangan. Artinya, jika kita hanya menggunakan satu media untuk mempromosikan produk kita, jelas secara pasti efektifitasnya menjadi terbatas.

B. Fungsi penggunaan media.
Terdapat beberapa fungsi-fungsi dalam penggunaan media, seperti:
1. Mempermudah penyampaian pesan
2. Sebagai alat untuk membangkitkan motivasi
3. Mempersingkat waktu penyampaian informasi
4. Membangkitkan daya tarik pesan yang akan disampaikan
5. Mengkonkretkan isi berita yang bersifat abstrak
6. Mempelajari isi dan maksud informasi yang disampaikan
7. Merupakan alat hiburan dan mendidik para komunikan

Untuk memenuhi fungsi media komunikasi, terdapat lima hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan menggunakan media komunikasi, yaitu sebagai berikut:
1. Tanda/lambang yang digunakan Tanda atau lambang yang digunakan mudah untuk dimengerti.
2. Unsur ralitas yang digunakan Media tersebut masih digunakan untuk saat ini
3. Indra yang digunakan Penyampaian pesan tertentu hendaknya menggunakan media yang tepat.
4. Kemampuan untuk mengontrol media yang tepat Ganti media yang digunakan jika memang sudah tidak tepat lagi
5. Respon dalam memanfaatkan media Respon dari setiap media yang digunakan berbeda-beda.

Macam–macam Media
Menurut jenisnya, media dalam melakukan promosi dapat dikelompokkan dalam tiga macam, yaitu sebagai berikut.
a.       Media Audio Media audio adalah media yang dapat didengar dan dipahami dengan pendengaran, contohnya radio, tape recorder, dan lain-lain.
b.      Media Visual Media visual adalah media  yang ditangkap melalui penglihatan , contohnya surat, transparasi, chart, Koran dan lain-lain. Media visual biasanya sering digunakan dalam menkomunikasi secara tidak langsung .
c.       Media Audio Visual Media audio visual adalah media yang dapat dipahami melalui pendengaran dan penglihatan, contohnya televise, DVD, VCD, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar