Perizinan usaha adalah alat untuk
membina, mengarahkan, mengawasi, dan menerbitkan penerbitan usaha. Mengenai
persiapan pendirian usaha berdasarkan proposal usaha ada 6 hal yang perlu
dipersiapkan dalam mempersiapkan pendirian usaha, yaitu pengurusan izin usaha,
penentuan tempat/ lokasi usaha., pengadaan fasilitas produksi dan bahan baku
produksi, perekrutan dan penepatan SDM (Sumber Daya Manusia), dan persiapan
administrasi usaha.
Membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin
Gangguan (HO)
Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
merupakan pemberian izin tempat usaha yang kepada seseorang atau badan usaha
yang tidak menimbulkan gangguan atau kerusakan lingkungan di lokasi tertentu.
Sedangkan Surat Izin Gangguan (HO) adalah pemberian izin tempat usaha kepada
perusahaan atau badan di likasi tertentu yang dapat menimbulkan bahaya,
gangguan, atau kerusakan lingkunagan. Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat
Izin Gangguan (HO/Hinder Ordonantie) harus diperpanjang atau dadaftar setiap
lima tahun sekali.
Langkah-langkah buntuk mendapatkan Surat Izin Tempat Usaha
(SITU) dan Surat Izin Gangguan (HO), yaitu sebagai berikut.
a. Membuat surat izin tetangga
b. Membuat surat keterangan domisili perusahaan
Dokumen yang diperlukan untuk
membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Gangguan (HO), antara
lain :
1. Fotocopy KTP permohonan
2. Foto permohonan ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 buah
3. Formulir isian lengkap dan sudah ditandatangani
4. Fotocopy pelunasan PBB tahun berjalan
5. Fotocopy IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
6. Fotocopy sertifikat tanah atau akta tanah
7. Denah lokasi tempat usaha
8. Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga (Izin
Tetangga) yang diketahui RT/RW
9. Izin sewa atau kontrak
10. Surat keterangan domisili perusahaan
11. Fotocopy akta pendirian perusahaan dari notaris
12. Berita acara pemeriksaan lapangan
1.
Membuat Nomor Rekening Perusahaan
Sebelum membuat akta pendirian
perusahaan, notaris akan menanyakan berapa presentase saham masing-masing
pemilik. Oleh sebab itu harus melakukan hal berikut ini.
1.
Membuat nomor rekening atas nama perusahaan
2.
Melakukan setoran modal
3. Menyerahkan bukti setoran
2.
Membuat Nama Logo dan Merek Perusahaan
Anda harus merancang dan mendesign identitas dari usaha
terlebih dahulu, yang meliputi
1.
Nama perusahaan
2.
Logo perusahaan
3.
Alamat perusahaan
4.
Kartu nama dan tag line (slogan)
5.
Kop surat dan dokumen-dokumen lainnya
6.
Stempel perusahaan
7.
Maksud dan tujuan usaha
8.
Jumlah usaha
9.
Susunan direksi dan komisaris (khusus untuk PT)
3.
Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Sudah menjadi ketetapan pemerintah
bahwa setiap wajib pajak baik individu maupun pemilik perusahaan harus
mempunyai Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP). Apabila omset penjualan mulai
berkembang dan terus meningkat dalam jumlah tertentu diwajibkan mendaftarkan
perusahaan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan akan diberikan Nomor
Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (NPPKP). Wajib pajak yang tidak mendaftarkan
diri ke Kantor Pelayanan Pajak akan dikenakan sanksi pidana sesuai pasal 39 Undang-Undang
No. 16 Tahun 2000 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang No.6 Tahun 1983
tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajaknnya.
4.
Membuat Akta Pendirian Perusahaan
Kesepakatan tersebut dituangkan
dalam akta pendirian perusahaan yang dibuat dihadapan notaries. Hal ini
bertujuan untuk :
1.
Menghindari terjadinya perselisihan
2.
Memberikan penjelasan status kepemilikan perusahaan
3.
Mencantumkan nilai saham (Presentase kepemilikan)
4.
Mengetahui besarnya modal
Surat perizinan yang hanya
ditandatangani diatas materai oleh RT/RW dianggap kuarang sah dihadapan hukum.
Untuk membuat akta pendirian perusahaan diperlukan
dokumen-dokumen berikut :
1.
Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) para pendiri
2.
Fotocopy Kartu Keluaraga (KK)
3.
Fotocopy NPWP penanggung jawab
4.
Foto penenggumng jawab pwerusahaan ukuran 3 x 4
5.
Fotocopy lunas PBB tahun terakhir
6.
Fotocopy surat kontrakan/ sewa kantor
7.
Surat ketarangan domisili dari pengelola gadung
8.
Surat keterangan domisili dari RT/RW
9.
Foto kantor tampak depan, tampak dalam (ruangan berisi meja,
kursi, dan komputer)
Setalah mendapatkan akta pendirian
perusahaan, harus mendaftarkan dan mengesahkan perusahaan ke kementrian
terkait, yaitu :
1.
Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
2.
Kementrian tenaga Kerja
3.
Kementrian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan
4.
Kementrian Pekerjaan Umum
4. Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Berdasarkan peraturan Menteri
Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 tantang penerbitan
Surat Izin Usaha Perdagangan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah surat
izin untuk dapat melakukan kegiatan usaha perdagangan yang dikeluarakan
instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan
tempat/domisili perusahaan. SIUP dapat di berikan kepada para wirausaha baik
perseorangan, CV, Pt, BUMN, firma, ataupun koperasi.
1.
Pengklasifikasian SIUP
SIUP dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
1) SIUP Kecil
2) SIUP Menengah
3) SIUP Besar
1. Prosedur permohonan SIUP
1) Permohonan SIUP menengah dan SIUP kecil
2) Permohonan SIUP besar
2. Dokumen-dokumen yang diperlukan
untuk pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Perusahaan baik PT, CV, koperasai
maupun perseorangan harus membawa dokumen yang lengkap beserta copynya untuk
pengurusan SIUP ke Dinas Perindustriandan Perdagangan kota/ kabupaten. Dokumen
yang diperlukan antara lain :
1. Fotocopy akta notaris pendirian perusahaan
2. Fotocopy SK Pengesahan Menteri Hukum dan Hak Asasi
Manusia
3. Fotocopy NPWP
4. Fotocopy KTP pemilik
5. Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
6. Fotocopy KK
7. Fotocopy surat keterangan domisili perusahaan
8. Fotocopy surat kontrak/ sewa
9. Foto direktur utama/ pimpinan perusahaan ukuran 3 x 4
10. Neraca perusahaan
5.
Membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah
daftar catatatan resmi sebagai bukti bahwa perusahaan/ badan usaha talah
melakukan wajib daftar perusahaan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 3
Tahun 1982 tantang wajib daftar. Berdasarkan pasal 38 KUHD (Kitab Undang-Undang
Hukum Dagang), akta pendirian perusahaan yang memuat anggaran dasar yang sudah
mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Munusia Republik
Indonesia, harus didaftarkan di Panitera Pengadilan Negara sesuai domisili
perusahaan, kemudian diumumkan melalui Berita Negara.
1. Hal-hal yang perlu di daftarkan
1) Akta pendirian perusahaan
2) Akta perubahan anggaran dasar dan laporan kepada Menteri
Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia
3) Akta perubahan anggaran dasar dan surat persetujuan
Mentri Hukum dan hak Asasi Manusia Republik Indinesia.
2.
Prosedur permohonan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
1) Permohonan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang berupa PT
dan yayasan harus mendapatkn pengesahaan dan persetujuan akta pendirian
perusahaan dari Menteri Hukum dan hak Asai Manusia terlebih dahulu.
2)
Perusahaan mengambil formulir permihonan permohonan TDP
3) Perusahaan
membayar biaya administrasi pendaftaran TDP sesuai dangan Surat Keputusan
Menteri Perdagangan No.286/Kep/II/85.
4) Petugas
kantor pendaftaran perusahaan
3. Dokumen-dokmen yang diperlukan untuk
pengurusan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Dokumen yang diperlukan untuk pengurusan Tanda Daftar
Perusahaan (TDP), antara lain :
1) Untuk Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer
(CV)/ Firma (Fa) dan Koperasi adalah sebagai berikut.
1.
Formulir Isian
2.
Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan
3.
Fotocopy Pengesahaan Akta
4.
Asli dan Fotocopy Pengesahaan Akta Pendirian
5.
Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan
6.
Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha
7.
Nomor Pokok Wajib Pajak
8.
Fotocopy SIUP
9.
Fotocopy KTP
10.
Fotocopy akta Pendirian dan Pengesahan
11.
Fotocopy KTP penanggung jawab koperasi
12.
Bukti setor biaya administrasi
13.
Fotocopy paspor jika pemilik WNA
2) Perusahaan Perorangan (PO)
1.
Formulr Isian
2.
Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan
3.
Fotocopy SIUP
4.
Fotocopy KTP penanggung jawab
5.
Fotocopy NPWP
6.
Fotocopy Surat Izin Tempat Usaha (SIUP)
6.
Membuat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan)
Analisis Mengenai Dampak lingkunagan
(AMDAL) adalah hasil kajian mengenai dampak penting dari suatu kegiatan usaha
yang direncanakan terhadap lingkungan hidup yang digunakan untuk proses
pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan kegiatan usaha di indonesia.
1.
Fungsi AMDAL
AMDAL digunakan untuk :
1) Memberikan
masukan erhadp penyusunan rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.
2) Memberikan
informasi kepada masyarakat
3) Bahan
informasi bagi perencanaan pembangunan wilayah.
4) Membantu
proses pengambilan kerutusan
5) Memberikan
masukan terhadap penyusunandesain
2. Dasar
Hukum AMDAL
Beberapa peraturan yang menjadi dasar hukum AMDAL adalah :
1)
Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1999 tentang AMDAL
2) Undang-Undang No. 4 Tahun 1982
mengenai Ketentuan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
3)
Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 1990 mengenai Pengendalian Pencemaran
Air.
4)
Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 1993 tentang AMDAL.
5)
Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 mengenai Konversi Sumber Daya Alam Hayati
dan Ekosistem.
6) Surat Menteri Negara Lingkungan
Hidup No. B. 2335/MENLH/12/93, No. B. 2347/MENLH/12/93 mengenai kreteria usaha
wajib AMDAL.
7)
Undang-Undang No. 4 Tahun 1992 mengenai tata ruang.
2. Dokumen
Yang Diperlukan Dalam Pengurusan AMDAL
Dalam pengurusan AMDAL, dokumen yang
diperlukan adalah fotocopy NPWP, TDP, KTP, SITU, dan denah lokasi perusahaan
yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.
2. Proses
Perizinan Pada perusahaan
Pengertian
Pengertian
Dalam Pasal 1 huruf b UU No.3
Tahun 1982 Tentang Wajib Daftar Perusahaan menjelaskan pengertian dari
perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang
bersifat tetap dan terus menerus dan didirikan, bekerja, serta berkedudukan
dalam wilayah Negara Indonesia untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau
laba. Dari pengertian diatas dapat diambil pokok bahasan bahwa perusahaan :
a.
Badan usaha berbadan hukum
b. Kegiatan dalam bidang ekonomi
c. Bersifat terus menerus
d. Terang -terangan
e. Keuntungan dan/atau laba
f. Pembukuan
b. Kegiatan dalam bidang ekonomi
c. Bersifat terus menerus
d. Terang -terangan
e. Keuntungan dan/atau laba
f. Pembukuan
Sebelum melakukan kegiatan ekonomi
pada suatu perusahaan, tentunya harus ada suatu proses perizinan yang
mendahuluinya. Proses perizinan inilah yang akan di bahas.
Tahap-tahap perizinan
1.
Akta Pendirian perusahaan
Akta pendirian perusahaan adalah
akta otentik, yaitu salah satu bentuk legalitas perusahaan yang di buat di muka
notaries, pejabat umum yang di beri wewenang untuk itu oleh Undang-undang. Pada
akta pendirian harus memuat Anggaran Dasar Perusahaan yang berisi beberapa
ketentuan sebagai berikut :
1. secara formal memuat judul,
nomor, tempat, hari dan tanggal pembuatan dan penandatanganan akta pendirian
a.
secara materiil memuat tentang :
b. pendiri/pihak-pihak pendiri
c. perusahaan
d. usaha perusahaan
e. hubungan perusahaan
f. cara penyelesaian jika terjadi sengketa
2. Nama Perusahaan
b. pendiri/pihak-pihak pendiri
c. perusahaan
d. usaha perusahaan
e. hubungan perusahaan
f. cara penyelesaian jika terjadi sengketa
2. Nama Perusahaan
Di indonesia menganut beberapa azas
tentang pemberian nama suatu perusahaan. Azas -azas tersebut dapat di jabarkan
sebagai berikut :
a.
pembaharuan nama perusahaan dengan nama pribadi
b. pembaharuan bentuk hukum perusahaan dengan nama pribadi
c. larangan memakai ama perusahaan orang lain
d. larangan memakai merek orang lain
e. larangan memakai nama perusahaan yang menyesatkan
b. pembaharuan bentuk hukum perusahaan dengan nama pribadi
c. larangan memakai ama perusahaan orang lain
d. larangan memakai merek orang lain
e. larangan memakai nama perusahaan yang menyesatkan
3. Hak
atas nama perusahaan
Di Indonesia belum ada UU yang
mengatur tentang pemberian nama perusahaan, sehingga banyak sekali kejhatan
yang terjadi dengan modus nama perusahaan tersebut. Tetapi di Indonesia
perbuatan ini di kategorikan sebagai perbuatan curang sehingga melanggar pasal
393 KUHP tentang perbuatan curang. Dalam hal ini perlu diperhatikan masalah
pemberian nama agar tidak terjadi tindak pidana
4. Pengakuan dan pengesahan
Berikut merupakan pernyataan untuk perihal
pengakuan dan pengesahan adalah
a. dikatakan
ada pengakuan apabila tidak ada pihak yang menyangkal atau keberatan dengan
pemakaian nama perusahaan yang bersangkutan
b. pengusaha
atau masyarakat umum mengetahui dan mengakui nama yang dipakai oleh perusahaan
yang bersangkutan dalam menjalankan usahanya
c. dikatakan
ada pengesahan apabila nama perusahaan yang dipakai menjalankan usaha itu di
buat di muka notaris, di umumkan dalam Berita negara, dan di daftarkan dalam
Daftar Perusahaan, tetapi tidak ada yang keberatan terhadap nama tersebut
d. dengan terdaftar
nama perusahaan dalam Daftar perusahaan maka sudah dianggap sah
e. apabila ada
pihak yang tidak mengakui nama perusahaan yang di daftarkan maka dapat
mengajukan ke Menteri Perindustrian dan perdagangan mengenai nama yang di
daftarkan beserta alasannya
Nama perusahaan yang mengandung
merek orang lain adalah masalah yuridis tentang hal atas merek perusahaan. Maka
masalah tersebut dapat di selesaikan dengan beberapa UU sebagai berikut : Pasal
27 dan 29 Undang-undang No. 3 tahun 1982 tentang Wajib Daftar.
Perusahaan Pasal 72 dan 73
Undang-undang no. 19 Tahun 1992 tentang merek Jo Pasal 72 dan 73 Undang-undang
No 14 tahun 1997 tentang Perubahan atas Undang-undang No. 19 tahun 1992
Surat Izin Usaha Perdagangan ( SIUP)
untuk perusahaan
Surat izin usaha di terbitkan oleh
instansi teknik berwenang yaitu instansi yang di beri wewenang oleh Departemen
yang membawahkan bidang usaha perusahaan.jika perusahaan menjalankan usaha di
bidang perindustrian dan perdagangan maka surat izin usaha di terbitkan oleh
instansi yang di tunjuk oleh Menteri Perdagangan. Untuk menentukan jenis
perizinan di bidang perdagangan yang wajib di miliki oleh setiap perusahaan,
maka dapat di bedakan menurut jumlah nilai investasi perusahaan ( modal
perusahaan)seluruhnya. Ketentuan pasal 6 keputusan Menperindag no. 408 tahun
1997 menjelaskan perusahaan yang melakukan kegiatan usaha perdagangan dengan
nilai investasi perusahaan seluruhnya samapai dengan Rp. 200.000.000,00 tidak
termasuk tanah dan bangunan tempat usaha wajib memperoleh Tanda Daftar Usaha
Perdagangan (TDUP) yang di berlakukan sebagai SIUP. Jika perusahaan yang
melakukan kegiatan usaha perdagangan dengan nilai investasi perusahaan
seluruhnya di atas Rp. 200.000.000,00 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat
usahanya wajib memperoleh SIUP.
Tata Cara Permintaan Penerbitan
TDUP/SIUP
Berdasarkan ketentuan pasal 9
Kepmenperindag No. 408 tahun 1997, permintaan TDUP bagi perusahaan yang
mempunyai nilai investasi sampai dengan Rp. 200.000.000,00 di ajukan kepada
kepala Jantor Deperindag setempat. Permintaan TDUP tersebut di lakukan dengan
menyampaikan surat permintaan TDUP kepada Kakandep yang ditandatangani oleh
pemilik/penanggung jawab perusahaan yang isinya :
a. nama pemilik/perusahaan
b. alamat pemilik /perusahaan
c. nama dan alamat penanggung jawab
perusahaan
d. nomor pokok wajib pajak ( NPWP)
e. bidang usaha barang/jasa
f. nilai investasi tidak termasuk tanah
dan bangunan
g. jenis kegiatan usaha
h. jenis barang/ jasa dagangan uatama
i. merek
Dalam pasal 11 Kepmenperindag No. 408
tahun 1997 di tentukan bahwa Permintaan TDUP atau SIUP wajib melampirkan
dokumen-dokumen dengan ketentuan :
1.
perusahaan badan hukum dan Koperasi
a. salinan/kopi akta pendirian yang
telah disahkan oleh Departemen Kehakiman bagi Perseroan Terbatas dan instansi
yang berwenang bagi Koperasi
b. Kopi KTP pemilik/ penanggung jawab
perusahaan
c. Kopi Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP)
perusahaan
d. Kopi Surat Izin Tempat Usaha dari
Pemda setempat
2.
perusahaan persekutuan bukan badan hukum
a. salinan Akata pendirian
b. Kopi KTP pemilik/penanggung jawab
c. Kopi Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP)
perusahaan
d. Kopi Surat Izin Tempat Usaha dari
Pemda setempat
3.
Perusahaan perseorangan
a. Kopi KTP pemilik
b. Kopi NPWP pemilik
c. Kopi Surat Izin Tempat Usaha dari
Pemda setempat
Dalam menjalankan suatu usaha, wadah atau badan hukum usaha yang
kita jadikan induk untuk mengelola semua kegiatan usaha kita perlu dilengkapi
dengan beberapa persyaratan yang mutlak dimiliki. Salah satunya adalah
mendaftarkan badan usaha kita ke Dinas Perindustrian. Setelah kita mendaftarkan
badan hukum usaha yang kita miliki maka kita akan mendapat nomor Tanda Daftar
Perusahaan (TDP). TDP ini dalam pengurusan dokumen atau persyaratan lain dalam
berbisnis atau untuk mengurus berbagai perizinan lain selalu diperlukan. Salah
satu contoh dasar hukum yang mengatur tentang TDP adalah Peraturan Daerah Kota
Yogyakarta No. 17 Tahun 2005 dan Peraturan Walikota Yogyakarta No. 5 Tahun
2006.
Persyaratan Administratif
·
Persekutuan Komanditer (CV)/Firma (Fa) dan Koperasi
·
Formulir isian (diisi Iengkap).
·
Salinan akta pendirian perusahaan.
·
Pengesahan akta dari pengadilan negeri (PN).
·
Surat keterangan domisili perusahaan.
·
NPWP.
·
Salinan SIUP/izin teknis lainnya.
·
Salinan KTP penanggung jawab dan sekutu komanditer lainnya.
·
Akta pendirian dan pengesahan dari kantor wilayah/ kantor
departemen koperasi (bagi koperasi).
·
Salinan KTP penanggung jawab koperasi.
Perusahaan Perorangan (PO)
·
Formulir isian (diisi lengkap).
·
Salinan domisili perusahaan/SITU/HO.
·
Salinan SIUP/izin teknis lainnya.
·
Salinan KTP /Paspor penanggung jawab.
·
Salinan NPWP.
·
Bentuk Usaha Lainnya (BUL)
·
Formulir isian (diisi lengkap).
·
Salinan SIUP/izin teknis lainnya.
·
Salinan domisili perusahaan/ SITU/ HO.
·
Salinan KTP/paspor penanggung jawab.
·
Salinan NPWP.
Perseroan Terbatas (PT)
Formulir isian (diisi lengkap).
·
Salinan akta pendirian perusahaan dan akta perubahan.
·
Asli dan salinan pengesahan akta pendirian/perubahan dari
Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (sesuai dengan UU PT No. 40 Tahun 2007).
·
Asli dan salinan data akta pendirian.
·
Asli dan salinan data akta perubahan.
·
Asli dan salinan laporan data akta perubahan.
·
Salinan SIUP/izin teknis lainnya.
·
Salinan domisili perusahaan/SITU/ HO.
·
Salinan KTP pengurus dan komisaris serta pemegang saham.
Prosedur Pengurusan
·
Untuk mendapatkan TDP, instansi yang berhak mengeluarkannya
adalah Dinas Perindustrian di tempat beroperasinya atau di wilayah perusahaan
berdiri. Dinas Perindustrian ini ada di tiap kabupaten atau kota.
·
Pemohon atau orang yang diberi kuasa (dengan surat kuasa ber
materai) datang ke kantor Dinas Perindustrian membawa semua persyaratan
administratif, mengisi formulir sekaligus membayar biaya yang ditetapkan.
·
Waktu pemrosesannya apabila semua persyaratan sudah lengkap
paling lama adalah 14 (empat belas) hari kerja.
Perseroan Terbatas.
Perseroan Terbatas (PT), dulu disebut juga Naamloze
Vennootschaap (NV), adalah suatu persekutuan untuk menjalankan
usaha yang memiliki modal terdiri dari Saham, yang pemiliknya memiliki bagian
sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang
dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa
perlu membubarkan perusahaan.
Perseroan terbatas merupakan Badan
Usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan
perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki
harta kekayaan sendiri. Setiap orang dapat memiliki lebih dari satu saham yang
menjadi bukti pemilikan perusahaan. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang
terbatas, yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila Utang perusahaan melebihi
kekayaan perusahaan, maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab
para pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan
tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan
memperoleh bagian keuntungan yang disebut Dividen yang besarnya tergantung pada
besar-kecilnya keuntungan yang diperoleh perseroan terbatas.
Selain berasal dari Saham, modal PT
dapat pula berasal dari Obligasi. Keuntungan yang diperoleh para pemilik
obligasi adalah mereka mendapatkan Bunga tetap tanpa menghiraukan untung atau
ruginya perseroan terbatas tersebut.
Mekanisme
Pendirian PT
Untuk mendirikan PT, harus dengan
menggunakan akta resmi ( akta yang dibuat oleh notaris ) yang di dalamnya
dicantumkan nama lain dari perseroan Terbatas, Modal, bidang usaha, alamat
Perusahaan, dan lain-lain. Akta ini harus disahkan oleh menteri Hukum dan Hak
Asasi Manusia Republik Indonesia (dahulu Menteri Kehakiman). Untuk mendapat izin
dari menteri kehakiman, harus memenuhi syarat sebagai berikut:
1.
Perseroan terbatas tidak bertentangan dengan ketertiban umum
dan kesusilaan
2.
Akta pendirian memenuhi syarat yang ditetapkan Undang-Undang
3.
Paling sedikit modal yang ditempatkan dan disetor adalah 25%
dari modal dasar. (sesuai dengan UU No. 1 Tahun 1995 & UU No. 40 Tahun
2007, keduanya tentang perseroan terbatas)
Setelah mendapat pengesahan, dahulu
sebelum adanya UU mengenai Perseroan Terbatas (UU No. 1 tahun 1995) Perseroan
Terbatas harus didaftarkan ke Pengadilan Negeri setempat, tetapi setelah
berlakunya UU NO. 1 tahun 1995 tersebut, maka akta pendirian tersebut harus
didaftarkan ke Kantor Pendaftaran Perusahaan (sesuai UU Wajib Daftar Perusahaan
tahun 1982) (dengan kata lain tidak perlu lagi didaftarkan ke Pengadilan
negeri, dan perkembangan tetapi selanjutnya sesuai UU No. 40 tahun 2007,
kewajiban pendaftaran di Kantor Pendaftaran Perusahaan tersebut ditiadakan
juga. Sedangkan tahapan pengumuman dalam Berita Negara Republik Indonesia ( BNRI
) tetap berlaku, hanya yang pada saat UU No. 1 tahun 1995 berlaku pengumuman
tersebut merupakan kewajiban Direksi PT yang bersangkutan tetapi sesuai dengan
UU NO. 40 tahun 2007 diubah menjadi merupakan kewenangan/kewajiban Menteri
Hukum dan HAM.
Setelah tahap tersebut dilalui maka
perseroan telah sah sebagai badan hukum dan perseroan terbatas menjadi dirinya
sendiri serta dapat melakukan perjanjian-perjanjian dan Kekayaan perseroan
terpisah dari kekayaan pemiliknya. Modal dasar perseroan adalah jumlah modal
yang dicantumkan dalam akta pendirian sampai jumlah maksimal bila seluruh Saham
dikeluarkan. Selain modal dasar, dalam perseroan terbatas juga terdapat modal
yang ditempatkan, modal yang disetorkan dan modal bayar. Modal yang ditempatkan
merupakan jumlah yang disanggupi untuk dimasukkan, yang pada waktu pendiriannya
merupakan jumlah yang disertakan oleh para persero Pendiri. Modal yang disetor
merupakan modal yang dimasukkan dalam perusahaan. Modal bayar merupakan modal
yang diwujudkan dalam jumlah Uang.
Pembagian Wewenang Dalam PT
Dalam perseroan terbatas selain
kekayaan perusahaan dan kekayaan pemilik modal terpisah juga ada pemisahan
antara pemilik perusahaan dan pengelola perusahaan. Pengelolaan perusahaan
dapat diserahkan kepada tenaga-tenaga ahli dalam bidangnya Profesional.
Struktur organisasi perseroan terbatas terdiri dari pemegang saham, direksi,
dan komisaris.Dalam PT, para pemegang saham melimpahkan wewenangnya kepada
direksi untuk menjalankan dan mengembangkan perusahaan sesuai dengan tujuan dan
bidang usaha perusahaan. Dalam kaitan dengan tugas tersebut, direksi berwenang
untuk mewakili Perusahaan, mengadakan perjanjian dan kontrak, dan sebagainya.
Apabila terjadi kerugian yang amat besar ( diatas 50 % ) maka direksi harus
melaporkannya ke para pemegang Saham dan pihak ketiga, untuk kemudian
dirapatkan.
Komisaris memiliki Fungsi sebagai
Pengawas kinerja jajaran direksi perusahaan. Komisaris bisa memeriksa
pembukuan, menegur direksi, memberi petunjuk, bahkan bila perlu memberhentikan
direksi dengan menyelenggarakan RUPS untuk mengambil keputusan apakah direksi
akan diberhentikan atau tidak.
Dalam RUPS/Rapat Umum Pemegang
Saham, semua pemegang saham sebesar/sekecil apapun sahamnya memiliki hak untuk
mengeluarkan suaranya. Dalam RUPS sendiri dibahas masalah-masalah yang
berkaitan dengan evaluasi kinerja dan kebijakan perusahaan yang harus
dilaksanakan segera. Bila pemegang saham berhalangan, dia bisa melempar Suara
miliknya ke pemegang lain yang disebut Proxy Hasil RUPS biasanya
dilimpahkan ke komisaris untuk diteruskan ke direksi untuk dijalankan.
Isi RUPS :
1.
Menentukan direksi dan pengangkatan komisaris
2.
Memberhentikan direksi atau komisaris
3.
Menetapkan besar Gaji direksi dan komisaris
4.
Mengevaluasi Kinerja perusahaan
5.
Memutuskan rencana Penambahan /Pengurangan saham perusahaan
6.
Menentukan kebijakan Perusahaan
3. Penentuan dan Pengurusan
Tempat Kerja
Pada saat anda membuka usaha, salah
satu faktor yang paling penting adalah lokasi usaha. Tempat usaha yang tepat dan
strategis akan menentukan kesuksesan usaha anda, dengan demikian seorabg
wirausaha haris mampu memilih tempat yang mampu memberikan prifit
(keuntungan) terhadapat usahanya.
1. Lokasi pertokoaan
Ada beberapa pertimbangan dalam memilih lokasi pertokoan
yaitu, sebagai berikut :
1.
Tingkat kepadatan penduduk
2.
Tingkat pendapatan masyarakat calon konsumen
3.
Banyaknya usaha lain ditempat tersebut
4.
Pertimbangan ekonomis
5.
Traffic (lalu lintas)
6.
Tingkat persaingan
7.
Keamanan dan akses parkir
2. Lokasi Perusahaan
Ada dua hal yang berhubungan dengan
penentuan lokasi perusahaan. Pertama, lokasi lokasi perkantoran yang disebut
dengan tempat kedudukan . Kedua, lokasi perusahaan yang disebut dengan
kediaman.
Hal-hal yang perlu diperhatikan
ketika menentukan tempat usaha kedudukan dan tempat kediaman, antara lain yaitu
:
1. Badan usaha yang memiliki beberapa
perusahaan harus memilih tempat yang berlainan untuk masing-masing perusahaan
tersebut.
2. Pemilihan tempat kediaman perusahaan
seringkali tergantung pada rentabilitas yang diharapkan .
3. Lokasi pabrik
Hal-hal yang mempengaruhi penentuan lokasi pabrik, antara
lain :
1.
Kedekatan Dengan Sumber Bahan Produksi
2.
Kedekatan Denag Konsumen
3.
Ketersediaan/Kemudahan Untuk Mendapatkan Tenaga Kerja
4.
Kemudahan Fasilitas Pengangkutan Dan Transportasi
5.
Sikap Masyarakat Sekitar Serta Peraturan Pemerintah
4. Perekrutan Dan Penetapan SDM
(Sumber Daya Manusia)
Karyawan merupakan faktor yang
sangat penting bagi wirausaha untuk mencapai tujuan usahanya, dengan demikian,
seorang wirausaha harus dpat memilih dan menentukan jumlah karyawan yang
diperlukan untuk suatu kegitan usaha,. Karyawan yang mempunyai motivasi kerja,
keterampilan kerja, loyalitas, tanggung jawab yang tinggi, serta menangani
bidang kerja yang tepat (the right man on the right place).
Hal-hal yang berkaitan dengan manajemen sumber daya
manusia,antara lain:
a. Proses manajemen sumber daya
manusia yang terdiri dari perencanaan sumber daya manusia,
b. Tata usaha/administrasi kepegawaian
(surat-menyurat dan berkas yang berhubungan dengan karyawan.
c. Kompensasi dan kesejahteraan karyawan meliputi
penghitungan besar upah/gaji
d. Jaminan perlindungan terhadap kecelakaan kerja dan
pengawasan keselamtan kerja .
1. Perencanaan Sumber Daya
Manusia
Analisis jabatan diperlukan untuk membuat deskripsi
pekerjaan (job description) dan spesipikasi pekerjaan (job
specification). Untuk membuat analisis jabatan diperlukan data-data antara
lain :
a. Nama pekerjaan
b. Kegiatan yang harus dikerjakan pada sutu jabatan
c. Peralatan atau mesin yang akan digunakan
d. Bahan yang digunakan
e. Wewenang dan tanggumg jawab karyawan
f. Pendidikan dan pelatiahin
g. Kondisi pekerjaan
h. Risiko/bahaya
Dalam menentukan kualifikasi karyawan ada hal-hal yang perlu
diperhatikan, antara lain :
1. Pendidikan
2. Pengalaman kerja
3. Keahlian fisik dan komunikasi
4. Tanggung jawab
5. Karakter tenaga kerja
6. Usia
7. Jenis kelamin
8. Keadaan fisik
9. Temperamen
10. Bakat
2. Perekrutan/Rekrutmen
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau
kadidat karyawan , buruh, manajer, atau tenaga kerja baru, untuk memperoleh
tenaga kerja yang berkualitasdan sesuai dengan kebutuhan organisasi ,
perusahaan dapat melakukan perekrutan secara internal dan eksterna.
3. Seleksi
4. Sosialisasi Dan Orientasi
5. Pelatihan (Training) Dan Pengembangan
6. Penilaian Prestasi Kerja
7. Promosi Dan Phk
5. Persiapan
Adminstrasi Usaha
Kegagalan sebuah usaha dapat diawali
dari tidak adanya system administasi yang teratur, akurat, detail, dan rapi
untuk dijadikan sebuah alat dalam melakukan analisa kinerja perusahaan dan
bagian-bagiannya.
1.
Administrasi
Kata administrasi berasal dari kata
bahasa latin, yaitu ad yang artinya intensif, dan ministare yang
artinya adalah melayani, membatu, melengkapi, dan memenuhi. Kata administrasi
yang sering digunakan dalam bahasa indonesi berasal dari bahasa belanda
yaitu “ administratie” yang dalam bahasa inggris adalah “administration”.
Menurut pendapat jhon M.P.Fiffer,administrasi adalahdigunakan untuk system
pencatatan, perorganisasian,pengkelompokan,dan penjurusan data dari sumber”
manusia dan bahanya untuk mencapai tujuan yang diinginkan .
2. Maksud Dan Tujuan
Administrasi
Maksud dan tujuan dari diterapkan
administrasi yang baik dan rapi adalah membatu kelancaran usaha dan pengelolaan
perusahaan, khususnya dalam pencatatan dan pelaporan hasil usaha. Tujuan
penting diterapkan administrsiyang baik adalah sebagai berikut :
1. Mendapatan informasi atas kegiatan
usaha yang telah dilakukan oleh perusahaan.
2. Mendapatakandata yanga akurat dalam
tujuan yang mengmbil keputusan strtegis (strategic decision making process)
seperti keputasan pemodalan, keputusan investasi, keputusan efisien, dan
keputasan penetapan harga .
3. Penyusun program dalam rencana
pengembangan usaha seperti waralaba (franchise) atau lisensi
4. Mengetahui kinerja perusahaan dulu
dan sekarang.
5. Mempelanjar proses-proses antar bagi
dalam menjalakan pekerjaannya.
Adapun kegunaan utama dari catatan administrasi perusahaan
adalah sebagai berikut :
1.
Administrasi digunakan sebagai alat bukti (catatanya)
2.
Administrasi diguankan sebagai alat manajemen (laporanya)
3.
Administrasi dibutuhkan sebagai penilian ( catatan dan
laporannya)
3.
kegiatan administrasi
Kegiatan administrasi atau tata
usaha meliputi seluruh pekerjaan pencattan yang perlu dilakukan dalam
perusahaan, antara lain :
1.
Menyelenggarakan pembukuan
2.
Membuat daftar gaji karyawan
3.
Mencatat penyenggaraan produksi
4.
Melakukan surat-menyurat kedalam dan keluar perusahaan
5.
Mencatatan pesanan-pesanan
6.
Melakukan pengarsipan dokumen
7.
Menyusun rencana anggaran perusahaan
Wah mantab, Kalau gitu pemilik kafe wajib tahu ini semua ya? untuk legalitas usaha. Kalau usaha sudah legal, sekarang saatnya mengembangkan usaha kafenya menjadi lebih maju. Silahkan mampir ke Sekolah UMKM untuk upgrade ilmu usahanya. Semoga sukses usahanya, kakak.
BalasHapus