Minggu, 03 September 2017

ANALISIS BAURAN PEMASARAN

MIE SEDAAP 

·     




    SEGMENTASI PASAR

Untuk produk mie Sedaap kalau di lihat dari harganya lebih menargetkan penjualan kepada masyarakat kalangan menegah kebawah, tatapi kalau di lihat dari penjualanya mie sedap juga di konsumsi masyarakat kalangan menengah keatas.
Sedangkan untuk wilayah penjualanya produk mie sedaap menargetkan untuk wilayah di Indonesia, produk mie sedaap menargetkan untuk seluruh wilayahnya baik di pegunungan ataupun pesisir. Dapat dilihat dari penyebaran produk mie sedaap yang dapat di temukan di seluruh wilayah indonesia.

·         PAKET NILAI YANG DI TAWARKAN

1.      Dari harga produk mie sedaap yang terjangkau.
2.      Memiliki banyak varian rasa.
3.      Produk mie sedap dapat di beli di semua toko baik supermarket sampai warung yang ada di desa.
4.      Kemasan yang higenis.
5.      Praktis dalam penyajian.
6.      Terdapat dua varian kemasan yaitu  biasa dan  cup.


·         DAUR HIDUP PRODUK
Menurut pendapat saya daur produk mie sedaap masih pada masa pertumbuhan karena kalau dilihat dari penjualannya dan dari segi promosi dari produk mie sedaap. selalu memunculkan varian rasa yang baru. Karena pada masa pertumbhan produk mulai di terima dan pasar mulai menginginkan varian produk baru. Dapat di lihat dari prosentase penjualan produk.



·         IDENTITAS PRODUK

Ø  MEREK
Mie sedaap adalah salah satu produk dari perusahaan wings. Perusahaan ini mengeluarkan produk mie dangan nama mie sedaap pada tahun 2003. Dan merupakan salah satu produk WINGS yang cukup sukses karena dapat bertahan bahkan dapat merebut pangsa pasar dari produk pesaing.

Ø  PENGEMASAN
Untuk pengemasan produk akan disesuaikan dengan produk yang akan di kemas. Kemasaan harus dapat menjaga isi dari kemasan itu agar tetap dalam kondisi baik. Kemasan juga dapat di gunakan untuk mempromosikan produk. Kemasan di sesuaikan dengan nilai ekonomis dari produk tersebut.

Ø  PELABELAN
Untuk pelabelan produk mie sedaap dalam pelabelnya terdapat berbagai keterangan – keterangan yaitu berupa gambar dan tulisan menyangkut cara penyajian produk mie sedaap itu sendiri.


·         STRATEGI HARGA

Strategi harga yang di gunakan oleh mie sedaap adalah dengan menetapkan harga  yang relatif murah untuk menarik minat konsumen yang di tuju. Dengan setrategi harga yang di tetapkan di harapkan dapat meningkatkan penjulan produk mie sedaap.

·         PROMOSI YANG DILAKUKAN
Promosi yang dilakukan perusahan dalam meperkenalkan produk mie sedaap adalah dengan cara melakukan promosi di media cetak, radio, televisi,dan juga dengan cara mempromsikan dengan mengunakan cara testimony yatu cara yang dilakukan dengan memperbolehkan konsumen mencicipi produk mie sedaap.

·         DISTRIBUSI
Untuk distribusi produk mie sedaap perusahaan mengunakan pihak ketiga yaitu menyerahkan pendistribusian produk mie sedaap utuk di edarkan keseluruh wilayah indonesia, untuk menycapai wilayah – wilayah tertentu, perusahaan mengunakan juga jasa distributor untuk dapat mencapai ke desa – desa.

·          APAKAH BAURAN PEMASARAN  YANG DILAKUKAN SUDAH TEPAT
Menurut pendapat saya bauran pemasaran yang di lakukan oleh perusahaan sudah tepat karena mampu mengaet pangsa pasar sebesar 15 % - 20 % dan mampu menyaingi produk mie dari indofood yang sudah ada sejak tahun 1972. Kalau dilihat dari pangsa pasar yang dapat di capai produk mie sedaap menurut saya cukup sukses karena produk mie sedaap termasuk produk mie instant yang baru karena baru muncul pada tahun 2003 dan mampu menyaingi produk mie instant lainya. Produk ini juga gencar mengeluarkan varian – varian rasa baru untuk lebih menarik minat konsumen. Produk mie sedaap juga melakukan promosi besar – besaran untuk memprkenalkan produknya ini. Produk mie sedaap juga mampu mendistribusikan produknya ini bahkan sampai ke seluruh wilayah indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar