Menurut pendekatan dari sudut
pandang fungsi, seorang manajer manjalankan fungsi – fungsi atau aktifitas –
aktifitas tertentu dalam rangka mengelola pekerjaan orang lain secara efisen
dan efektif. Menurut Henry Fayol mengatakan bahwa setiap manajer menjalankan
lima buah fungsi yaitu:
- Perencanaan ( Planning )
Mendefinisikan sasaran – sasaran, menetapkan strategi dan
mengembangkan rencana kerja untuk mengelola aktivitas – aktivitas.
- Penataan ( Organizing )
Menentukan apa yang harus di selesaikan bagaimana caranya,
dan siapa yang akan mengerjakannya.
- Kepemimpinan ( Leading )
Memotivasi, memimpin dan tindakan – tindakan lainnya yang
melibatkan interaksi dengan orang lain.
- Pengendalian ( Controlling )
Mengawasi aktivitas – aktivitas demi memastikan segala
sesuatunya terselesaikan sesuai dengan rencana.
PERAN – PERAN
MANAJEMEN
Henry
Mintzberg telah meneliti pekerjaan
aktual para manajer, ia samapai pada kesimpulan bahwa manajer dapat di jabarkan
secara paliang baik dengan bertolak dari peran – peran yang mereka maikan dalam
bekerja. Peran – peran manajemen merujuk pada tindakan – tindakan dan perilaku
– perilaku yang di harapkan dari seorang manajer. Mintzberg menggagas 10 peran
dasar manajemen yang di kelompokkan dalam 3 divisi : peran jembatan antar
pribadi ( interpersonal role ), peran penyambung informasi ( information
transfer role), dan peran pengambil keputusan ( decision making role )
Kelompok peran jembatan antar pribadi meliputi
peranan – peranan yang melibatkan hubungan dengan orang lain ( para bawahan
dengan orang – orang di luar organisasi ) dengan aktivitas – aktivitas lainnya
yang bersifat seremonial dan simbolis. Tiga peran yang tergabung dalam kelompok
ini adalah penentuan ( figurehead )
Peran – Peran Manajeman Mintzburg
Peran Jembatan Anatar-Pribadi ( Interpersonal Roles )
·
Panutan ( Figurehead )
·
Pimpinan ( Leader )
·
Penghubung ( Liaison )
Peran Penyambung Informasi ( Informational Roles )
·
Pengawasan ( Monitor )
·
Penyebar Berita ( Disseminator )
·
Juru Bicara ( Spokesperson )
Peran Pengambil Keputusan ( Decision making role )
·
Pengusaha/ pelopor/ pendobrak ( Entrepreneur )
·
Pengentas kendala ( Disturbence hadier )
·
Pengalokasian sumber daya ( Resource allocator )
·
Perundingan ( Negotiation )
Kelompok Peran penyambung informasi melibatkan aktivitas –
aktivitas pengumpulan, penerimaan, dan penyampaian informasi. Tiga peran yang
berada dalam kelompok ini adalah pengawasan, penyebar berita, dan juru bicara.
Treakhir adalah kelompok peran pengambil keputusan mencangkup hal – hal yang
terkait dengan pengambil keputusan dan penentuan pilihan. Empat peran di dalam
kelompok ini adalah pengusaha, pengentas kendala, pengalokasian sumber daya,
dan perundingan.
Henry
Mintzberg telah meneliti pekerjaan
aktual para manajer, ia samapai pada kesimpulan bahwa manajer dapat di jabarkan
secara paliang baik dengan bertolak dari peran – peran yang mereka maikan dalam
bekerja. Peran – peran manajemen merujuk pada tindakan – tindakan dan perilaku
– perilaku yang di harapkan dari seorang manajer. Mintzberg menggagas 10 peran
dasar manajemen yang di kelompokkan dalam 3 divisi : peran jembatan antar
pribadi ( interpersonal role ), peran penyambung informasi ( information
transfer role), dan peran pengambil keputusan ( decision making role )
Kelompok peran jembatan antar pribadi meliputi
peranan – peranan yang melibatkan hubungan dengan orang lain ( para bawahan
dengan orang – orang di luar organisasi ) dengan aktivitas – aktivitas lainnya
yang bersifat seremonial dan simbolis.
Tiga peran yang tergabung dalam kelompok
ini adalah penentuan ( figurehead )
Peran – Peran Manajeman Mintzburg
Peran Jembatan Anatar-Pribadi ( Interpersonal Roles )
- · Panutan ( Figurehead )
- · Pimpinan ( Leader )
- · Penghubung ( Liaison )
Peran Penyambung Informasi ( Informational Roles )
- · Pengawasan ( Monitor )
- · Penyebar Berita ( Disseminator )
- · Juru Bicara ( Spokesperson )
Peran Pengambil Keputusan ( Decision making role )
- · Pengusaha/ pelopor/ pendobrak ( Entrepreneur )
- · Pengentas kendala ( Disturbence hadier )
- · Pengalokasian sumber daya ( Resource allocator )
- · Perundingan ( Negotiation )
Kelompok Peran penyambung informasi melibatkan aktivitas –
aktivitas pengumpulan, penerimaan, dan penyampaian informasi. Tiga peran yang
berada dalam kelompok ini adalah pengawasan, penyebar berita, dan juru bicara.
Treakhir adalah kelompok peran pengambil keputusan mencangkup hal – hal yang
terkait dengan pengambil keputusan dan penentuan pilihan. Empat peran di dalam
kelompok ini adalah pengusaha, pengentas kendala, pengalokasian sumber daya,
dan perundingan.
0 komentar:
Posting Komentar