Selasa, 26 September 2017

Fungsi Gudang

Sejak dulu, gudang berfungsi sebagai buffer atau penyeimbang dan untuk menentukan langkah selanjutnya suatu perusahaan, apakah perusahaan akan menggunakan gudang untuk komersial atau lebih baik digunakan sendiri. Dalam perdagangan, gudang digunakan untuk pelayanan beberapa konsumen yang berbedabeda dan secara umum, memunyai tenaga kerja yang cukup serta perlengkapan. Kemudian, dengan jarak penyimpanan untuk tujuan kepuasan konsumen atau pengguna, penyimpanan dilakukan dalam batas waktu yang lama maupun batas waktu yang pendek sesuai kebutuhan konsumen. Keuntungan yang diperoleh dari komersial gudang adalah keluwesan (flexibility) dan manajemen yang profesional. Selanjutnya, gudang sebagai penyimpanan produk jadi memunyai beberapa misi atau tugas. 
John Warman (Managemen Pergudangan, 1988) menyatakan bahwa fungsi utama pergudangan adalah tempat penyimpanan bahan mentah (raw material), barang setengah jadi (intermediate goods), maupun tempat penyimpanan produk yang telah jadi (final goods), selain itu juga menjadi tempat penampungan barang yang akan dikirim atau barang yang baru datang. Dan gudang mempunyai peran penting guna mendukung keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Donal J. Bowersox (Managemen Logistik, Tahun 2000) mengatakan bahwa gudang dapat digambarkan sebagai suatu sistem logistik dari perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan produk dan perlengkapan produksi lainnya (bahan baku, good-in-process, barang jadi, spareparts, supplies dan dead stock) dan  menyediakan informasi status kondisi material/produk yang disimpan di gudang sehingga informasi tersebut mudah diakses oleh siapapun yang berkepentingan dan selalu up-to-date.

Gudang  dibuat memiliki fungsi utama yaitu untuk menampung barang – barang untuk sementara waktu, menunggu saat barang itu dipergunakan dan untuk menjamin kontinuitas pelaksanaan kerja. Sedangkan menurut Sukadarto gudang memiliki beberapa fungsi antara lain:
1.      Penerimaan     
Penerimaan merupakan proses penyerahan dan penerimaan logistik dan peralatan di gudang. Dalam proses penyerahan dan penerimaan ini dilakukan:
§   Pendataan jumlah dan mutu logistik dan peralatan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku/layak untuk diberikan kepada korban bencana.
§   Pencatatan administratif sebagai dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan oleh petugas yang bersangkutan.
2.      Penyimpanan
Penyimpanan merupakan proses kegiatan penyimpanan logistik dan peralatan di gudang dengan cara menempatkan logistik dan peralatan yang diterima:
§   Penempatan sesuai dengan denah.
§   Aman dari pencurian.
§   Aman dari gangguan fisik.
§   Aman dari pencemaran secara kimiawi dan biologi yang dapat merusak kualitas dan kuantitas.
§   Aman dari kebakaran.
§   Penataan sesuai dengan standar pergudangan.
3.      Pemeliharaan
Pemeliharaan merupakan kegiatan perawatan logistik dan peralatan agar kondisi tetap terjamin dan siap pakai untuk dipergunakan dalam penanggulangan bencana secara efektif dan efisien dan akuntabel
4.      Pengamanan
Untuk menjaga keamanan dan keselamatan logistik dan peralatan di gudang perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a)      Lokasi Pergudangan diupayakan secara historis aman dari bencana (misalnya aman dari gempa, banjir, tanah longsor).

b)      Pencegahan Kebakaran

1)      Dihindari penumpukan bahan-bahan yang mudah terbakar.
2)      Dipasang alat alarm kebakaran.
3)      Alat pemadam kebakaran harus diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau dan dalam jumlah yang cukup. Contoh: tersedianya bak pasir, tabung pemadam kebakaran, hidran, karung goni, galah berpengait besi.

c) Keamanan Gudang

1)      Dipagar keliling
2)      Alat pemantau keamanan seperti : alarm atau kamera CCTV
3)      Petugas keamanan


Fungsi gudang menurut aktifitasnya :
1.      Gudang operasional
Adalah gudang yang menyimpan bahan baku, barang setengah jadi, ataupun barang-barang dalam proses produksi. Barang ini disiapkan untuk digunakan dalam proses produksi berikutnya.
2.      Gudang perlengkapan
Merupakan gudang untuk menyimpan perkakas kerja, bahan pelumas atau barang lainnya yang diperlukan dalam proses produksi dan tidak ditemukan kembali lagi ke gudang.
3.      Gudang pengiriman
Adalah tempat penyimpanan untuk hasil proses produksi yang biasanya disebut dengan gudang barang jadi (warehousing)
4.      Gudang musiman
Adalah gudang yang diperlukan oleh industri tertentu secara musiman sehingga harus memliki tempat penyimpanan.

Fungsi Pergudangan
Pergudangan memiliki beberapa fungsi seperti :
1.      Movement atau material handlings dibagi ke dalam empat aktivitas utama yaitu:
§   Receiving (unloading)
§   Transfer
§   Order selection
§   Shipping (loading)
2.      Storage, terdiri dari empat kegiatan utama, yaitu :
§   Holding, atau penyimpanan dengan tujuan untuk memberikan proses perlindungan keamanan dan persediaan terhadap barang.
§   Consolidation, proses konsolidasi barang, baik inbound consolidation maupun outbound consolidation.
§   Outbound dispertion (break bulk)
§   Goods in process, dalam hal ini adalah product mixing
3.      Information transfer, informasi yang tepat waktu dan akurat sangat diperlukan terutama yang terkait dengan kegiatan :
§   Tingkat persediaan
§   Tingkat perputaran
§   Tingkat pemakaian barang persediaan
§   Transportasi
§   Pemanfaatan ruang gudang
§   Personalia

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan menyimpan barang didalam gudang, diantaranya :
1.      Mengurangi aktivitas transportasi untuk biaya produksi.
2.      Membantu bagian produksi didalam menyediakan gudang.
3.      Membantu bagian pemasaran didalam menyediakan pelayanan ke konsumen.

Manfaat penting yang diperoleh dari keberadaan gudang, diantaranya :
1.      Manfaat waktu yang didapatkan adalah bahwa barang akan memberikan keuntungan lebih apabila barang tersebut disimpan di gudang dan dikeluarkan ke pasar pada saat yang tepat.
2.      Manfaat bentuk yang diperoleh apabila pada saat menunggu digudang dilakukan proses perakitan sehingga dari sisi bentuk, barang tersebut akan memberikan manfaat lebih kepada konsumen.

Sumber : Direktorat Pembinaan SMK

0 komentar:

Posting Komentar