Selasa, 16 Oktober 2018

Pelayanan Prima


Pelayanan Prima

·         Hakikat Pelayana Prima
Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, tetapi selalu berhubungan dan membutuhkan orang lin. Dimana saja, baik itu di rumah, atu di tempat kerja. Kita di tuntut untuk bersosialisasi, berhubungan dengan orang lain, dan saling melayani, atau dilayani orang lain. Demikian pula hubungan atara pembeli dengan penjual adalah sama seperti hubungan antara sesama manusia dalam kehisupan sehari – hari.
Hakikat pelayanan prima itu sendiri adalah kemampuan maksimum sesorang malalui sentuhan kemanusiaannya dalam melayani atau berhubungan dengan orang lain. Jadi, persoalannya adalah bagaimana dapat menyenagkan, memebrikan pelayanan, dan sesuai dengan harapan – harapanya.
Pelayanan prima adalah upaya kearah seperti tersebut di atas, dengan mensosialisasikan pelayanan yang harus di terapkan, mulai dari puncak pimpinan sampai jajaran karyawan terendah.

·         Pengertian Pelayanan Prima
Pelayanan prima secara harfiah berarti pelayanan yang sangat baik, atau pelayanan yang terbaik. Pelayanan prima adalah faktor kunci dalam keberhasilan perusahaan. Jika bisnis tumbuh dan berkembang dan mampu bertahan dalam persaingan dagang, maka keuntungan dan pendapatan juga harus meningkat. Dalam pelaksanaannya, kita perlu meningkatkan jumlah pelanggan yang kita miliki. Dengan demikian kita telah memelihara dan mempertahankan pelanggan kita seperti halnya mendapatakan pelanggan yang baru. Sehingga dalam hal memengkan bisnis baru, kita juga perlu mempertahankan loyalitas konsumen yang ada. Pelayanan prima berarti memelihara dan mempertahankan pelanggan kita dan menambah pelanggan baru. Banyak aspek yang dapat memberikan kepuasan pelanggan dan bukan hanya sekedar memberikan yang terbaik. Dalam era pasar bebas saat ini banyak di tawarkan barang – barang yang bermutu saja, tetapi hubungan yang berlanjut dan berekesinambungan antara penjual dan pelanggan belum di perhatikan dengan baik.
Pelayanan prima yang baik dibutuhkan semua anggota perusahaan, tanpa terkecuali. Apakah mereka berhubungan langsung dengan pelanggan atau tidak, melaksanakan tugas dengan bekerja sama dengan orang lain. Dibutuhkan rasa percaya diri untuk menyesuaikan dan mempertimbangkan kepercayaan dan rahasia pelanggan pada kita. Pelayanan prima bukan hanya sekedar memberikan suatu layanan, namun memerlukan sedikit pelayanan ekstra yang sesuai dengan harapan pelanggan yang mengharapkan pelayanan yang terbaik. Hal ini memungkinkan karyawan yang bekerja di perusahaan dapat melakukan pilihan, lengkah sikap dalam berhubungan dengan pelanggan yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar