v Bauran Sponsorship
Sponsorship
mampu memberikan kontribusi optimal bagi perusahaan jika didukung oleh bauran
sponsorship. J. R Rossiter dan L. Percy (1997 ) menyatakan bahwa baauran
sponsorship mencangkup hal – hal berikut.
1.Target audience reach
Dalam
memilih jenis sponsorship yang akan di selenggarakan perlu diperhatikan segmen
mana yang akan di capai perusahaan.
2.Positioning merek ( brand positioning )
Berbagai
jenis even secara langsung berkaitan dengan produk perusahaan yang mensponsori
kegiatan olahraga, misalnya, tetapi berbagai even lain dipilih karena tidak
kesesuaian.
3.Kapasitas pesan ( message capacity )
Pada umumnya
perusahaan menjadi sponsor suatu even akan memperoleh fasilitas untuk
mendapatkan manfaat dari kegiatan sponsorship tersebut.
v Bentuk dan Jenis Sponsorship
Bentuk
sponsorship menurut Frank Jefkins ( 2003 ) berkenaan dengan hal – hal berikut.
1. Acara olahraga
Nilai sponsor
yang diberikan dalam bidang olahraga ssangat besar. Sejarah membuktikan bahwa
kegiatan olahraga merupakan bidang yang sangat besar dalam menerima
sponsorship. Melalaui even olahraga, perusahaan memperoleh peluang untuk
menguji dan memodifikasi produk – produk mereka di pasar.
2. Acara kebudayaan
Mencangkup
acara seni dan pameran budaya saat ini, fenomena yang sedang terjadi adalah
semakin banyaknya perusahaan yang mensponsori pertunjukan musik.
3. Penerbitan dan publikasi
Penerbitan
peta, buku harian, pertunjukan, buku – buku atau dokumen laporan tahunan, dan
berbagai naskah lainya sering menjadi lahan sponsor.
4. Ekshibisi atau pameran
Acara – acara
pameran, baik yang selenggarakan instansi pemerintah maupun lembaga – lembaga
swasta sering mendapat sponsor, termasuk pers atau perusahaan penerbitan.
5. Pendidikan
Pemebrian
sponsor juga sering diujukan dalam bentuk beasiswa, tunjangan belajar, piagam
penghargaan akademis, dan berbagai aspek lainya yang berkaitan dengan
pendidikan.
6. Acara – acara amal
Dalam suatu
acara amal, nama lembaga ataupun nama – nama perseorangan termasuk perusahaan,
yang memberikan dana atau sponsor selalu disebutkan secara terbuka.
7. Acara penghargaan profesional
Pemberian
hadiah atau tanda penghargaan kepada pers profesional, mulai dari jurnalis
fotografer sampai dengan arsitek, dan lain – lain, ada pula perusahaan yang
bertindak sebagai sponsor tunggal dalam acara ini.
8. Acara -
acara lokal
Perusahaan –
perusahaan jug sering memberikan sponsor pada acara – acara lokal dalam membina
hubungan baik dengan daerah sekitar itu.
Berdasarkan
seluruh jenis sponsor tersebut, sponsorship yang paling cepat perkembangganny
adalah sponsorship dalam bidang olahraga dan kebudayaan. Saat ini, olahraga dan
kebudayaan tidak hanya terkait degan aktivitas penyaluran bakat, tatapi juga
pembentukan gaya hidup sehingga olahaga dan budaya menjadi suatu industri yang
mampu memberikan sampak dan keuntungan yang luar biasa besar.
Jenis
sponsorship secara umum terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu on site atau
field sponsorship dan televised broadcast sponsorship. Field sponsorship adalah
sponsor langsung dilapangan atau berada di billboard dengan menempatkan logo
pada produk olaharaga tersebut dalam suatu even tersebut. Adapun televised
broadcast sponsorship adalah sponsorship dengan mengasosiasikan nama mereka
dengan suatu tv program atau dengan promosi tv program tersebut.
Egan
( 2007 ) menyatakan bahwa jenis sponsorship dapat dibagi menjadi empat jenis
berikut.
1.
Art sponsorship
Art
sponsorship mengacu pada sponsorship hubugan antara organisasi dan afiliasi
artistik. Perusahaan akan mensponsori musisi, sniman, festival, pameran, atau
bahkan lembaga kebudayaan.
2.
Event sponsorship
Event
sponsorship merupakan kegiatan yang menyebabkan perusahaan mnsponsori sebuah
even. Even yang diselenggarakan bisa merupakan even baru atau even yang sudah
pernah ada. Perusahaan tertarik pada even sponsorship karena mudah diingat dan
dapat memotivasi konsumen.
3.
Cause – related sponsorship
Cause related
sponsorship merupakan sponsor yang dilakukan pada acara sosial yang dapat
mengembangkan sikap positif erhadap organisasi / perusahaan dalam mendukung
tujuan yang baik.
4.
Sport sponsorship
Sport
sponsorship merupakan kegiatan sponsorship, yaitu perusahaan organisasi
mensponsori acara olahraga. Perusahaan menggunakan sponsorship jenis ini
memilii niat untuk menegosiasikan produknya dengan atrbut acara olahraga.
Meskipun biaya sponsorship olahraga cukup tinggi, jenis sponsorship ini
memiliki daya jangau dan liputan media yang luas dan masif.
0 komentar:
Posting Komentar