Pengertian
Bauran Pemasaran Menurut Kotler dan Armstrong
(1997:47), bauran pemasaran adalah sebagai seperangkat variabel pemasaran, yang
dapat dikendalikan dan dipadukan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang
diinginkan di dalam pasar sasaran. Etzel et al. (1997:60) menyatakan bahwa
bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan inti dari
sistem pemasaran perusahaan, yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Sedangkan
menurut Mc Charty dalam buku Kotler (2000:15), mengklasifikasikan alat-alat
pemasaran ke dalam empat kelompok yang dikenal
dengan
4P dari pemasaran, yaitu product, price, place and promotion. Bauran pemasaran
terdiri atas segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk
mempengaruhi permintaan terhadap produknya. Kegiatankegiatan yang dimaksud
adalah keputusan dalam empat variabel, yaitu produk, harga, distribusi dan
promosi. Untuk mencapai pasar yang dituju dan memenuhi atau melayani konsumen
seefektif mungkin maka kegiatan-kegiatan ini perlu dikombinasikan. Dalam hal ini
perusahaan atau organisasi tidak sekedar memiliki kombinasi yang terbaik saja,
tetapi juga harus mengkoordinasikan berbagai macam elemen bauran pemasaran
tersebut untuk melaksanakan program pemasaran secara efektif. Secara ringkas
tiap-tiap variabel bauran pemasaran diuraikan sebagai berikut.
1.
Produk
Menurut Radio Sunu (1995:99), produk adalah segala sesuatu yang dapat
ditawarkan ke pasar untuk dapat diperhatikan, dibeli atau dikonsumsikan. Basu
Swastha dan Irawan (1996:165) menyatakan bahwa produk adalah suatu sifat yang
kompleks, baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk pembungkus,
warna, harga, prestasi perusahaan dan pengecer yang diterima oleh pembeli untuk
memuaskan keinginan dan kebutuhan. Menurut Tjiptono (2001:95), secara konseptual
produk adalah pemahaman subyektif dari produsen atas “sesuatu” yang bisa
ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan
kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai dengan kompetensi dan kapasitas
organisasi serta daya beli.
2.
Harga
Radio Sunu (1995) menyatakan bahwa harga adalah nilai suatu barang dan jasa
yang diukur dengan sejumlah uang. Berdasarkan nilai tersebut seseorang atau
perusahaan bersedia melepaskan barang atau jasa yang dimiliki kepada pihak
lain. Di dalam perusahaan, harga suatu barang atau jasa merupakan penentuan
bagi permintaan pasar. Harga dapat mempengaruhi posisi persaingan perusahaan.
3.
Tempat
mencerminkan kegiatan-kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia untuk
konsumen sasaran. Sebagian dari tugas distribusi adalah memilih perantara yang
akan digunakan dalam saluran distribusi yang secara fisik menangani dan
mengangkat produk melalui saluran tersebut, maksudnya agar produk dapat
mencapai pasar yang dituju tepat pada waktunya.
4.
Promosi
mencerminkan kegiatan-kegiatan yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan
membujuk konsumen untuk membelinya. Jadi, promosi ini merupakan komponen yang
dipakai untuk memberikan dan mempengaruhi pasar bagi produk perusahaan.
Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam promosi adalah periklanan, promosi
penjualan, personal selling dan publisitas. Tujuan dari promosi itu sendiri
adalah untuk menyebarkan informasi tentang produk kepada konsumen, mendapatkan
kenaikan penjualan, mendapat pelanggan baru dan pelanggan yang setia, menjaga kestabilan
penjualan ketika pasar sedang lesu, mengunggulkan produk sendiri serta
membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
0 komentar:
Posting Komentar