Ketika
tugas telah diidentifikasikan, kelompok ritel dispesifikasikan dalam bentuk
bidang kerja untuk ditugaskan ke karyawan dan di tentukan pula hubungan timbal
baliknya.
Setelah
mengidentifikasikan tugas bagi karyawan, ritel mengelompokkan pekerja untuk di
tugaskan dengan mempertimbangkan hal – hal berikut ini.
1.
Spesialisasi, yaitu memfokuskan karyawan pada
suatu satuan aktivitas yang terbatas sehingga memungkinkan karyawan untuk
mengembangkan kehalian dan meningkatkan produktivitas.
2.
Menyelaraskan srtuktur organisasi dengan stratgi
ritel, rancangan setruktur organisasi perlu di sesuaikan dengan strategi
perusahaan ritel.
Struktur
organisasi ritel menurut jenis dan ukuran perusahaan, misalnya ritel dengan
sebuah toko mempunyai struktur
oraganisasi yang berbeda dengan ritel umumnya. Struktur organisasi ritel yang
di bedakan menurut jenis ritel dan ukuran perusahaan antara lain.
1.
Organisasi ritel tunggak ( organisasi ritel
dengan satu toko )
Pemilik merupakan manajer organisasi secara keseluruhan. Ketika penjualan
tumbuh, pemilik memperkerjakan karyawan dengan spesialisasi yang terbatas.
Ketika penjualan meningkat, spesialisasi dalam menajemen bisa terjadi ketika
pemilik memperkerjakan beberapa karyawan tambahan.
2.
Organisasi regional departement store
Berbeda dengan menjemen toko, maka menejemen rantai ritel pada jenis
ritel ini bersifat lebih kompleks. Para manajer harus mengawasi unit – unit
yang secara geografis saling berjauhan den mengorganisasikan banyak divisi,
antara lain:
·
Divisi barang dagangan ( merchandise )
Divisi ini bertanggung jawab atas penyediaan atau perolehan barang
dagangan untuk dijual di toko dan memastikan bahwa kualitas, gaya, pilihan, dan
penetapan harga barang daganganya konsisten dengan strategi perusahaan.
·
Divisi pembelian ( buyer )
Divisi ini bertanggungjawab untuk perolehan barang dagangan ( kebutuhan
departement store ), ketentuan harga dan pelabelan, serta membuat data
inventaris yang spesifik untuk kategori – kategori barang dagangan.
·
Manajer kategori
Para manajer kategori bertanggung jawab atas rangkaian produk yang
menurut pelanggan di pandang sebagai barang pengganti. Contohnya ketika seorang
menajer kategori bertanggungjawab atas semua produk, misalnya menyediakan
produk yang segar, beku, dalam bentuk kemasan ( packaged ) atau dalam bentuk
kalengan ( canned ).
·
Perencanaan barang dagangan
Perencanaan barang dagangan ini bertanggungjawab untuk menjatah barang
dagangan dan memerinci penyortiran barang dagangan tersebut dalam beberapa
kategori untuk toko tertentu.
·
Divisi toko
Divisi
ini bertanggungjawab terhadap pembagian pekerjaan yang dialkukan di toko.
Sebagaian
besar perusahaan eceran memiliki dua eksekutif senior yang biasa di sebut CEO
dan COO, yang bekerja bersama – sama untuk mengatur perusahaan. Sebagian besar
manajer dan para karyawan di tempatkan berdasarkan daerah geografis di sekitar
lokasi toko, dan menajer barang dagangan, pemasaran, keuangan, manajer SDM, dan
para karyawan bekerja pada kantor pusat.
3.
Organisasi perusahaan dari rantai regional dan
rantai regional departement store
Keputusan
yang di buat pada kantor pusat meliputi aktivitas yang mengarah pada strategi
dan peningkatan produktivitas dengan mengoordinasikan aktivitas rantai – rantai
regional. Sebagai contoh, memiliki manjemen sistem informasi perusahaan (
korporat ) akan lebih efisien dan efektif dibanding memiliki sistem dan program
yang terpisah si setiap rantai regional.
Numpang promo ya Admin^^
BalasHapusayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
dengan minimal deposit hanya 20.000
add Whatshapp : +85515373217 ^_~
Prediksi Togel Sgp Mbah Bonar 6 September 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapusPrediksi Togel Sgp Mbah Bonar 6 September 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapusPrediksi Togel Mbah Bonar Taipei 7 Desember 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapus