Senin, 13 November 2017

Strategi Pertumbuhan

Untuk mengembangkan perusahaan supaya berhasil tergantung pada bagaimana menjalankan bisnis sesuai dengan aturan dan memperhatikan perubahan-perubahan yang terjadi. Bisnis tidak akan sukses kecuali jika memenuhi berbagai perubahan yang terjadi dalam menjalankan bisnis. Untuk itu diperlukan kemampuan-kemampuan manajemen yang baik dalam mengelola sebuah bisnis. Seiring globalisasi dan persaingan bebes menuntut setiap perusahaan untuk selalu mengembangkan strateginya agar dapat bertahan hidup, berkembang dan berdaya saing.  Untuk itu perusahaan...

Mengembangkan Perusahaan

Jika Anda melihat beberapa perusahaan besar seperti Google, Facebook, atau Apple, pasti kita semua akan tercengang bila Anda tahu bahwa Mereka (perusahaan-perusahaan) tersebut yang mulanya hanya sebuah usaha kecil saja, bahkan ada yang berawal dari sebuah garasi rumah yang kecil. Kita semua sebenarnya dapat seperti mereka bila mengerti dan mempelajari bagaimana memulai dan meraih sukses dalam usaha kecil. Berikut beberapa tipsnya  1.     Janganlah ambil resiko sendiri Membuka usaha baru umumnya sangat beresiko,...

Karakteristik Lain dari Waralaba

a. Pihak-pihak yang terkaiit dalam waralaba sifatnya berdiri sendiri. Terwaralaba berada dalam posisi independen terhadap pewaralaba. Independen maksudnya adalah terwaralaba berhak atas laba dari usaha yang dijalankanya,bertanggung jawab atas beban-beban usaha waralabanya sendiri. b. Perbedaan sistem waralaba dengan sistem reseller. Sistem waralaba berbeda dengan sistem reseller hosting yang ada pada perusahaan hosting pada umumnya. Pada sistem reseller,kita sebagai reseller harus membuat brand sendiri, mempromosikan sendiri, dan membangun...

Konsep Dasar Bisnis Waralaba

Menurut International Franchise Associatio, franchise atau waralaba pada hakikatnya memiliki tiga elemen, yaitu merek, sistem bisnis, dan biaya. a. merek , dalam setiap perjanjian waralaba, sang pewaralaba selaku pemilik dari sistem waralabanya memberikan lisensi kepada terwaralaba utnuk menggunakan merek dagang/jasa dan logo yang dimiliki oleh pewaralaba b. sistem bisnis, keberhasilan dari suatu organisasi waralaba tergantung dari penerapan sistem / metode bisnis yang sama antara pewaralaba dan terwaralaba. Sistem bisnis tersenut berupa pedoman...

Ragam Tipe Waralaba

a. unit franchising bentuk waralaba ini adalah yang paling umum. Dalam unit franchise, pewaralaba memberikan hak kepada terwaralaba untuk menjalankan sejumlah satu (single) bisnis waralabanya dalam lokasi atau daerah yang telah ditentukan. Ada dua pihak yang berkepentingan dalam bentuk ini, yaitu pewaralaba dan terwaralaba. b. Area Development Franchising Dalam area development franchising, pewaralaba memberikan hak kepada terwaralaba (area developer) suatu daerah tertentu yang harus dikembangkan. Terwaraaba tersebut memiliki hak dan kewajiban...

Kriteria Waralaba

Dalam PP No. 42 tahun 2007 disebutkan bahwa waralaba harus memenuhi 6 (enam) kriteria , yakni: a.     Memiliki ciri  khas usaha. Yang dimaksud dengan ―ciri khas adalah suatu usaha yang memiliki keunggulan atau perbedaan yang tidak mudah ditiru dibandingkan dengan usaha lain sejenis, dan konsumen selalu mencari ciri khas yang dimaksud. Misalnya, sistem manajemen, cara penjualan dan pelayanan, atau penataan atau cara distribusi yang merupakan karakteristik khusus dari pemberi waralaba. b.    Terbukti...

Waralaba di Indonesia

Di Indonesia sistem waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya dealer kendaraan bermotor melalui pembayaran lisensi. Perkembangan ke dua dimulai pada tahun 1970-an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus,franchise tidak sekedar jadi penyalur,namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya.  Agar waralaba dapat berkembang dengan pesat, maka persyaratan utama yang harus dimiliki satu wilayah adalah kepastian hukum yang mengikat baik franchisor maupun franchisee,karenanya,kita dapat melihat bahwa...

Keuntungan dan kerugian bisnis waralaba

Bisnis waralaba merupakan suatu solusi terbaik untuk kita memulai bisnis, karena bisnis waralaba sudah memiliki sistem dan branding yang cukup dikenal oleh pasar, namun demikian untuk memilih bisnis waralaba terkadang tidak semudah yang dibayangkan, karena bisnis  waralaba memiliki keuntungan dan kerugian yang harus diketahui oleh penerima waralaba.  a.       Keuntungan bisnis waralaba 1) Sebuah sistem waralaba relatif lebih aman daripada memulai dari awal. 2) Lebih ada struktur dalam usaha waralaba...

Penggolongan Franchise

Mengenal jenis-jenis franchise yang terdapat di dunia tentulah kita harus melihat penggolongan franchise menurut East Asian Executive Report. East AsianExecutive Report telah menggolongkan franchise dalam 3 golongan yakni sebagai berikut: a.     Product franchise  Franchise  jenis ini, seorang atau badan usaha penerima franchise  hanya bertindak mendistribusikan produk dari rekannya dengan pembatasan areal, seperti : pengecer bahan bakar Shell yang telah dibagi jaringan atau divisi wilayah pendistribusiannya. b.    Processing...

Pengertian Waralaba

1.       Pengertian Waralaba (Franchise) Beberapa defenisi waralaba menurut berbagai sumber a.       Secara harfiah, waralaba berarti ―hak untuk menjalankan usaha/bisnis di daerah yang telah di tentukan. Dalam bahasa Prancis waralaba bermakna kejujuran atau kebebasan. Dan Secara historis, definisi waralaba itu sendiri adalah sebagai penjualan khusus suatu produk disuatu daerah tertentu (seperti mesin jahit) dimana produsen memberikan pelatihan kepada perwakilan penjualan dan menyediakan...

Minggu, 05 November 2017

Karakteristik Demografi, Sosial dan Ekonomi

Demografi akan menggambarkan karakteristik suatu penduduk. Beberapa karakteristik demografi yang sangat penting untuk memahami konsumen konsumen adalah usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, agama, suku bangsa, pendapatan, jenis keluarga, status pernikahan, lokasi geografi, dan kelas sosial. Dengan memahami karakteristik demografi, sosial dan ekonomi pemasar dapat menentukan segmentasi pasar dan promosi. Di bawah ini beberapa contoh produk (barang dan jasa) yang ditawarkan kepada konsumen, dan akan mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan...

PEMASARAN DAN PERILAKU KONSUMEN

Pemasaran adalah suatu proses bagaimana mengidentifikasi kebutuhan konsumen, kemudian memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen tersebut dan meyakinkan konsumen bahwa mereka membutuhkan barang atau jasa tersebut, sehingga terjadi transaksi atau pertukaran antara produsen dengan konsumen. Pertukaran atau transaksi tersebut menyebabkan konsumen mendapatkan barang dan jasa yang dapat memberikan manfaat kepada mereka, dan konsumen memberikan sejumlah imbalan dalam bentuk uang atau lainnya kepada produsen. Konsep pemasaran adalah suatu konsep...