Senin, 26 November 2018

Brand Image


Pengertian
     Menurut Tjiptono (2008:104) menyatakan definisi merek sebagai nama, istilah, simbol, atau lambang, desain, warna, gerak, atau kombinasi atribut-atribut produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas dan sebagai pembeda terhadap produk pesaing. Dengan demikian dapat dijelaskan merek  mempunyai 2 unsur yaitu yang pertama brand name yang terdiri dari kata-kata yang dapat dibaca dan yang kedua brand mark yang terdiri dari simbol, desain dan warna yang lebih jelas. Kedua unsur inilah yang dapat mempermudah konsumen dalam mengenali produk yang dapat menciptakan citra merek dari produk tersebut.
Brand Image merupakan asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek  tertentu (Tjiptono, 2005:49). Brand image itu sendiri memiliki arti kepada suatu pencitraan sebuah produk dibenak konsumen secara massal. Konsumen yang memiliki image positif mengenai suatu merek mempunyai kecenderungan yang lebih besar untuk melakukan pembelian. Karena citra yang baik akan memberikan nilai tambah terhadap sebuah produk dan layanan jasa yang berujung pada peningkatan keinginan pembelian konsumen.
Sedangkan Zeithaml (1998) dalam (Lin & Lin, 2007) menyatakan bahwa citra merek adalah faktor paling penting yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum melakukan pemilihan produk atau layanan jasa. Pencitraan dan asosiasi, keduanyalah yang mewakili berbagai persepsi yang dapat mencerminkan realita obyektif. Suatu merek yang telah sukses akan memiliki posisi yang kuat karena didukung oleh berbagai asosiasi yang kuat. Cara mereflesikan sebuah persahaan yang sedang berusaha dipersepsikan  bisa mengunakan 2 cara yaitu dengan positioning dan positioning strategy.

Komponen Brand Image
Brand image akan sukses apabila didukung oleh komonen-komponen didalam brand image itu sendiri. Menurut Aaker dan Biel (1993), brand image memiliki tiga komponen yaitu :
1.      Citra pembuat (corporate image)
Sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan yang membuat suatu produk dan jasa dalam penelitian ini yang meliputi : popularitas, kredibilitas, dan jaringan perusahaan.
2.      Citra pemakai (user image)
Sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap pemakai yang menggunakan barang atau jasa, meliputi pemakai itu sendiri, gaya hidup, atau kepribadian, serta status sosial.
3.      Citra produk (product image)
Sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap suatu produk, yang meliputi atribut produk tersebut, manfaat bagi konsumen, pernggunanya, serta jaminan.


2 komentar:

  1. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    BalasHapus