Senin, 04 September 2017

Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah alat promosi yang merupakan perangsang bagi konsumen untuk segera melakukan pembelian. Promosi penjualan umumnya bersifat jangka pendek. Selain di tujukan untuk masyarakat umum bahwa promosi penjualan juga dapat di arahkan kepada karyawan perusahaan sendiri, pedagang besar, pengecer, dan lembaga – lembaga lain seperti sekolah dan rumah sakit.

Promosi penjulan berbeda dengan periklanan, dalam periklanan promosi di laksanakan menggunakan media tertentu yang di miliki dan di kendalikan oleh oragnisasi. Sdeangkan promosi penjualan mencoba untuk memasuki dan membujuk konsumen dengan alat serta metode yang di awasi perusahaan sendiri.

Dalam pelaksanaannya, promosi penjualan dapat di lakukan dengan berbagai macam cara, di antaranya adalah :
  • ·         Display / pameran.
  • ·         Shows and exhibition ( pertunjukan dan pameran )
  • ·         Demonstrasi ( peragaan )
  • ·         Kegiatan penjualan lain yang bukan pengulangan dan tifak bersifat rutin.

Promosi penjualan memiliki ciri –ciri sebgai berikut.

  • ·         Identitas seponsornya jelas.
  • ·         Biaya relatif tinggi.
  • ·         Mempunyai kemampuan persuasif yang kuat.
  • ·         Sasarannya dapat terbatas dan dapat di perluas.
  • ·         Strategi promosi penjualan yang tidak sesuai dengan harapan dan tuntutan masyarakat, justru dapat menimbulkan kesan negatif terhadap barang dan jasa yang di tawarkan.

Perbedaan antara promosi penjualan dengan periklanan, antara lain :

  • ·         Promosi penjualan, menekankan supaya konsumen mengenal barangnya dulu baru mereknya. Sedangkan periklanan, menekankan konsumen untuk mengenal mereknya lebih dulu baru mengenal barangnya.
  • ·         Promosi penjulan lebih banyak menggunakan tenaga manusia, sedangkan periklanan lebih sedikit.
  • ·         Daya jangkau romosi penjualan ebih sempit tapi dapat segera di ketahui konsumen yang merasa tertarik. Sedangkan daya jangkau periklanan lebih luas tdengan pasti konsumen api sukar di ketahui dengan pasti konsumen yang lebih tertarik.
  • ·         Media yang digunakan dalam promosi penjualan antara lain : etalase, pameran, demonstrasi, buku katalog, pembungkus, pakaian seragam, brosur, salesman ship, obral. Sedangkan media periklanan antara lain : surat kabar, televisi, radio, poster, papan reklame.

Tujuan promosi penjulan intern adalah untuk meningkatan dan mempertahankan moral karyawan, melatih karyawan untuk melayani konsumen, kerjasama, serta semangat bagi usaha promosinya. Promosi juga menambah dan melengkapi kegiatan bagian humas dengan memberika beberpa peralatan  dan materi untuk melaksanakan humas intern. Usaha – usaha promosi penjualan dapat di mulai dari rumah tangga, perusahaan, dengan segenap karyawan perusahaan, terutama staf penjualan, pramuniaga, dan tenaga lain yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Tujuan promosi penjulan perantara, teknik promosi penjulan semacam ini dapat meningkatkan penjulan yang lebih besar, prmosi penjualan perantara dapat di sebut juga promosi dagang. Usaha promosi penjulan dengan perantara, misalnya pedagang besar, pegecer, lembaga perkreditan, dan lembaga jasa, yang dapat digunakan untuk memperlancar atau untuk mengatasi perubahan 
- perubahan pesanan musiman, untuk mendorong pembelian lebih besar, untuk mendapatkannya dukungan yang luas atau memperoleh tempat serta ruang gerak yang lebih baik.

Tujuan promosi penjualan konsumen adalah untuk memberitahukan konsumen, perusahaan dapat menyediakan buku kecil, mengadakan demonstrasi, dan menawarakan jasa konsultasi. Sedangkan untuk mendorong konsumen perusahaan dapat memberikan contoh barang ataupun pemberian hadiah. 
Promosi penjualan konsumen sering di sebut promosi konsumen.
Promosi penjualan yang ditujukan kepada konsumen dapat di bedakan dalam dua kelompok :
  • ·         Kegiatan yang di tujukan untuk membidik atau memberitahukan konsumen. ( konsumen baru )
  • ·         Kegiatan yang ditujukan untuk mendorong konsumen. ( pelanggan )


Tujuan penjualan terdapat promosi penjualan yang di tujukan untuk bisnis ( promosi bisnis ). Promosi bisnis bertujuan untuk menciptakan dan membangun citra perusahaan ( kelembagaan ) dan produknya, misalnya memilih arena dagang, pertunjukan atau sponsor berbagai kegiatan.

0 komentar:

Posting Komentar