Minggu, 03 September 2017

PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN


Langkah – langkah dalam pembuatan keputusan :

1.  Mengidentifikasi Suatu Masalah
      Setiap keputusan di awali dengan masalah, yaitu perbedaan antara kondisi yang ada yang di inginkan.

2.       Mengidentifikasi Kriteria Keputusan
Setelah manajer mengidentifikasi masalah, seorang manajer harus mengidentifikasikan kriteria keputusan yang penting atau relavan untuk memecahkan masalah. Setip pembuatan keputusan mempunyai keputusan mempunyai kriteria memandu dalam keputusanya. Walapun mereka tidak di nyatakan dalam eksplisit.

3.       Mengalokasikan Bobot Pada Kriteria
Kriteria yang tidak relavan tidak sama arti pentingnya, pembuat keputusan harus memberi bobot pada masing – masing kriteria agar dapat memberikan prioritas yang tepat dalam membuat keputusan.

4.       Mengembangkan Alternatif
Dalam proses pembuatan keputusan mengharuskan pembuat keputusan menyusun daftar alternatif yang ada yang dapat memecahkan masalah , ini merupakan langkah dimana pembuatan keputusan harus kreatif.

5.       Menganalisa Alternatif
Setelah alternatif di identifikasikan, pembuat keputusan mengharuskan pembuat keputusan harus mengevaluasi setiap kemungkinan.

6.       Memilih Sebuah Alternatif
Dalam proses pembuatan keputusan adalah memilih alternatif terbaik atau yang menghasilkan total tertinggi .

7.       Mengimplementasikan Alternatif
Menerapkan keputusan ke dalam tindakan dengan memeberlakukan kepada mereka yang terpengaruh dan membuat mereka berkomitment kepadanya.

8.       Mengevaluasi Efektivitas Keputusan
Lagkah terakhir dalam proses pembuatan keputusan melibatkan evaluasi hasil keputusan untuk melihat apakah masalahnya telah terpecahkan. Jika masalahnya masih ada, manajer harus menilai apa yang salah.

0 komentar:

Posting Komentar