Pengertian
Kualitas produk ialah kemampuan produk untuk memuaskan kebutuhan
atau keinginan konsumen ( Cannon. Dkk. 2008 ). Definisi lain dari kulitas
produk adalah karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya
untuk memuaskan kebutuhan konsumen yang di nyatakan atau diimplikasikan (
Kotler & Armstrong, 2008 ). Menurut Kotler dan Keller (2009), kualitas
produk adalah totalitas fitur dan karakteristik produk dan jasa yang bergantung
pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.
Mc Charty dan Perreault (2003:107) mengemukakan bahwa, “Produk
merupakan hasil dari produksi yang akan dilempar kepada konsumen untuk
didistribusikan dan dimanfaatkan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya”. Saladin
(2002) menambahkan bahwa produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke
suatu pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai atau dikonsumsi sehingga
dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan.
Faktor – Faktor Yang
Mempengaruhi Kualitas Produk
Menurut Husein (2000 : 37), konsumen pada dasarnya memandang
kualitas atas 5 dimensi yaitu :
a.
Performance.
Merupakan dimensi yang paling basic dan berhubungan dengan fungsi
utama dari suatu produk. Konsumen akan senang apabila harapan mereka terhadap
suatu dimensi terpenuhi. Bagi setiap produk, performance tergantung dari
fungtional value yang di janjikan oleh perusahaan.
b.
Features
Yaitu aspek performansi yang berguna untuk menambah fungsi dasar,
berkaitan dengan pilihan-pilihan produk dan pengembangannya.
c.
Durability
Merupakan keawetan yang menunjukkan suatu pengukuran terhadap
siklus produk, baik secara teknis maupun waktu. Produk tersebut disebut awet
kalau sudah banyak digunakan atau sudah lama sekali digunakan. Bagi konsumen,
awet yang berhubungan dengan aspek waktu lebih mudah dimengerti. Karna itu,
sebagian besar produk-produk yang menjanjikan keawetan lebih menonjolkan
masalah awet dalam hal waktu.
d.
Conformance
Dimensi ini menunjukkan seberapa jauh suatu produk dapat me standar
atau spesifikasi tertentu. Hal ini berkaitan dengan tingkat kesesuaian terhadap
spesifikasi yang telah di tuturkan sebelumnya berdasarkan keinginan konsumen.
Konfirmasi merefleksikan derajat ketepatan antara karakteristik desain produk
dengan karakteristik kualitas standar yang telah ditetapkan.
e.
Reliability
Reliability menunjukkan keadaan atau kualitas produk yang dapat
memberikan keyakinan kepada konsumen untuk memilih produk tersebut, dengan kata
lain konsumen akan percaya dengan kualitas produk tersebut.
bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
BalasHapusayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^
Prediksi Togel Sgp Mbah Bonar 6 September 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapus