Selasa, 26 September 2017

PRINSIP – PRINSIP BAURAN PEMASARAN


·         Pengertian Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah merupakan suatu strategi pemasaran yang menekankan bagaimana cara menjual produk seefektif mungkin, berdasarkan data yang diperoleh dan dikumpulkan, baik melalui proses komputerisasi maupun data yang dikoleksi melalui konsumen, agar proses penjulan pemasaran berjalan lancar. Bauran pemasaran terdiri atas himpunan variable yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan unuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam target pasarnya.

Menurut pendapat D. W. Foster, bauran pemasaran adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan perusahaan seperti laba, penghasilan modal yang ditanam, omzet penjualan, dan bagian dari pasar yang ingin direbut.

Kegiatan dalam pemasaran menyangkut empat jenis tindakan, yaitu tindakan mengenai produk, harga, lokasi, distribusi, dan promosi yang perlu dipikirkan strategi – strateginya masing – masing . 
Strategi – strategi ini dikenal dengan istilah bauran pemasaran / marketing mix atau strategi 4 P.

  1.       Strategi Produk ( Product )

Strategi produk merupakan strategi yang pertama kali dilaksanakan oleh perusahaan berkaitan dengan penyediaan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Menurut Philip Kotler, produk adalah sesuatu yang dapat di tawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian untuk di beli, digunakan untuk dikonsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.
Menurut wujudnya produk dapat di golongkan menjadi dua jenis, yaitu produk yang berwuju dan produk yang tidak berwujud. Produk yang berwujuddi sebut barang karena fisik bisa dilihat atau dapat di raba wujudnya. Produk yang tidak berwujud di sebut jasa. Jasa adalah setiap layanan yang berbentuk pekerjaan atau prestasi yang diperjual belikan, yang ditawarkan perusahaan untuk dimanfaatkan oleh konsumen. Jasa dikatakan produk tidak berwujud karena secara fisik jasa tidak dapat dilihat atau diraba konsumen hanya dapat merasakan dan manfaat pemakaian jasa.

  2.       Strategi Harga ( Price )

Harga dapat di definisikan sebagai sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang serta pelayanannya atau dengan kata lain harga adalah sejumlah nilai pengganti dalam pertukaran barang dan jasa. Penentuan harga sangat penting untuk diperhatikan, karena harga merupakan salahsatu faktor penyebab laku tidaknya suatu produk yang ditawaarkan.

  3.       Strategi Lokasi ( Place )

Keberhasilan program pemasaran juga ditentukan oleh ketepatan penentuan lokasi dan distribusi baik untuk kantor cabang, kantor pusat, pabrik, ataupun gudang. Penentuan lokasi dan distribusi beserta sarana dan prasarana pendukung juga sangat penting. Sarana dan prasarana harus memberikan rasa nyaman dan aman kepada seluruh konsumennya.

  4.       Strategi Promosi ( Promotion )


Agar konsumen tahu bahwa perusahaan menawarkan produk dengan keinginan dan kebutuhan mereka, maka melakukan kegiatan promosi merupakan suatu keharusan. Promosi adalah suatu usaha  dari pemasar ( produsen ) dalam menginformasikan dan mempengaruhi konsumen atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkan. Tujuan dari promosi adalah menginformasikan segala jenis produk yang di tawarkan, berusaha menerik caon konsumen yang baru, serta mempertahankan konsumen lama. Perusahaan dapat mengkombinasikan berbagai saran promosi atau bauran promosi (promotion mix) 

0 komentar:

Posting Komentar