Rabu, 26 September 2018

Sejarah Pasar

A. Sejarah Pasar Pengertian pasar menurut dalam arti sempit pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. Definisi pasar secara luas menurut W.J. Stanton adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serata kemauan untuk membelanjakannya. Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga...

Perilaku Pembeli

Perilaku Pembeli              Orang mengenal tiga cara pendekatan pokok terhadap pengembangan teori tentang perilaku pembeli, yaitu cara pendekatan eksperimental, klinikal, dan gestalt. 1.       Eksperimental Psikologi eksperimental telah memutuskan perhatian pada eksistensi fsiologikal atau kebutuhan – kebutuhan tubuh sebagai kekuatan – kekuatan motivasional eksperimen – eksperimen dilakukan terhadap manusia dan hewan. 2.       Klinikal...

Alasan Pembelian

Alasan Pembelian              Alasan mengapa orang membeli sangat beraneka ragam coraknya dan hanya sebagian kecil yang bersifat tetap. Dibawah ini beberapa alasan pembelian. a.       Manfaat Dalam segala kegiatannya manusia selalu berusaha memperoleh manfaat, keuntungan, dan kebahagiaan. Dari setiap pembelian manfaatlah yang di harapkan. Oleh sebab itu, penjualan harus memberikan penjelasan tentang ciri – ciri khusus akan barang tersebut karena penjelasan...

Hukum Pembelian

Hukum Pembelian              Untuk menjadi penjual yang sukses, kita harus mempelajari sebab – sebab terjadinya pembelian. Mengapa barang kita dapat terjual ? mengapa pembeli itu mau membeli ? proses apakah yang terjadi dalam pemikirannya ? semua itu tak lain di sebabkan oleh cara – cara kita melaksanakan penjualan barang – barang itu. Hal tersebut di atur dalam “ hukum pembelian “ yang susunannya seperti di bawah ini. 1.       Melihat Dan Mendengar...

Minggu, 16 September 2018

Proses Penyusunan Rencana Penjualan

Proses Penyusunan Rencana Penjualan Langkah – langkah yang harus diambil sebelum menyusun rencana penjualan sebagai berikut. 1.       Melakukan observasi Observasi berarti memperhatikan sesuatu di sekitar kita secara sungguh – sungguh dengan mata, pikiran, dan perasaan. Dari observasi tersebut pengusaha dapat mengetahui. 1.       Kemauan langganan – langgananya. 2.       Membadingkan mutu barang. 3.       Bagaimana...

Unsur – Unsur Yang Harus Di Perhatikan Dalam Penyusunan Rencana Penjualan

Unsur – Unsur Yang Harus Di Perhatikan Dalam Penyusunan Rencana Penjualan Perencanaan merupakan fungsi terpenting diantara semua fungsi – fungsi manajemen yang ada. Ibarat suatu perjalanan dengan menggunakan kapal, perencanaan ini merupakan pedoman yang harus di pakai untuk mengarahkan tujuan kemana kapal tersebut akan di bawa berlayar. Setelah di uraikan bawha perencanaan di tetapkan sekarang dan dilaksanakan sertadi gunakan untuk waktu yang akan datang. Oleh sebab itu, unsur – unsur yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana penjualan...

Kegunaan Perencanaan

Kegunaan Perencanaan              Di bandingkan dengan fungsi – fungsi yang lain, perencanaan adalah sangat penting, sebab merupakan fungsi dasar bagi fungsi – fungsi tersebut. Adapun kegunaan dari perencanaan penjualan sebagai berikut. 1.       Menekan Biaya Dengan adanya perencanaan penjualan menunjukkan adanya penghematan biaya – baiaya. Sebab semua kegiatan dapat dialkukan secara efisien dan efektif. 2.       Membantu...

Ruang Lingkup Rencana Penjualan

Ruang Lingkup Rencana Penjualan 1.       Sasaran Penjualan Seperti sasaran yang lainnya, sasaran penjualan harus dapat di ukur dengan cara tertentu. Oleh karena itu, anda dapat menetapkan harinya, misalnya sasaran penjualan untuk meningkatkan penjualan sebesar 10 %, cara melakukannya sebagai berikut. a.       Memakai keseluruhan sasaran perusahaan yang ingin anda capai periode berikutnya. b.      Menentukan berapa anda harus mengeluarkan biaya untuk itu,...

Membuat Rencana Penjualan

Membuat Rencana Penjualan Langkah – langkah dalam menyusun suatu rencana penjualan sebagai berikut. 1.       Menetapkan Tujuan Sebagai langkah pertama yang harus diaktifkan dalam menyusun perencanaan adalah menetapkan tujuan terlebih dahulu. Yaitu di buat tujuan secara umum. Kemudian baru di pecah – pecah menjadi beberapa tujuan menurut masing – masing bagian. Tujuan menggambarkan tentang apa yang diharapkan dapat di capai dan merupakan titik akhir tentang apa yang harus di kerjakan. Selain itu, tujuan menggambarkan pula...

Perencanaan Penjualan

Perencanaan Penjualan Pengertian Perencanaan Penjualan           Sebelum kita menjual barang – barang terlebih dahulu kita harus membuat rencana supaya dapat membawa hasil bagi pekerjaan yang akan kita lakukan itu. Umumnya orang bekerja tidak memahami rencana pekerjaan hanya menjual barang-barang menurut nasib. Mereka tidak mengerti mengapa barang – barang laku dan mengapa barang – barangnya itu kurang laku. Itulah sebabnya, mengapa orang perlu mempunyai pengertian tentang penjulan.             ...

Perbedaan Sistem Penjualan Sederhana Dan Modern

Perbedaan Sistem Penjualan Sederhana Dan Modern Perbedaan antara sistem penjualan sederhana dan modern, sebagai berikut. 1.       Sistem Penjualan Sederhana ialaha penjualan yang dilakuakan secara sederhana, dalam arti pada proses penjualan berjalan dalam kegiatan yang murni tanpa adanya usaha mempengaruhi terhadap calon pembeli. Misalnya, barang langsung di jual kepasar tapa mengadakan analisis pasar terlebih dahulu atau tanpa mengetahui apakah barang tersebut di butuhkan pasar atau tidak. Biasanaya, penjualan...

Sistem Penjualan Yang Berorientasi Pada Perusahaan

Sistem Penjualan Yang Berorientasi Pada Perusahaan Antara pengusaha yang satu dengan yang stu dengan yang lainnya sering terdapat perbedaan dalam sistem atau cara penjualannya. Adapaun sistem – sistem penjualan yang dapat dilakukan sebagai berikut. 1.       Ditinjau Dari Sudut Hubungan Antara Penjual Dan Pembeli a.       Penjualan langsung Penjualan langsung merupakan cara penjualan dimana penjual langsung berhubungan, behadapan, atau bertemu muka sengan calan pembeli atau langgananya. Di...

Sistem Penjualan

Sistem Penjualan Pengertian Sistem Penjualan Penjualan adalah suatu proses kegiatan pengadaan barang dan jasa berdasarkan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak yang terkait dalam kegiatan itu. Orang yang menyediakan barang atau jasa tersebut di sebut penjual. Setelah penyerahan barang itu, maka penjual akan menerima sejumlah uang sesuai harga dari pembelian barang tersebut. Sebenarnya suatu penjualan sangat berkaitan erat dengan pengetahuan ilmu menjual. Yaitu kegitan dengan cara mempengaruhi orang orang agar mau membeli ...