Pelayanan Prima
·
Hakikat Pelayana
Prima
Pada
hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, tetapi
selalu berhubungan dan membutuhkan orang lin. Dimana saja, baik itu di rumah,
atu di tempat kerja. Kita di tuntut untuk bersosialisasi, berhubungan dengan
orang lain, dan saling melayani, atau dilayani orang lain. Demikian pula
hubungan atara pembeli dengan penjual adalah sama seperti hubungan antara
sesama manusia dalam kehisupan sehari – hari.
Hakikat
pelayanan prima itu sendiri adalah kemampuan maksimum sesorang malalui sentuhan
kemanusiaannya dalam melayani atau berhubungan dengan orang lain. Jadi,
persoalannya adalah bagaimana dapat menyenagkan, memebrikan pelayanan, dan
sesuai dengan harapan – harapanya.
Pelayanan
prima adalah upaya kearah seperti tersebut di atas, dengan mensosialisasikan
pelayanan yang harus di terapkan, mulai dari puncak pimpinan sampai jajaran
karyawan terendah.
·
Pengertian
Pelayanan Prima
Pelayanan
prima secara harfiah berarti pelayanan yang sangat baik, atau pelayanan yang
terbaik. Pelayanan prima adalah faktor kunci dalam keberhasilan perusahaan.
Jika bisnis tumbuh dan berkembang dan mampu bertahan dalam persaingan dagang,
maka keuntungan dan pendapatan juga harus meningkat. Dalam pelaksanaannya, kita
perlu meningkatkan jumlah pelanggan yang kita miliki. Dengan demikian kita
telah memelihara dan mempertahankan pelanggan kita seperti halnya mendapatakan
pelanggan yang baru. Sehingga dalam hal memengkan bisnis baru, kita juga perlu
mempertahankan loyalitas konsumen yang ada. Pelayanan prima berarti memelihara
dan mempertahankan pelanggan kita dan menambah pelanggan baru. Banyak aspek
yang dapat memberikan kepuasan pelanggan dan bukan hanya sekedar memberikan
yang terbaik. Dalam era pasar bebas saat ini banyak di tawarkan barang – barang
yang bermutu saja, tetapi hubungan yang berlanjut dan berekesinambungan antara
penjual dan pelanggan belum di perhatikan dengan baik.
Pelayanan
prima yang baik dibutuhkan semua anggota perusahaan, tanpa terkecuali. Apakah
mereka berhubungan langsung dengan pelanggan atau tidak, melaksanakan tugas
dengan bekerja sama dengan orang lain. Dibutuhkan rasa percaya diri untuk
menyesuaikan dan mempertimbangkan kepercayaan dan rahasia pelanggan pada kita.
Pelayanan prima bukan hanya sekedar memberikan suatu layanan, namun memerlukan
sedikit pelayanan ekstra yang sesuai dengan harapan pelanggan yang mengharapkan
pelayanan yang terbaik. Hal ini memungkinkan karyawan yang bekerja di
perusahaan dapat melakukan pilihan, lengkah sikap dalam berhubungan dengan
pelanggan yang tepat.
0 komentar:
Posting Komentar