Selasa, 16 Oktober 2018

Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Tindakan

Action adalah tindakan yang paling mendasar bagi customer yang baik. Action juga harus jelas terhadap pelanggan, dalam praktiknya tindakan harus benar – benar terjadi dalam tindakan. Ada emapat dasar tahapan untuk mencapai action tindakan yang efektif, antara lain sebagai berikut. 1.       Memahami apa yang diperlukan. Catatan tertulis yang ada atau orang merefrensikannya. Cek bahwa fakta – fakta yang ada sudah lengkap dan benar, serta tanyakan jika ada yang tidak yakin mengenai sesuatunya. 2.       Menentukan...

Pelayanan Prima Berdasarkan Konsep Perhatian

1.       Pelayanan Pelanggan Dengan Mendengar Dan Memahami Pertama – tama kita pertimbangkan mengenai listening. Hal ini tidak hanya sekedar mendengar dengan mengambil sedikit usaha, listening yng efektif berarti berkonsentrasi pada pelanggan pada apa yang yang dikatakannya. Tapi dalam praktiknya banyak kendala – kendala dalam menjalankan listening yang efektif. Listening yang efektif adalah mencoba memahami pandangan orang lain. Jika kita tidak menunjukkan ekspresi opini kita sendiri, lalu perhatian kita tidak...

Pelayanan Prima

Pelayanan Prima ·         Hakikat Pelayana Prima Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, tetapi selalu berhubungan dan membutuhkan orang lin. Dimana saja, baik itu di rumah, atu di tempat kerja. Kita di tuntut untuk bersosialisasi, berhubungan dengan orang lain, dan saling melayani, atau dilayani orang lain. Demikian pula hubungan atara pembeli dengan penjual adalah sama seperti hubungan antara sesama manusia dalam kehisupan sehari – hari. Hakikat pelayanan prima...

Minggu, 30 September 2018

Tahap-Tahap Perkembangan Atau Evolusi Manajemen Pemasaran

Tahap-Tahap Perkembangan Atau Evolusi Manajemen Pemasaran Adapun tahap-tahap perkembangan atau evolusi manajemen pemasaran adalah sebagai berikut : a. Tahap Orientasi Produksi Pada tahap awal ini, sebuah perusahaan biasanya berorientasi ke bidang produksi. Perencanaan perusahaan dibuat oleh eksekutif produksi dan departemen tehnik.  Peran dari bidang atau departemen penjualan hanyalah sekadar menjual produk yang dihasilkan oleh bagian produksi dan keuangan. Tahap ini sering disebut sebagai tahap “perangkap tikus” yang lebih baik....

Lingkungan Ekonomi

Lingkungan Ekonomi Kondisi ekonomi menentukan pola pengeluaran konsumen, dunia usaha, dan pemerintah. Jadi kondisi ekonomi mempengaruhi setiap rencana pelaku pemasaran dalam penawaran produk, penetapan harga, dan strategi promosi. Di antara variable ekonomi yang lebih signifikan, tenagatenaga pemasaran sangat memperhatikan inflasi, tingkat suku bunga, dan resesi. Dengan demikian, mereka harus memonitor siklus bisnis secara umum, yang biasanya memperlihatkan pola perubahan dari periode kemakmuran menuju resesi sampai ke pemulihan ekonomi (kembali...

Lingkungan Demografis

Lingkungan Demografis Lingkungan yang paling berpengaruh dalam lingkungan pemasaran makro adalah lingkungan demografi karena penduduk yang membentuk pasar. Pertumbuhan penduduk dari waktu ke waktu yang terus meningkat dapat merupakan suatu peluang, sekaligus menjadi ancaman bagi perusahaan karena pertumbuhan penduduk yang terus meningkat akan berdampak juga pada meningkatnya permintaan kebutuhan barang-barang di pasar.  Lingkungan demografi memperlihatkan pertumbuhan penduduk dunia yang tinggi, perusahaan distribusi, umur, etnis, dan...

Lingkungan Pemasaran Makro

Lingkungan Pemasaran Makro Berbeda dengan lingkungan pemasaran mikro, lingkungan pemasaran makro perusahaan adalah  kekuatan masyarakat yg lebih luas yg mempengaruhi seluruh lingkungan pemasaran mikro perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran. Untuk mengetahui adanya peluang dan kemungkinan ancaman. Lingkungan ini terdiri semua pihak dan kekuatan yang mempengaruhi operasi dan prestasi perusahaan. Perusahaan perlu untuk memahami kecenderungan dan megatrend yang menandai lingkungan saat ini. Lingkungan makro perusahaan...

Lingkungan Pemasaran Mikro

Lingkungan Pemasaran Mikro Tugas manajemen pemasaran adalah menarik dan membangun hubungan dengan pelanggan serta menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan. Akan tetapi manajer pemasaran tidak dapat melaksanakan tugasnya sendirian. Sukses mereka tergantung juga pada pelakupelaku lain dalam lingkungan pemasaran baik lingkungan makro maupun lingkungan mikro.   Lingkungan mikro (microenvironment) adalah para pelaku dan kekuatan yang paling dekat dengan perusahaan yang langsung mempengaruhi pelayanan perusahaan terhadap pelanggan,...

Definisi Lingkungan Pemasaran

Definisi Lingkungan Pemasaran Lingkungan pemasaran merupakan komponen kekuatan di luar aspek pemasaran yang dapat mempengaruhi kemampuan manajemen dalam membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan yang terdiri dari lingkungan eksternal (makro) dan lingkungan internal (mikro) (Amstrong,2006:60).  Secara khusus  dirumuskan bahwa lingkungan pemasaran suatu perusahaan terdiri dari para pelaku (actor) dan kekuatan-kekuatan yang berasal dari luar fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran...

Pentingnya Lingkungan Pemasaran

Pentingnya Lingkungan Pemasaran Masyarakat luas banyak mengenal  pengertian pemasaran hanya sebatas pada pemahaman periklanan dan penjualan. Padahal hal tersebut hanya merupakan bagian dari pada elemen pemasaran. Pemasaran tidak hanya sebatas periklanan dan penjualan saja. Terdapat banyak hal yang berada di luar fungsi manajemen pemasaran yang dapat mempengaruhi kesuksesan pemasaran, antara lain : 1. Melakukan analisa kebutuhan dan keinginan konsumen 2. Melakukan perkiraan tentang bentuk produk yang diinginkan oleh konsumen dan...

Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran Istilah strategi pemasaran banyak digunakan orang terutama dalam bidang bisnis, yaitu dalam hal membicarakan prosedur dan strategi. Istilah strategi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang artinya kepemimpinan. “Startegi pemasaran adalah keseluruhan tindakan-tindakan yang disiapkan oleh sebuah organisasi untuk mencapai sasaran-sasarannya”. (Philip Kotler, 1992:2).   Sedangkan dalam konteks pemasaran, arti kata strategi dihubungkan dengan segala aktivitas pemasaran dan sasaran-sasaran pemasaran. Seperti halnya...

Syarat Organisasi Pemasaran Yang Baik

Syarat Organisasi Pemasaran Yang Baik Ada beberapa persyaratan yang harus ada agar diperoleh organisasi pemasaran yang baik. Persyaratan tersebut antara lain adalah: 1)      Jangkauan pengendalian (span of control), yaitu kemampuan seorang atasan mengendalikan bawahannya. Span of control ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan atasan dan bawahan, tingkat atau level dari manajemen tersebut, ruang lingkup dan jenis pekerjaan, rutin tidaknya pekerjaan yang ada serta pengalaman dari atasan dan bawahan. 2)      Koordinasi,...

Organisasi Pemasaran

Organisasi Pemasaran Menurut Stephen P. Robbins (1993), organisasi adalah unit sosial yang terdiri dari dua orang atau lebih yang dikoordinasikan untuk mencapai sejumlah tujuan. Menurut James D. Money (1977), organisasi merupakan setiap kerja sama manusia untuk mencapai tujuan bersama.  Sedangkan menurut Dwight Waldo (1953), organisasi adalah struktur antar hubungan pribadi yang berdasarkan atas wewenang format dan kebiasaankebiasaan di dalam suatu sistem administrasi.  Untuk mengetahui apa itu organisasi pemasaran, kita perlu...

Patokan Utama Dalam Mengelola Usaha

Patokan Utama Dalam Mengelola Usaha Beberapa hal yang menjadi patokan utama dalam mengelola usaha diantaranya adalah sebagai berikut : 1. Pengelolaan produksi Pengelolaan produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Pengelolaan di bidang produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen. 2. Pengelolaan pemasaran Pengelolaan di...