Penawaran adalah jumlah barang
atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat
harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran.
a.
Biaya produksi,
Harga bahan baku yang mahal akan
mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan
barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karena takut tidak
laku.
b.
Teknologi
Adanya kemajuan teknologi akan
menyebabkan pengurangan terhadap biaya produksi dan produsen dapat menawarkan
barang dalam jumlah yang lebih besar lagi.
c.
Harga barang pelengkap dan pengganti
Apabila harga barang pengganti
mengalami kenaikan maka produsen akan memproduksi lebih banyak lagi karena
berasumsi konsumen akan beralih ke barang pengganti karena harganya lebih
murah.
d.
Pajak
Semakin tinggi tarif pajak yang
dikenakan akan berakibat naiknya harga barang dan jasa yang akan membawa dampak
pada rendahnya permintaan konsumen dan berkurangnya jumlah barang yang
ditawarkan.
e.
Perkiraan harga barang di masa datang
Apabila kondisi pendapatan
masyarakat meningkat, biaya produksi berkurang dan tingkat harga barang dan
jasa naik, maka produsen akan menambah jumlah barang dan jasa yang ditawarkan.
Tetapi bila pendapatan masyarakat tetap, biaya produksi mengalami peningkatan,
harga barang dan jasa naik, maka produsen cenderung mengurangi jumlah barang
dan jasa yang ditawarkan atau beralih pada usaha lain.
f.
Tujuan dari perusahaan
Bila perusahaan berorientasi
untuk dapat menguasai pasar, maka dia harus mampu menekan harga terhadap barang
dan jasa yang ditawarkan sehingga keuntungan yang diperoleh kecil. Bila
orientasinya pada keuntungan maksimal maka perusahaan menetapkan harga yang
tinggi terhadap barang dan jasa yang ditawarkannya.
g.
Jumlah penduduk
Pertambahan penduduk akan
memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu
wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta akan meningkat.
Permintaan adalah jumlah barang
atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat
harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan :
a.
Selera
Apabila selera konsumen terhadap
suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa
yang diminta akan mengalami peningkatan, demikian sebaliknya. Contohnya:
permintaan terhadap telepon genggam.
b.
Pendapatan konsumen
Apabila pendapatan konsumen
semakin tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu untuk
membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya.
c.
Harga barang/jasa pengganti
konsumen akan cenderung mencari
barang atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif
penggunaan. Contohnya: bila harga tiket pesawat Jakarta-Surabaya sama harganya
dengan tiket kereta api, maka konsumen cenderung akan memilih pesawat sebagai
alat transportasi. Contoh lain: untuk seorang pelajar bila harga pulpen lebih
mahal dari pensil, maka ia akan cenderung untuk membeli pensil.
d.
Harga barang/jasa pelengkap
Keduanya merupakan kombinasi
barang yang sifatnya saling melengkapi. Contoh: kompor dengan minyak tanah,
karena harga minyak tanah mengalami kenaikan maka orang beralih menggunakan
bahan bakar minyak tanah dan beralih ke bahan bakar gas.
e.
Perkiraan harga di masa datang
Apabila konsumen menduga harga
barang akan terus mengalami kenaikan di masa datang, maka konsumen cenderung
untuk menambah jumlah barang yang dibelinya. Contoh: Pada saat krisis ekonomi,
ketika konsumen memperkirakan harga-harga sembako esok hari akan melambung
tinggi, maka mereka akan memborong sembako tersebut hari ini.
f.
Intensitas kebutuhan konsumen
Bila suatu barang atau jasa
sangat dibutuhkan secara mendesak dan dirasakan pokok oleh konsumen, maka
jumlah permintaan akan mengalami peningkatan. Contoh: kebutuhan akan bahan
pokok beras, konsumen bersedia membeli dalam jumlah harga tinggi, walaupun
pemerintah sudah menetapkan harga pokok.
0 komentar:
Posting Komentar