Sejarah Periklanan
Periklanan merupakan bentuk
komunikasi yang digunakan untuk membujuk audiens (pemirsa, pembaca atau
pendengar) untuk mengambil beberapa tindakan sehubungan dengan produk, ide,
atau layanan. Tujuan dari disampaikannya iklan tersebut adalah mengarahkan perilaku
konsument terhadap suatu penawaran komersial ataupun mempersuasi seseorang
dalam melakukan sesuatu (seperti iklan politik/layanan masyarakat yang
nonkomersial).
Pengiklan Komersial seringkali
mencari untuk menghasilkan peningkatan konsumsi dari mereka produk atau jasa
melalui "branding," yang melibatkan pengulangan atau nama produk gambar dalam upaya untuk kualitas tertentu
berasosiasi dengan merek di benak konsumen.
Sejarah Periklanan
4000sm
Mesir menggunakan
papirus untuk membuat pesan penjualan dan poster-poster. pesan Komersial dan
menampilkan kampanye politik telah ditemukan di reruntuhan Pompeii dan kuno
Saudi . Hilang dan menemukan iklan di papirus yang umum di Yunani Kuno dan
Romawi Kuno .Lukisan dinding atau batu untuk iklan komersial merupakan
manifestasi lain dari bentuk iklan kuno, yang hadir untuk hari ini di banyak
bagian Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.Tradisi lukisan dinding dapat
ditelusuri kembali ke India seni batuan lukisan yang tanggal kembali ke 4000
SM. Sejarah memberitahu kita bahwa Out-rumah iklan- dan billboard merupakan
bentuk tertua iklan.
Sebagai kota dan kota-kota Abad
Pertengahan mulai tumbuh, dan masyarakat umum tidak dapat membaca, tanda-tanda
bahwa hari ini akan berkata tukang sepatu, miller, penjahit atau pandai besi
akan menggunakan gambar yang berhubungan dengan perdagangan mereka seperti
boot, jas, topi, jam, berlian, sepatu kuda, lilin atau bahkan tas
tepung.Buah-buahan dan sayuran yang dijual di alun-alun kota dari belakang
gerobak dan wagon dan pemilik mereka digunakan penelepon jalanan ( criers kota
) untuk mengumumkan keberadaan mereka untuk kenyamanan pelanggan.
Pada jaman Yunani dan Romawi teknik
beriklan mengalami perkembangan. Pada masa inilah mulai disadari pentingnya
menggunakan medium untuk menyampaikan informasi. Para pemilik usaha menggunakan
pahatan di dinding-dinding kota untuk memberitahu orang banyak bahwa mereka
mempunyai dagangan tertentu. Pada jaman Caesar banyak toko di kota-kota besar
yang telah mulai memakai tanda dan simbol atau papan nama sebagai media utama
dalam beriklan.
Ketika papyrus digunakan sebagai
kertas tulis, media ini juga dipakai untuk menulis pesan-pesan iklan.
Iklan-iklan yang ditempelkan di dinding-dinding kota tersebut berisikan
informasi budak-budak yang melarikan diri. Selain itu, iklan ini juga memuat
pesan tentang pertarungan para gladiator. Papyrus tersebut ditrulis dnegan
menggunakan pena yang terbuat dari alang-alang. Di kota Pompei iklan-iklan juga
dibuat oleh para politisi dalam bentuk grafity sebgai propaganda guna menarik
masyarakat agar memilihj dirinya saat pemilihan umum. Iklan yang sama juga
banyak dijumpai di Yunani.
Periklanan memasuki babak sejarah
yang sangat penting ketika kertas ditemukan pada tahun 1215 di Cina dan mesin
cetak diciptakan Johannes Guttenberg pada tahun 1450. Sejak itu medium-medium
kuno ditinggalkan. Orang beralih ke pamflet atau selebaran-selebaran untuk
menginformasikan atau menjual sesuat. Selebaran dan pamflet inilah yang menjadi
cikal bakal munculnya surat kabar, sebuah medium klasik yang sampai sekarang
tetap menjadi pilihan pengiklan sebagai medium utama.
Abad ke 17
Pendidikan menjadi kebutuhan yang
sangat penting terutama dalam membaca, serta pencetakan, lalu iklan semakin
dikembangkan dan diperluas untuk mencakup selebaran.Pada abad ke-17 iklan mulai
muncul di koran mingguan di Inggris. Iklan cetak awal ini digunakan terutama
untuk mempromosikan buku dan surat kabar, yang menjadi semakin terjangkau
dengan kemajuan di percetakan , dan obat-obatan, yang semakin dicari sebagai
penyakit rusak Eropa Namun, karena adnya iklan palsu dan apa yang disebut dukun , iklan
menjadi masalah, yang diantar dalam regulasi konten iklan. Sebagai perekonomian
diperluas selama abad 19, periklanan tumbuh bersama.Di Amerika Serikat,
keberhasilan ini format iklan akhirnya mengarah pada pertumbuhan periklanan
mail-order.
Abad 18
koran Prancis La
Presse adalah yang membuat program iklan yang dibayar di perhalaman-halamannya,
yang memungkinkan untuk menurunkan harga, memperluas
pembaca dan meningkatkan perusahaan profitabilitas dan formula itu segera
ditiru oleh semua judul. Sekitar tahun 1840, Volney B. Palmer membentuk akar
biro iklan modern di Philadelphia. Pada tahun 1842 jumlah besar Palmer membeli
ruang di berbagai surat kabar pada tarif diskon kemudian dijual kembali ruang
di tingkat yang lebih tinggi kepada pengiklanIklan]] aktual-salinan, tata
letak, dan karya seni-adalah terhenti disiapkan oleh perusahaan yang ingin
beriklan, yang berlaku, Palmer adalah seorang broker ruang.
Keadaan berubah di akhir abad 19
ketika badan iklan NW Ayer & Son didirikan. Ayer dan Anak ditawarkan untuk
merencanakan, membuat, dan melaksanakan kampanye iklan lengkap untuk
pelanggannya. Pada tahun 1900 biro iklan telah menjadi titik fokus perencanaan
kreatif, dan iklan kokoh sebagai sebuah profesi. Sekitar waktu yang sama, di
Perancis, Charles-Louis Havas memperpanjang jasa kantor berita itu, untuk
memasukkan iklan broker, sehingga kelompok Prancis pertama yang mengatur. Pada
awalnya, lembaga yang broker untuk ruang iklan di koran. NW Ayer
& Son adalah lembaga layanan penuh pertama yang bertanggung jawab atas isi
iklan. 1895 iklan untuk sebuah produk berat badan.
Pada pergantian abad ini, ada
beberapa pilihan karier bagi perempuan dalam bisnis, namun, iklan adalah salah
satu dari sedikit. Karena perempuan bertanggung jawab untuk sebagian besar
pembelian kebutuhan rumah tangga mereka masing - masing, pengiklan dan lembaga
yang diakui nilai's wawasan perempuan.
Iklan terus semakin berkembang,
terutama dari segi kreatifitas .Bahkan, periklanan Amerika pertama
yang menggunakan menjual seksual diciptakan oleh seorang wanita - untuk produk
sabun. Meskipun jinak oleh standar-standar hari ini, iklan ini menampilkan
pasangan dengan pesan "Kulit kamu mencintai menyentuh".
Tahun 1825 surat kabar pada masa itu
sudah dimanfaatkan sebagai alat pemasaran yang efektif. Suratkabar yang pertama
kali memuat iklan-iklan produk adalah surat kabar Tjahaja Siang yang terbit di
Minahasa yang mengiklankan produk obat-obatan tradisional. Bentuk iklannya
hanya berupa iklan baris karena memang baru seperti itulah model iklan yang ada
pada masa itu. Surat kabar lainnya seperti Advertentie Blad dan Bintang Timoer
juga melakukan hal yang sama.
Tahun 1870-an kreativitas dalam
penanganan visual dalam penanganan visual dalam pesan periklanan terlihat
semakin baik. Hal ini disebabkan faktor internal dan eksternal industri pers
maupun periklanan itu sendiri. Pertama, terbentuknya peluang investasi modal
swasta secara langsung dalam bidang industri periklanan dan perdagangan di
Jawa. Kedua pertumbuhan perekonomian masyarakat pribumi dan industrialisasi
melahirkan sejumlah produk yang memerlukan kegiatan pemasaran. Pertumbuhan
perkonomian memungkinkan terbentuknya suatu masyarakat konsumen yang potensial
untuk pemasaran produk industri dan jasa modern di pulau Jawa.
Awal 1920-an
Pada awal 1920-an, stasiun radio
pertama didirikan oleh produsen peralatan radio dan
pengecer yang menawarkan program dalam rangka untuk menjual radio lebih kepada
konsumen. Seiring waktu berlalu, banyak organisasi nirlaba mengikuti dalam
mendirikan stasiun radio mereka sendiri, dan termasuk:, klub dan
kemasyarakatan. Kelompok sekolah Ketika praktik mensponsori program
dipopulerkan, masing-masing program radio individu biasanya disponsori oleh
pembisnis tunggal dalam pertukaran untuk menyebutkan nama singkat bisnis mereka
di bagian awal dan akhir yang menunjukkan disponsori olehnya.Namun, pemilik
stasiun radio segera menyadari bahwa mereka bisa mendapatkan lebih banyak uang
dengan menjual hak sponsor dalam alokasi waktu kecil untuk beberapa bisnis di
seluruh siaran stasiun radio mereka, daripada menjual hak sponsor untuk bisnis
tunggal per show.
Praktik ini dilakukan ke televisi di
akhir 1940-an dan awal 1950-an. Sebuah pertempuran sengit terjadi antara mereka
yang mencari untuk mengkomersilkan radio dan orang-orang yang berpendapat bahwa
spektrum radio harus dianggap sebagai bagian dari commons - untuk
digunakan hanya non-komersial dan untuk kebaikan masyarakat.Kerajaan Serikat mengejar model pendanaan publik
untuk BBC, awalnya sebuah perusahaan swasta, British Broadcasting Company ,
tetapi dimasukkan sebagai badan publik oleh Royal Charter pada tahun 1927. Di Kanada, para pendukung seperti Graham Spry yang juga dapat
membujuk pemerintah federal untuk mengadopsi model
pendanaan publik, menciptakan Canadian Broadcasting Corporation. Namun, di
Amerika Serikat, model kapitalis menang dengan petikan dari Undang-Undang
Komunikasi tahun 1934 yang menciptakan Komisi Komunikasi Federal . Namun,
Kongres AS memang membutuhkan lembaga penyiaran komersial untuk beroperasi pada
kepentingan umum kenyamanan, dan kebutuhan . penyiaran Publik sekarang ada di Amerika Serikat karena tahun 1967
Undang-Undang Penyiaran Publik yang mengarah pada Public Broadcasting Service
dan National Public Radio
Awal 1950
Pada awal tahun 1950, DuMont
Television Network mulai meluncurkan program modern yang menjual iklan dalam
hitungan waktu kepada beberapa sponsor. Sebelumnya, DuMont telah kesulitan
mencari sponsor bagi banyak tentang program dan dikompensasi dengan menjual
blok kecil waktu iklan untuk beberapa bisnis. Hal ini akhirnya menjadi standar
untuk industri televisi komersial di Amerika Serikat.Namun, itu masih praktik
umum untuk memiliki menunjukkan sponsor tunggal, seperti Amerika Serikat Steel
Jam. Dalam beberapa kasus sponsor dilaksanakan kontrol yang besar atas isi dari
pertunjukan-sampai dengan dan termasuk memiliki agency periklanan seseorang
benar-benar menulis pertunjukan.
Akhir 1980-an dan awal 1990-an
melihat pengenalan televisi kabel dan khususnya MTV . Merintis konsep video
musik , MTV diantar dalam jenis baru iklan: tunes konsumen dalam untuk pesan
iklan, daripada ia menjadi oleh-produk atau ketinggalan zaman. Sebagai kabel
dan televisi satelit menjadi semakin umum, saluran khusus muncul, termasuk
saluran seluruhnya dikhususkan untuk iklan , seperti QVC , Home Shopping
Network , dan ShopTV Kanada.
Pemasaran melalui internet membuka batas baru bagi pengiklan dan memberikan
kontribusi kepada " dot-com boom "tahun 1990-an. Seluruh perusahaan
semata-mata dioperasikan pada pendapatan iklan, yang menawarkan segala sesuatu
dari kupon untuk mengakses internet gratis. Pada pergantian abad ke-21, sejumlah
situs termasuk mesin pencari Google , memulai perubahan dalam iklan online dengan
menekankan kontekstual yang relevan, iklan tidak mengganggu dimaksudkan untuk
membantu, daripada membanjiri, pengguna. Hal ini mengakibatkan sejumlah besar
upaya sejenis dan kecenderungan peningkatan iklan interaktif .
0 komentar:
Posting Komentar