Terdapat dua persoalan penting
dalam merancang suatu organisasi ritel :
1.
Desentralisasi versus Sentralisasi
Sentralisasi merupakan kewenangan untuk keputusan ritel yang dilimphkan
ke manajer perusahaan bukan ke manajer toko, regional, atau wilayah yang
tersebar secara geografis. Sedangkan desentralisasi merupakan wewenang untuk
keputusan ritel yang dilimpahkan ke tingkat lebih rendah dalam organisasi.
Rital dapat menurunkan
biaya ketika mengambil keputusan terpusat pada menajemen perusahaan karena
beberapa alasan berikut :
·
Efisiensi biaya overhead turun karena lebih
sedikit manajer yang di butuhkan untuk membuat perencanaan barang dan dagangan,
SDM, pemasaran, dan keputusan keuangan. Contohnya, mempunyai dua toko regional,
berarti keduanya juga pasti mempunyai pembeli/pelanggan regional dan merekalah
yang mengoordinasi rantai perdagangan regional dalam melakukan pembelian.
·
Mengoordinasi pembelian untuk tiap toko yang
berbeda sehingga perusahaan mendapat harga lebih murah dari pemasok.
·
Pemusatan memberi kesempatan untuk memutusakan
orang – orang yang tepat untuk masuk ke perusahaan.
2.
Koordinasi barang dagangan dan manajemen toko
Ritel kecil meungkin hanya menghadapi sedikit masalah dalam
mengoordinasikan tokonya dalam aktivitas penjualan dan pembelian barang
dagangan dan mnejual barang dagangan. Namun di pihak lain, perusahaan rital
besar biasanya mengoordinasikan fungsi penjualan dan pembelian pada divisi yang
terpisah. Divisi pembelian mengkhusukan diri pada pembelian barang dagangan dan
tidak mempunyai hubungan tanggung jawab dalam menjualnya.
Terdapat tiga pendekatan
yang digunkan ritel – ritel besar untuk mengoordinasi pembelian dan penjulan.
·
Meningkatkan tingkat ketertarikan pelanggan di
toko
Ritel harus lebih meningkatkan kontak pembelian dengan pelanggan dan
komunikasi informal antara pelanggan dengan personel toko yang melayani
pembeliannya saat ini.
·
Membuat toko supaya selalu di kunjungi
Untuk lebih meningkatkan kontak dengan pelanggan dan berkomunikasi adalah
dengan mempunyai pelanggan di toko, maksudnya ada pelanggan yang bekerja
misalnya di departement yang sering mereka kunjungi dan membeli di departement
tersebut.
·
Menunjuk salah satu karyawan untuk
mengkoordinasi tugas
Ritel mempunyai divisi barang dagangan yang bertanggung jawab
mengkoordinasi aktivitas pembelian dan penjulan dangan staf di daerah – daerah.
·
Melibatkan manajer toko dalam pengambilan
keputusan pembeli.
Di samping
mengembangkan suatu struktur organisasi, manajemen sumber daya manusia juga
melakukan sejumlah aktivitas untuk meningkatkan cara kerja karyawan, membangun
komitmnet, dan mengurangi tingkat perputaran karyawan.
Numpang promo ya Admin^^
BalasHapusayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
dengan minimal deposit hanya 20.000
add Whatshapp : +85515373217 ^_~
Prediksi Togel Mbah Bonar Taipei 7 Desember 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapus