Senin, 04 September 2017

FUNGSI – FUNGSI MANAJEMEN

Menurut pendekatan dari sudut pandang fungsi, seorang manajer manjalankan fungsi – fungsi atau aktifitas – aktifitas tertentu dalam rangka mengelola pekerjaan orang lain secara efisen dan efektif. Menurut Henry Fayol mengatakan bahwa setiap manajer menjalankan lima buah fungsi yaitu:
  • Perencanaan ( Planning )

Mendefinisikan sasaran – sasaran, menetapkan strategi dan mengembangkan rencana kerja untuk mengelola aktivitas – aktivitas.
  • Penataan ( Organizing )

Menentukan apa yang harus di selesaikan bagaimana caranya, dan siapa yang akan mengerjakannya.
  • Kepemimpinan ( Leading )

Memotivasi, memimpin dan tindakan – tindakan lainnya yang melibatkan interaksi dengan orang lain.
  • Pengendalian ( Controlling )


Mengawasi aktivitas – aktivitas demi memastikan segala sesuatunya terselesaikan sesuai dengan rencana.



PERAN – PERAN MANAJEMEN
                Henry Mintzberg  telah meneliti pekerjaan aktual para manajer, ia samapai pada kesimpulan bahwa manajer dapat di jabarkan secara paliang baik dengan bertolak dari peran – peran yang mereka maikan dalam bekerja. Peran – peran manajemen merujuk pada tindakan – tindakan dan perilaku – perilaku yang di harapkan dari seorang manajer. Mintzberg menggagas 10 peran dasar manajemen yang di kelompokkan dalam 3 divisi : peran jembatan antar pribadi ( interpersonal role ), peran penyambung informasi ( information transfer role), dan peran pengambil keputusan ( decision making role )
                 Kelompok peran jembatan antar pribadi meliputi peranan – peranan yang melibatkan hubungan dengan orang lain ( para bawahan dengan orang – orang di luar organisasi ) dengan aktivitas – aktivitas lainnya yang bersifat seremonial dan simbolis. Tiga peran yang tergabung dalam kelompok ini adalah penentuan ( figurehead )
Peran – Peran Manajeman Mintzburg
Peran Jembatan Anatar-Pribadi  ( Interpersonal Roles )
·         Panutan ( Figurehead )
·         Pimpinan ( Leader )
·         Penghubung ( Liaison )
Peran Penyambung Informasi ( Informational Roles )
·         Pengawasan ( Monitor )
·         Penyebar Berita ( Disseminator )
·         Juru Bicara ( Spokesperson )
Peran Pengambil Keputusan ( Decision making role )
·         Pengusaha/ pelopor/ pendobrak ( Entrepreneur )
·         Pengentas kendala ( Disturbence hadier )
·         Pengalokasian sumber daya ( Resource allocator )
·         Perundingan ( Negotiation )

Kelompok Peran penyambung informasi melibatkan aktivitas – aktivitas pengumpulan, penerimaan, dan penyampaian informasi. Tiga peran yang berada dalam kelompok ini adalah pengawasan, penyebar berita, dan juru bicara. Treakhir adalah kelompok peran pengambil keputusan mencangkup hal – hal yang terkait dengan pengambil keputusan dan penentuan pilihan. Empat peran di dalam kelompok ini adalah pengusaha, pengentas kendala, pengalokasian sumber daya, dan perundingan.

 PERAN – PERAN MANAJEMEN
                Henry Mintzberg  telah meneliti pekerjaan aktual para manajer, ia samapai pada kesimpulan bahwa manajer dapat di jabarkan secara paliang baik dengan bertolak dari peran – peran yang mereka maikan dalam bekerja. Peran – peran manajemen merujuk pada tindakan – tindakan dan perilaku – perilaku yang di harapkan dari seorang manajer. Mintzberg menggagas 10 peran dasar manajemen yang di kelompokkan dalam 3 divisi : peran jembatan antar pribadi ( interpersonal role ), peran penyambung informasi ( information transfer role), dan peran pengambil keputusan ( decision making role )
                 Kelompok peran jembatan antar pribadi meliputi peranan – peranan yang melibatkan hubungan dengan orang lain ( para bawahan dengan orang – orang di luar organisasi ) dengan aktivitas – aktivitas lainnya yang bersifat seremonial dan simbolis. 
Tiga peran yang tergabung dalam kelompok ini adalah penentuan ( figurehead )

Peran – Peran Manajeman Mintzburg

Peran Jembatan Anatar-Pribadi  ( Interpersonal Roles )
  • ·         Panutan ( Figurehead )
  • ·         Pimpinan ( Leader )
  • ·         Penghubung ( Liaison )

Peran Penyambung Informasi ( Informational Roles )

  • ·         Pengawasan ( Monitor )
  • ·         Penyebar Berita ( Disseminator )
  • ·         Juru Bicara ( Spokesperson )

Peran Pengambil Keputusan ( Decision making role )

  • ·         Pengusaha/ pelopor/ pendobrak ( Entrepreneur )
  • ·         Pengentas kendala ( Disturbence hadier )
  • ·         Pengalokasian sumber daya ( Resource allocator )
  • ·         Perundingan ( Negotiation )


Kelompok Peran penyambung informasi melibatkan aktivitas – aktivitas pengumpulan, penerimaan, dan penyampaian informasi. Tiga peran yang berada dalam kelompok ini adalah pengawasan, penyebar berita, dan juru bicara. Treakhir adalah kelompok peran pengambil keputusan mencangkup hal – hal yang terkait dengan pengambil keputusan dan penentuan pilihan. Empat peran di dalam kelompok ini adalah pengusaha, pengentas kendala, pengalokasian sumber daya, dan perundingan.


0 komentar:

Posting Komentar