Senin, 26 November 2018

Harga


Pengertian
Menurut Stanton (2006: 22), harga adalah sejumlah uang (kemungkinan ditambah dengan barang) yang dibutuhkan untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya. Adapun pendapat lain tentang harga adalah menurut Kotler and Armstrong (2005:353), harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

Tujuan Penetapan Harga
Adapun beberapa tujuan dari ditetapkannya suatu harga, yaitu :
1.      Meningkatkan penjualan
Untuk melihat apakah strategi harga yang dterapkan suatu perusahaan berhasil dilihat dari tingkat penjualannya.
2.      Menstabilkan harga
Menstabilkan harga dipasaran agar tidak terjadi kesengjangan yang sangat signifikan pada harga dipasaran.
3.      Mencapai lmaba maksimum.
Seperti pada tujuan utama sebuah usaha yaitu untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecilnya.
4.      Mendapatkan atau merebut pangsa pasar / Market Share
Menarik perhatian para konsumen yang menjadi target market / target pasar maka suatu perusahaan sebaiknya menetapkan harga yang serendah mungkin. Dengan harga turun, maka akan memicu peningkatan permintaan yang juga datang dari market share pesaing / kompetitor.
5.      Balik modal ROI / Return On Investment
ROI yang tinggi dapat dicapai dengan jalan menaikkan profit margin serta meningkatkan angka penjualan.
6.      Menjaga status quo pangsa pasar
Dengan penyesuaian harga menjadi lebih murah dari pesaing akan membuat konsumen tetap setia dengan produk yang dijual.

Peranan Harga
Menurut Tjiptono (1997:152) harga memiliki dua peranan utama dalam pengambilan keputusan pembelian, yaitu peranan alokasidari harga dan peranan informasi dari harga.
1.      Peranan alokasi dari harga
Fungsi harga dalam membantu para pembeli untuk memutuskan cara memperoleh manfaat tertinggi yang diharapkan berdasarkan daya belinya.
2.      Peranan informasi dari harga
Fungsi harga dalam “mendidik” konsumen mengenai faktor-faktor produk, seperti kualitas. Menurut (Tjiptono, 2006:152) persepsi yang sering berlaku adalah bahwa harga yang mahal mencerminkan kualitas yang tinggi.





2 komentar:

  1. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    BalasHapus