Pengertian
Sproles
dan Kendall, (2006) menyatakan bahwa gaya pengambilan keputusan konsumen dapat
didefinisikan sebagai orientasi mental yang mencirikan pendekatan konsumen
untuk membuat pilihan. Pengambilan keputusan dapat dianggap sebagai proses
mental (kognitif proses) sehingga pemilihan suatu tindakan di antara beberapa
alternatif. Pilihan akhir akan diproduksi oleh setiap proses pengambilan
keputusan. Output dapat berupa pilihan pendapat atau tindakan. Ada delapan gaya
keputusan yaitu (1) sadar kualitas, (2) sadar merek, (3) sadar mode, (4)
rekreasi dan hedonistik orientasi, (5) sadar harga, (6) kecenderungan impulsif
dan ceroboh, (7) bingung dengan pilihan alternatif dan (8) loyalitas merek.
Sedangkan
menurut Kotler (2005) pengambilan keputusan (decision making) dapat diartikan
sebagai bagian dari perilaku konsumen yang bertujuan untuk menentukan proses
pengembangan keputusan dalam membeli suatu barang atau jasa dimana individu
terlibat secara langsung dalam mendapatkan dan mempergunakan barang atau jasa
yang ditawarkan tersebut.
Sedangkan
proses untuk pengambilan pengambilan keputusan pembelian yang akan dilakukan
oleh konsumen akan melalui beberapa tahapan yang disebut proses pengambilan
keputusan model 5(lima) tahap (Kotler dan Keller, 2007), antara lain sebagai
berikut:
1.
Pengenalan
masalah : Ketika konsumen mengenali adanya masalah atau kebutuhan. Kebutuhan
itu akan digerakkan oleh rangsangan dari dalam maupun dari luar dirinya.
2.
Pencarian
informasi : Tahap ini merupakan tahapan yang merangsang konsumen untuk mencari
informasi lebih banyak mengenai suatu produk.
3.
Evaluasi
alternatif : Pada tahapan ini konsumen menggunakan informasi untuk mengevaluasi
merek alternatif dalam menentukan peringkat produk untuk dipilih.
4.
Keputusan
pembelian: Keputusan pembelian dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor
internal dan eksternal. Faktor internal berkaitan dengan persepsi konsumen
tentang merek yang dipilih. Sedangkan faktor eksternal adalah sikap orang lain
dan situasi yang tak terduga.
5.
Perilaku
pasca pembelian: Kepuasan konsumen harus dipantau dari mulai pasca pembelian,
tindakan pasca pembelian dan pemakaian produk pasca pembelian.
Numpang promo ya Admin^^
BalasHapusayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
dengan minimal deposit hanya 20.000
add Whatshapp : +85515373217 ^_~