Selasa, 20 Maret 2018

“NILAI WAKTU DARI UANG”



KONSEP-KONSEP DASAR DALAM MANAJEMEN KEUANGAN
“NILAI WAKTU DARI UANG”



NILAI SEKARANG DARI ANUITAS BIASA

Nilai sekarang suatu anuitas (PVA) dihitung dengan metode bertahap rumus, kalkulator, spreadsheet. Untuk menghitung PV kita mendiskontokan dengan membagi setiap pembayaran dengan (1+1).

MENGHITUNG PEMBAYARAN, PERIODE, TINGKAT BUNGA  ANUITAS
Variabel yang digunakan N, I, PMT, FV, dan PV. Jika kita mengetahui empat diantaranya, maka kita akan menghitung variabel yang kelima.  
q Menghitung Pembayaran Anuitas PMT
q Menghitung jumlah periode, N
q Menghitung tingkat bunga, I

Menghitung pembayaran anuitas PMT

Misalnya, kita perlu mengumpulkan uang $10.000 dan harus tersedia dalam 5 tahun dari sekarang. Kita dapat mendapatkan pengembalian sebesar 6 % dari tabungan kita yang jumlahnya saat ini masih 0.
Maka, diketahui
FV = 10.000
PV = 0,N-5
I/YR = 6
Kita dapat memasukkan nilai-nilai tersebut ke dalam kalkulator finansial, kemudian menekan tombol PMT untuk menghitung besarnya jumlah deposito yang harus kita tempatkan.
Jawabannya tentu saja sangat bergantung pada apakah kita menempatkan deposito pada akhir setiap tahun (anuitas biasa) atau pada awal tahun (anuitas jatuh tempo).
Jadi, Anda harus menabung $1.773,96 per tahun jika anda melakukan pembayaran pada setiap akhir tahun, tetapi hanya $1.673,55 jika pembayaran dilakukan segera.
Perhatikan bahwa pembayaran yang diminta untuk anuitas jatuh tempo adalah pembayaran anuitas biasa dibagi
(1+I) = $1.773,96/1,06=$1.673,55.
Selain itu bisa juga dihitung menggunakan spreadsheeet

Menghitung jumlah periode, N
Seandainya anda diminta melakukan deposito akhir tahun, tetapi Anda hanya mampu $1.200 per tahun. Sekali lagi, asumsikan Anda akan mendapatkan 6%, berapa waktu yang dibutuhkan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan $10.000 Anda?
Dengan deposito yang lebih kecil, dibutuhkan waktu 6,96 untuk mencapai sasaran $10000. Jika Anda segera menempatkan deposito, maka Anda akan memiliki anuitas jatuh tempo dan N akan sedikit lebih rendah 6,63 tahun.

Menghitung tingkat bunga, I
Seandainya Anda hanya dapat menabung $1.200 per tahun, tetapi Anda masih ingin memiliki $10.000 dalam waktu lima tahun, berapakah tingkat pengembaliann yang memungkinkan Anda mencapai tujuan tersebut?
Hitung menggunakan kalkulator finansial
Anda harus mendapatkan tingkat pengembalian yang luar biasa tinggi sebesar 25,78 %. Satu-satunya cara mendapatkan pengembalian yang begitu tinggi adalah berinvestasi di saham spekulatif dan berjudi berbeda dengan menempatkan deposito di sebuah bank yang memeberikan jaminan tingkat pengembalian sehingga kemungkinan besar Anda sama sekali tidak mendapatkan apa-apa.
Kami merekomendasikan agar Anda mengubah rencana menabunglah lebih banyak, turunkan sasaran $10.000 tadi, atau perpanjang jangka waktunya.
Mencari tingkat pengembalian yang lebih tunggi bisa jadi layak untuk dilakukan, tetapi mencoba untuk mendapatkan 25,78% di pasar dengan pengembalian 6% akan mengaharuskan kita menanggung risiko yang tidak lagi aman.

PERPETUITAS
Perpetuitas merupakan serangkaian pembayaran dalam jumlah yang sama pada jarak tertentu yang diharapkan akan terus berlangsung selama-lamanya
Beberapa hal yang perlu dicatat:
1.     Nilai anuitas biasa adalah jumlah nilai sekarang dari pembayaran
2.     Dapat membuat grafik untuk berapapun masa anuitasnya
3.     Seiring dengan naiknya jumlah tahun, PV setiap tambahan pembayaran yang mencerminkan jumlah kontriusi pembayaran pada nilai anuitas-akan turun

Arus Kas yang Tidak Sama
Merupakan serangkain arus kas dimana jumlahnya bervariasi dari satu periode ke periode berikutnya
Ada 2 kelompok penting arus kas yang tidak sama:
1.     Suatu aliran yang terdiri atas serangkaian pembayaran anuitas ditambah satu jumlah lump sum terakhir
2.     Seluruh aliran tidak sama dengan lainnya.
Obligasi merupakan contoh terbaik untuk untuk keompok jenis pertama, sedangkan saham dan investasi modal menggambarkan jenis yang lain.

NILAI MASA DEPAN DARI ALIRAN ARUS KAS YANG TIDAK SAMA
Nilai seluruh aset keuangan-saham, obligasi atau investasi modal usaha dihitung sebagai nilai sekarang dari arus kas masa depan yang diharapkan. Oleh karena itu, kita lebih sering menghitung nilai sekarang dibandingkan nilai masa depan.  Sebagai akibatnya seluruh kalkulatif finansial memberikan fungsi otomatis untuk menghitung PV, tetapi mereka umumnya tidak memberikan fungsi otomatis untuk menghitung PV, tetapi mereka umumnya tidak memberikan fungsi  FV otomatis.

MENGHITUNG I DENGAN ARUS KAS  YANG TIDAK SAMA

Jika memiliki suatu anuitas plus pembayaran lump sum terakhir, anda dapat memasukkan nilai untuk N, PV, PMT dan FV ke dalam register TVM kalkulator, kemudian menekan tombol I/YR
Menghitung tingkat bunga untuk aliran arus kas yang tidak sama seperti Aliran 2 akan sedikit lebih rumit.
Pertama catat bahwa tidak ada prosedur yang mudah menghitung tingkat bunga memrlukan proses coba-coba yang artinya akan dibutuhkan kalkulator finansial. Dengan kalkulator, kita akan memasukkan CF kedalam register arus kas dan kemudian menekan tombol IRR untuk mendapatkan jawabannya.

PEMAJEMUKAN SETENGAH TAHUNAN DAN PERIODE PEMAJEMUKAN LAINNYA
Pemajemukkan tahunan adalah proses aritmetika menentukan nilai akhir atau serangkaian arus kas bila bunga ditambahkan sekali setahun.
Pemajemukkan setengah tahunan adalah proses aritmetika menentukkan nilai akhir suatu arus kas atau serangkaian arus kas jika bunga ditambahakan dua kali setahun.
Untuk mengilustrasikan pemajemukan setengah tahunan, diasumsikan kita mendepositokan $100 di suatu akun yang membayarkan 5 persen dan membiarkannya disana selama 10 tahun.

MEMBANDINGKAN TINGKAT BUNGA

1.     Tingkat Bunga Nominal (Diberikan atau dinayatakan) disebut tingkat bunga yang dikontrakkan, diberikan atau dinyatakan. Adalah tingkat yang oleh bank, perusahaan kartu kredit, bagian pinjaman mahasiswa, dealer mobil dan seterusnya kepada konsumen yang akan ditagihkan atas pinjaman atau dibayarkan atas deposito
2.     Tingkat tahunan efektif (tingkat tahunan ekuivalen) merupakan tingkat bunga yang sebenarnya diterima, kebalikan dari tingkat yang diberikan.

PINJAMAN YANG DIAMORTISASI
Merupakan pinjaman yang dilunasi dengan pembayaran yang sama secara bulanan, kuartalan atau tahunan.
 Termasuk didalamnya adalah kredit kendaraan bermotor,pinjamaan hipotek rumah, pinjaman mahasiswa, dan banyak usaha lainnya.
Setiap pembayaran selalu terdiri atas dua bagian yakni bunga dan pelunasan pokok. Komponen bunga relative tinggi pada awal-awal tahun, tetapi akan menurun seiring dengan turunnya pokok pinjaman. Untuk tujuan pajak, pihak peminjam akan mengurangkan komponen bunga sementara pihak pemberi pinjaman akan melaporkan jumlah yang sama sebgai penghasilan kena pajak.


0 komentar:

Posting Komentar