·
Pengertian Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah merupakan
suatu strategi pemasaran yang menekankan bagaimana cara menjual produk
seefektif mungkin, berdasarkan data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik
melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi melalui konsumen, agar
proses penjulan pemasaran berjalan lancar. Bauran pemasaran terdiri atas
himpunan variable yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan unuk
mempengaruhi tanggapan konsumen dalam target pasarnya.
Menurut pendapat D. W. Foster,
bauran pemasaran adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur
pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan perusahaan
seperti laba, penghasilan modal yang ditanam, omzet penjualan, dan bagian dari
pasar yang ingin direbut.
Kegiatan dalam pemasaran
menyangkut empat jenis tindakan, yaitu tindakan mengenai produk, harga, lokasi,
distribusi, dan promosi yang perlu dipikirkan strategi – strateginya masing –
masing .
Strategi – strategi ini dikenal dengan istilah bauran pemasaran /
marketing mix atau strategi 4 P.
1.
Strategi Produk ( Product )
Strategi produk merupakan
strategi yang pertama kali dilaksanakan oleh perusahaan berkaitan dengan
penyediaan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Menurut Philip Kotler,
produk adalah sesuatu yang dapat di tawarkan kepasar untuk mendapatkan
perhatian untuk di beli, digunakan untuk dikonsumsi yang dapat memenuhi
keinginan dan kebutuhan.
Menurut wujudnya produk dapat di
golongkan menjadi dua jenis, yaitu produk yang berwuju dan produk yang tidak
berwujud. Produk yang berwujuddi sebut barang karena fisik bisa dilihat atau
dapat di raba wujudnya. Produk yang tidak berwujud di sebut jasa. Jasa adalah
setiap layanan yang berbentuk pekerjaan atau prestasi yang diperjual belikan,
yang ditawarkan perusahaan untuk dimanfaatkan oleh konsumen. Jasa dikatakan
produk tidak berwujud karena secara fisik jasa tidak dapat dilihat atau diraba
konsumen hanya dapat merasakan dan manfaat pemakaian jasa.
2.
Strategi Harga ( Price )
Harga dapat di definisikan
sebagai sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari
barang serta pelayanannya atau dengan kata lain harga adalah sejumlah nilai
pengganti dalam pertukaran barang dan jasa. Penentuan harga sangat penting
untuk diperhatikan, karena harga merupakan salahsatu faktor penyebab laku
tidaknya suatu produk yang ditawaarkan.
3.
Strategi Lokasi ( Place )
Keberhasilan program pemasaran
juga ditentukan oleh ketepatan penentuan lokasi dan distribusi baik untuk
kantor cabang, kantor pusat, pabrik, ataupun gudang. Penentuan lokasi dan
distribusi beserta sarana dan prasarana pendukung juga sangat penting. Sarana
dan prasarana harus memberikan rasa nyaman dan aman kepada seluruh konsumennya.
4.
Strategi Promosi ( Promotion )
Agar konsumen tahu bahwa
perusahaan menawarkan produk dengan keinginan dan kebutuhan mereka, maka
melakukan kegiatan promosi merupakan suatu keharusan. Promosi adalah suatu
usaha dari pemasar ( produsen ) dalam
menginformasikan dan mempengaruhi konsumen atau pihak lain sehingga tertarik
untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang
dipasarkan. Tujuan dari promosi adalah menginformasikan segala jenis produk
yang di tawarkan, berusaha menerik caon konsumen yang baru, serta
mempertahankan konsumen lama. Perusahaan dapat mengkombinasikan berbagai saran
promosi atau bauran promosi (promotion mix)
0 komentar:
Posting Komentar