Senin, 26 November 2018

Persoalan Pada Organisasi Ritel


Terdapat dua persoalan penting dalam merancang suatu organisasi ritel :
1.       Desentralisasi versus Sentralisasi
Sentralisasi merupakan kewenangan untuk keputusan ritel yang dilimphkan ke manajer perusahaan bukan ke manajer toko, regional, atau wilayah yang tersebar secara geografis. Sedangkan desentralisasi merupakan wewenang untuk keputusan ritel yang dilimpahkan ke tingkat lebih rendah dalam organisasi.
          Rital dapat menurunkan biaya ketika mengambil keputusan terpusat pada menajemen perusahaan karena beberapa alasan berikut :
·         Efisiensi biaya overhead turun karena lebih sedikit manajer yang di butuhkan untuk membuat perencanaan barang dan dagangan, SDM, pemasaran, dan keputusan keuangan. Contohnya, mempunyai dua toko regional, berarti keduanya juga pasti mempunyai pembeli/pelanggan regional dan merekalah yang mengoordinasi rantai perdagangan regional dalam melakukan pembelian.
·         Mengoordinasi pembelian untuk tiap toko yang berbeda sehingga perusahaan mendapat harga lebih murah dari pemasok.
·         Pemusatan memberi kesempatan untuk memutusakan orang – orang yang tepat untuk masuk ke perusahaan.

2.       Koordinasi barang dagangan dan manajemen toko
Ritel kecil meungkin hanya menghadapi sedikit masalah dalam mengoordinasikan tokonya dalam aktivitas penjualan dan pembelian barang dagangan dan mnejual barang dagangan. Namun di pihak lain, perusahaan rital besar biasanya mengoordinasikan fungsi penjualan dan pembelian pada divisi yang terpisah. Divisi pembelian mengkhusukan diri pada pembelian barang dagangan dan tidak mempunyai hubungan tanggung jawab dalam menjualnya.
          Terdapat tiga pendekatan yang digunkan ritel – ritel besar untuk mengoordinasi pembelian dan penjulan.
·         Meningkatkan tingkat ketertarikan pelanggan di toko
Ritel harus lebih meningkatkan kontak pembelian dengan pelanggan dan komunikasi informal antara pelanggan dengan personel toko yang melayani pembeliannya saat ini.
·         Membuat toko supaya selalu di kunjungi
Untuk lebih meningkatkan kontak dengan pelanggan dan berkomunikasi adalah dengan mempunyai pelanggan di toko, maksudnya ada pelanggan yang bekerja misalnya di departement yang sering mereka kunjungi dan membeli di departement tersebut.
·         Menunjuk salah satu karyawan untuk mengkoordinasi tugas
Ritel mempunyai divisi barang dagangan yang bertanggung jawab mengkoordinasi aktivitas pembelian dan penjulan dangan staf di daerah – daerah.
·         Melibatkan manajer toko dalam pengambilan keputusan pembeli.
Di samping mengembangkan suatu struktur organisasi, manajemen sumber daya manusia juga melakukan sejumlah aktivitas untuk meningkatkan cara kerja karyawan, membangun komitmnet, dan mengurangi tingkat perputaran karyawan.


2 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus