Senin, 26 November 2018

Pengambilan Keputusan (Decision Making)




Pengertian

Sproles dan Kendall, (2006) menyatakan bahwa gaya pengambilan keputusan konsumen dapat didefinisikan sebagai orientasi mental yang mencirikan pendekatan konsumen untuk membuat pilihan. Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai proses mental (kognitif proses) sehingga pemilihan suatu tindakan di antara beberapa alternatif. Pilihan akhir akan diproduksi oleh setiap proses pengambilan keputusan. Output dapat berupa pilihan pendapat atau tindakan. Ada delapan gaya keputusan yaitu (1) sadar kualitas, (2) sadar merek, (3) sadar mode, (4) rekreasi dan hedonistik orientasi, (5) sadar harga, (6) kecenderungan impulsif dan ceroboh, (7) bingung dengan pilihan alternatif dan (8) loyalitas merek.
Sedangkan menurut Kotler (2005) pengambilan keputusan (decision making) dapat diartikan sebagai bagian dari perilaku konsumen yang bertujuan untuk menentukan proses pengembangan keputusan dalam membeli suatu barang atau jasa dimana individu terlibat secara langsung dalam mendapatkan dan mempergunakan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut.
Sedangkan proses untuk pengambilan pengambilan keputusan pembelian yang akan dilakukan oleh konsumen akan melalui beberapa tahapan yang disebut proses pengambilan keputusan model 5(lima) tahap (Kotler dan Keller, 2007), antara lain sebagai berikut:
1.      Pengenalan masalah : Ketika konsumen mengenali adanya masalah atau kebutuhan. Kebutuhan itu akan digerakkan oleh rangsangan dari dalam maupun dari luar dirinya.
2.      Pencarian informasi : Tahap ini merupakan tahapan yang merangsang konsumen untuk mencari informasi lebih banyak mengenai suatu produk.
3.      Evaluasi alternatif : Pada tahapan ini konsumen menggunakan informasi untuk mengevaluasi merek alternatif dalam menentukan peringkat produk untuk dipilih.
4.      Keputusan pembelian: Keputusan pembelian dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berkaitan dengan persepsi konsumen tentang merek yang dipilih. Sedangkan faktor eksternal adalah sikap orang lain dan situasi yang tak terduga.
5.      Perilaku pasca pembelian: Kepuasan konsumen harus dipantau dari mulai pasca pembelian, tindakan pasca pembelian dan pemakaian produk pasca pembelian.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus