Tantangan
utama dalam penjualan eceran adalah untuk mengurangi tingkat keluar masuk (
perputaran ) karyawan. Perputaran karyawan yang tinggi akan mengurangi penjulan
dan meningkatkan biaya. Sedangkan penjulan yang menurun dapat di sebebkan oleh
beberapa hal, antara lain karyawan yang kurang berpengalaman dalam menjalankan
tugasnya, serta kurang terampilnya sumber daya maupun pengetahuan tentang
kebijakan perusahaan dan barang dagangan agar dapat berinteraksi dengan konsumen
secara efektif.
Biaya
– biaya meningkatkan karena kebutuhan untuk merekrut dan melatih karyawan baru
terus menerus dilakukan. Beberapa pendekatan yang di gunakan ritel untuk
membanguun komitment timbal balik adalah :
1. Mengembangkan ketereampilan karyawan
Terdapat du aktivitas yang dilakukan ritel untuk mengembangkan
pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam manajemen sumber daya manusia,
yaitu dengan seleksi dan pelatihan.
·
Selektif mendengar
Untuk membangun kekutan kerja awalnya harus dilakukan perekrutan orang –
orang yang benar.
·
Pelatihan
Pelatihan sangat penting untuk toko ritel sebab lebih dari 60 persen
karyawannya mempunyai kontak langsung dengan pelanggan. Ini adalah untuk
menanamkan modal keterampilan karyawan untuk memberi informasi dan sekaligus
jawaban atau kesukaran dalam menemukan pekerjaan jasa atau layanan yang
berkualitas.
2. Memberdayakan karyawan
Memberdayakan karyawan (enpowerment) adalah proses dimana para menajer
mempunyai wewenang untuk mengambil keputusan dengan karyawan.
3. Menciptkan hubungan kemitraan dalam karyawan
Riset
menunjukkan bahwa ketika praktik kenerja manajemen sumber daya manusia
meningkat berarti perusahaan juga meningkatkan pengaturan keuangan bagi
karyawan.
Terdapat
tiga aktivitas menajemen sumber daya manusia yang dapat membangun dan
mengembangkan komitment karyawan melalui hubugan kemitraan :
1. Mengurangi perbedaan status
Beberapa ritel mencoba untukmengurangi perbedaan status antara karyawan.
Dengan membatasi perbedaan status, karyawan akan dapat merasa betah menjalankan
tugasnya dalam perusahaan dan dalam pencapaian keberhasilan tujuan perusahaan.
Perbedaan status dapat di kurangi melalui penggunaan bahasa dan mempertipis
perbedaan imbalan yang di terima karyawan dan meningkatkan komunikasi antar
manajer dengan tingkatan yang berbeda dalam perusahaan.
2. Promosi kerja
Promosi
kerja adalah suatu kebijakan susunan kepegawaian yang merekrut karyawan baru
hanya untuk posisi tingkatan yang paling bawah, sedangkan hirerarki pekerjaan
yang lebih tinggi diberikan untuk karyawan yang telah ada.
3. Kehadiran karyawan untuk menyeimbangkan karier
dan keluarga
Jumlah
pendapatan yang berbeda membuat karyawan merasa sulit untuk secara efektif
melakukan pekerjaan bersama. Oleh karena itu diperlukan flextime dan pembagian
kerja ( job sharing ). Flextime adalah sistem penjadwalan pekerjaan karyawan
yang memungkinkan karyawan untuk memilih waktu kerja. Sedangkan pembagian kerja
adalah dua karyawan secara sukarela bertanggung jawab atas satu pekerjaan yang
sebelumnya hanya di jalankan oleh satu orang.
Izin promo ya Admin^^
BalasHapusbosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~
Prediksi Togel Sgp Mbah Bonar 6 September 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapusPrediksi Togel Mbah Bonar Taipei 7 Desember 2020 Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!
BalasHapus