Pengertian
Menurut Tjiptono (2008:104)
menyatakan definisi merek sebagai nama, istilah, simbol, atau lambang, desain,
warna, gerak, atau kombinasi atribut-atribut produk lainnya yang diharapkan
dapat memberikan identitas dan sebagai pembeda terhadap produk pesaing. Dengan
demikian dapat dijelaskan merek
mempunyai 2 unsur yaitu yang pertama brand
name yang terdiri dari kata-kata yang dapat dibaca dan yang kedua brand mark yang terdiri dari simbol,
desain dan warna yang lebih jelas. Kedua unsur inilah yang dapat mempermudah
konsumen dalam mengenali produk yang dapat menciptakan citra merek dari
produk tersebut.
Brand Image merupakan asosiasi dan keyakinan konsumen
terhadap merek tertentu (Tjiptono, 2005:49). Brand image itu sendiri memiliki arti
kepada suatu pencitraan sebuah produk dibenak konsumen secara massal. Konsumen
yang memiliki image positif mengenai
suatu merek mempunyai kecenderungan yang lebih besar untuk melakukan pembelian.
Karena citra yang baik akan memberikan nilai tambah terhadap sebuah produk dan
layanan jasa yang berujung pada peningkatan keinginan pembelian konsumen.
Sedangkan Zeithaml (1998) dalam (Lin & Lin,
2007) menyatakan bahwa citra merek adalah faktor paling penting yang menjadi
pertimbangan konsumen sebelum melakukan pemilihan produk atau layanan jasa.
Pencitraan dan asosiasi, keduanyalah yang mewakili berbagai persepsi yang dapat
mencerminkan realita obyektif. Suatu merek yang telah sukses akan memiliki
posisi yang kuat karena didukung oleh berbagai asosiasi yang kuat. Cara
mereflesikan sebuah persahaan yang sedang berusaha dipersepsikan bisa mengunakan 2 cara yaitu dengan positioning dan positioning strategy.
Komponen Brand
Image
Brand image akan
sukses apabila didukung oleh komonen-komponen didalam brand image itu sendiri. Menurut Aaker dan Biel (1993), brand image memiliki tiga komponen yaitu
:
1. Citra
pembuat (corporate image)
Sekumpulan asosiasi yang
dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan yang membuat suatu produk dan jasa
dalam penelitian ini yang meliputi : popularitas, kredibilitas, dan jaringan
perusahaan.
2. Citra
pemakai (user image)
Sekumpulan
asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap pemakai yang menggunakan barang
atau jasa, meliputi pemakai itu sendiri, gaya hidup, atau kepribadian, serta
status sosial.
3. Citra
produk (product image)
Sekumpulan
asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap suatu produk, yang meliputi
atribut produk tersebut, manfaat bagi konsumen, pernggunanya, serta jaminan.
bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
BalasHapusayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^
Prediksi Togel Mbah Bonar Taipei 7 Desember 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapus