MIE SEDAAP
·
SEGMENTASI PASAR
Untuk
produk mie Sedaap kalau di lihat dari harganya lebih menargetkan penjualan
kepada masyarakat kalangan menegah kebawah, tatapi kalau di lihat dari
penjualanya mie sedap juga di konsumsi masyarakat kalangan menengah keatas.
Sedangkan
untuk wilayah penjualanya produk mie sedaap menargetkan untuk wilayah di
Indonesia, produk mie sedaap menargetkan untuk seluruh wilayahnya baik di
pegunungan ataupun pesisir. Dapat dilihat dari penyebaran produk mie sedaap
yang dapat di temukan di seluruh wilayah indonesia.
·
PAKET NILAI YANG DI TAWARKAN
1.
Dari harga produk
mie sedaap yang terjangkau.
2.
Memiliki banyak
varian rasa.
3.
Produk mie sedap
dapat di beli di semua toko baik supermarket sampai warung yang ada di desa.
4.
Kemasan yang
higenis.
5.
Praktis dalam
penyajian.
6.
Terdapat dua
varian kemasan yaitu biasa dan cup.
·
DAUR HIDUP PRODUK
Menurut
pendapat saya daur produk mie sedaap masih pada masa pertumbuhan karena kalau
dilihat dari penjualannya dan dari segi promosi dari produk mie sedaap. selalu
memunculkan varian rasa yang baru. Karena pada masa pertumbhan produk mulai di
terima dan pasar mulai menginginkan varian produk baru. Dapat di lihat dari
prosentase penjualan produk.
·
IDENTITAS PRODUK
Ø MEREK
Mie sedaap adalah
salah satu produk dari perusahaan wings. Perusahaan ini mengeluarkan produk mie
dangan nama mie sedaap pada tahun 2003. Dan merupakan salah satu produk WINGS
yang cukup sukses karena dapat bertahan bahkan dapat merebut pangsa pasar dari
produk pesaing.
Ø PENGEMASAN
Untuk pengemasan
produk akan disesuaikan dengan produk yang akan di kemas. Kemasaan harus dapat
menjaga isi dari kemasan itu agar tetap dalam kondisi baik. Kemasan juga dapat
di gunakan untuk mempromosikan produk. Kemasan di sesuaikan dengan nilai
ekonomis dari produk tersebut.
Ø PELABELAN
Untuk
pelabelan produk mie sedaap dalam pelabelnya terdapat berbagai keterangan –
keterangan yaitu berupa gambar dan tulisan menyangkut cara penyajian produk mie
sedaap itu sendiri.
·
STRATEGI HARGA
Strategi
harga yang di gunakan oleh mie sedaap adalah dengan menetapkan harga yang relatif murah untuk menarik minat
konsumen yang di tuju. Dengan setrategi harga yang di tetapkan di harapkan
dapat meningkatkan penjulan produk mie sedaap.
·
PROMOSI YANG DILAKUKAN
Promosi
yang dilakukan perusahan dalam meperkenalkan produk mie sedaap adalah dengan
cara melakukan promosi di media cetak, radio, televisi,dan juga dengan cara
mempromsikan dengan mengunakan cara testimony yatu cara yang dilakukan dengan memperbolehkan
konsumen mencicipi produk mie sedaap.
·
DISTRIBUSI
Untuk
distribusi produk mie sedaap perusahaan mengunakan pihak ketiga yaitu
menyerahkan pendistribusian produk mie sedaap utuk di edarkan keseluruh wilayah
indonesia, untuk menycapai wilayah – wilayah tertentu, perusahaan mengunakan
juga jasa distributor untuk dapat mencapai ke desa – desa.
·
APAKAH
BAURAN PEMASARAN YANG DILAKUKAN SUDAH
TEPAT
Menurut
pendapat saya bauran pemasaran yang di lakukan oleh perusahaan sudah tepat
karena mampu mengaet pangsa pasar sebesar 15 % - 20 % dan mampu menyaingi
produk mie dari indofood yang sudah ada sejak tahun 1972. Kalau dilihat dari
pangsa pasar yang dapat di capai produk mie sedaap menurut saya cukup sukses
karena produk mie sedaap termasuk produk mie instant yang baru karena baru
muncul pada tahun 2003 dan mampu menyaingi produk mie instant lainya. Produk
ini juga gencar mengeluarkan varian – varian rasa baru untuk lebih menarik
minat konsumen. Produk mie sedaap juga melakukan promosi besar – besaran untuk
memprkenalkan produknya ini. Produk mie sedaap juga mampu mendistribusikan
produknya ini bahkan sampai ke seluruh wilayah indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar