Pengertian
Menurut
Dyan (2010).Kesadaran merek atau brand
awareness adalah kesanggupan seseorang calon pembeli untuk mengenali atau
mengingat kembali bahwa merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu.
Menurut Surachman (2008) Brand
Awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau
mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk
tertentu.
Peran brand awareness dalam membantu suatu
merek dapat dipahami bagaimana brand
awareness tersebut menciptakan suatu nilai. Nilai-nilai tersebut adalah
Jangkar yang menjadi pengait bagi asosiasi lain, Familiar (menjadi terkenal),
Komitmen, Mempertimbangkan merek, Durianto dkk (2004).
Menurut
buku karya Darmadi Durianto, Sugiarto, Tony Simanjuntak yang berjudul Strategi
Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Konsumen (2004:54),
definisi dari Brand Awareness adalah kesanggupan seorang calon pembeli untuk
mengenali, mengingat kembali suatu merek sebagai bagian dari suatu kategori
produk. Bagian dari suatu kategori produk perlu ditekankan karena terdapat
suatu hubungan yang kuat antara kategori produk dengan merek yang dilibatkan.
Kesadaran merek (brand awareness) adalah kesanggupan seseorang
calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek
merupakan bagian dari kategori produk tertentu (Aaker, 1997).
Tahapan Brand Awareness
Menurut Aaker ( 1997 ),
ada empat tingkatan brand
awareness (kesadaran merek) yang berbeda, diantaranya :
1. Unaware Of Brand (Tidak Menyadari Merek)
Unaware Of Brand yaitu tingkat dimana konsumen tidak menyadari
suatu merek walaupun sudah dilakukan pengingatan kembali lewat bantuan.
2. Brand Recognition (Pengenalan Merek)
Brand Recognition merupakan tingkat dimana ingatan konsumen
terhadap suatu merek akan muncul jika konsumen diberi bantuan agar dapat
kembali mengingat merek tersebut. Tingkat ini merupakan tingkat minimal dari
kesadaran merek.
3. Brand Recall (Pengingatan Kembali Merek)
Brand Recall merupakan tingkat dimana konsumen dapat mengingat
kembali suatu merek tanpa adanya bantuan apapun, atau disebut juga unaided
recall.
4. Top Of Mind (Puncak Pikiran)
Top Of Mind adalah tingkatan dimana suatu merek menjadi merek
yang disebutkan pertama kali muncul dalam benak konsumen. Dalam tingkatan ini,
merek tersebut merupakan merek utama dari berbagai merek yang ada dalam benak
konsumen.
Prediksi Togel Mbah Bonar Taipei 7 Desember 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapus