Pengertian
Menurut
Stanton (2006: 22), harga adalah sejumlah uang (kemungkinan ditambah dengan
barang) yang dibutuhkan untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan
pelayanan yang menyertainya. Adapun pendapat lain tentang harga adalah menurut
Kotler and Armstrong (2005:353), harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan
atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas
manfaat manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
Tujuan Penetapan Harga
Adapun beberapa tujuan
dari ditetapkannya suatu harga, yaitu :
1. Meningkatkan
penjualan
Untuk melihat apakah strategi harga
yang dterapkan suatu perusahaan berhasil dilihat dari tingkat penjualannya.
2. Menstabilkan
harga
Menstabilkan
harga dipasaran agar tidak terjadi kesengjangan yang sangat signifikan pada
harga dipasaran.
3. Mencapai
lmaba maksimum.
Seperti
pada tujuan utama sebuah usaha yaitu untuk mendapatkan laba yang
sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecilnya.
4.
Mendapatkan atau merebut pangsa
pasar / Market Share
Menarik
perhatian para konsumen yang menjadi target market / target pasar maka
suatu perusahaan sebaiknya menetapkan harga yang serendah mungkin. Dengan harga
turun, maka akan memicu peningkatan permintaan yang juga datang dari market
share pesaing / kompetitor.
5.
Balik modal ROI / Return
On Investment
ROI yang
tinggi dapat dicapai dengan jalan menaikkan profit margin serta meningkatkan
angka penjualan.
6. Menjaga
status quo pangsa pasar
Dengan
penyesuaian harga menjadi lebih murah dari pesaing akan membuat konsumen tetap
setia dengan produk yang dijual.
Peranan Harga
Menurut
Tjiptono (1997:152) harga memiliki dua peranan utama dalam pengambilan
keputusan pembelian, yaitu peranan alokasidari harga dan peranan informasi dari
harga.
1. Peranan
alokasi dari harga
Fungsi harga dalam membantu para
pembeli untuk memutuskan cara memperoleh manfaat tertinggi yang diharapkan
berdasarkan daya belinya.
2. Peranan
informasi dari harga
Fungsi harga dalam “mendidik” konsumen
mengenai faktor-faktor produk, seperti kualitas. Menurut (Tjiptono, 2006:152)
persepsi yang sering berlaku adalah bahwa harga yang mahal mencerminkan
kualitas yang tinggi.
bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
BalasHapusayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^
Prediksi Togel Mbah Bonar Taipei 7 Desember 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapus