Minggu, 03 September 2017

MANAJER

       Manajer adalah seseorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain, sehingga sasaran – sasaran organisasi dapat di capai. Pekerjaan seorang menajer bukanlah menyelesaikan tugas – tugasnya pribadi. Pekerjaan manajer adalah berupaya membantu orang lain menyelesaikan tugas – tugas mereka dengan baik. Wujudnya dapat berupa koordinasi atas pekerjaan suatu kelompok dari departement tertentu di dalam perusahaan, dapat pula berupa mengawasi pekerjaan individu tertentu.  Tindakan manajerial dapat melibatkan aktivitas sekelompok orang orang dari brbagai departement dalam perusahaan atau bahkan orang – orang dari luar organisasi. Manajer boleh jadi juga memiliki tugas-tugas yang tidak berkaitan dengan pengelolaan dan pengawasan pekerjaan orang lain.
                Para menejer biasanya di kelompokkan kelas manajemen yaitu :
  • 1.       Manajer lini pertama ( first line manager ) adalah para menajer di jenjang terbawah manajemen yang mengelola pekerjaan para karyawan non-manajerial dan biasanya terlibat secara langsung atau tak langsung di dalam aktifitas memproduksi barang – barang atau jasa untuk para pelanggan oranisasi.
  • 2.       Manajer tingkat menengah ( middle manager ) adalah para manajer yang menduduki posisi antara jenjang terbawah dan jenjang teratas organisasi yang mengelola pekerjaan para manajer lini pertama.
  • 3.       Manajer puncak ( top manager ) adalah para manajer yang berada di dekat atau pada jenjang tertinggi di dalam struktur organisasi, yang bertanggung jawab atas pengembalian – pengambilan keputusan yang mempengaruhi seluruh organisasi dan menetapkan sasaran – sasaran dan rencana kerja bagi organisasi.


0 komentar:

Posting Komentar