Selasa, 20 Maret 2018

Pasar dan Institusi Keuangan




Pasar Saham Untuk Saham Biasa
·         Perusahaan yang dimiliki sendiri adalah perusahaan tertutup dan sahamnya termasuk saham tertutup
·         Perusahaan yang dimiliki oleh ribuan investor adalah perusahaan tebruka dan sahamnya termasuk saham terbuka
·         Beberapa perusahaan memikiki ukuran yang begitu kecil hingga saham biasa perusahaan tersebut tidak diperdagangkan secara aktif; saham tersebut hanya dimiliki oleh beberapa orang, biasanya para manajer perusahaan tersebut.
Jenis Transaksi Bursa Saham
·         Pasar Skunder
Perdagangan saham beredar dari perusahaan terbuka yang telah mapan;
·         Pasar Primer
Tambahan saham yang dijual oleh perusahaan terbuka yang telah mapan
·         Pasar IPO
Penawaran saham perdana oleh perusahaan tertutup

Pengembalian Pasar Modal
Apa pengaruh pengembalian pasar modal?
Jika menurut Eduardus Tandliin (2001), return merupakan salah satu faktor yang memotivasi investor berinteraksi dan juga merupakan imbalan atas keberanian investor dalam menanggung risiko atas investasi yang dilakukan. Return juga bisa diartikan suatu keuntungan yang diperoleh investor dari dana yang ditanamkan pada suatu investasi. Investor juga dapat mempengaruhi pasar modal tersebut yang juga berdampak pada perekonomian negara.

Pasar Modal dan Pengembalian
Pelaporan Pasar Modal
Sumber terbaik kutipan informasi harga saham adalah bagian usaha surat kabar harian, seperti the wall street journal. Namun, salah satu masalah dalam surat kabar adalah harga yang dilaporkan merupakan harga kemarin bukan merupakan harga yang terupdate.

Efisiensi Pasar Modal

Suatu teori yang disebut hipotesisi pasar efisien (efficient market hypothesis - EMH) menyatkan bahwa
(1) saham selalu dalam keadaan ekuilibrium
(2) investor yang terus “mengalahkan pasar” secara konsisten adalah hal yang mustahil

Tingkat Efisiensi Pasar
·         Efisiensi Bentuk Lemah
Semua informasi  di masa lalu (historis) akan tercermin dalam harga yang terbentuk sekarang. Sehingga  informasi historis ( seperti harga saham dan volume perdagangan di masa lalu) tidak bisa lagi digunakan untuk memprediksi perubahan harga di masa mendatang, karena sudah tercermin pada harga saat ini.
Akibatnya : investor tidak memprediksi nilai pasar saham di masa datang dengan menggunakan data historis, hanya menggunakan perkiraan dengan melihat kinerja suatu perusahaan.

·         Efisiensi Bentuk Semikuat
Pasar  efisien  dalam bentuk setengah kuat/semi strong (Tandelilin, 2001)  : Harga pasar disamping dipengaruhi oleh data pasar (harga saham dan volume perdagangan masa lalu) juga dipengaruhi semua informasi yg dipublikasikan (seperti : earning, deviden, pengumuman stock split, penerbitan saham baru, dan kesulitan keuangan yang dialami perusahaan)
Pada bentuk ini investor tidak dapat berharap mendapatkan return abnormal jika strategi perdagangan hanya didasari oleh informasi yang telah dipublikasikan

·         Efisiensi Bentuk Kuat
Semua informasi baik yang terpublikasi  atau tidak terpublikasi sudah tercermin dlm harga saat ini. Dalam bentuk ini tidak akan ada seorang investor pun yang memperoleh return abnormal.

Dampak Efisiensi Pasar
Efisiensi pasar bukan berarti seluruh saham selalu dihargai dengan tepat. Namun, seperti yang dinyatakan oleh hipotesisi pasar efisien, sulit mengidentifikasi dimuka saham-saham dalam setiap kategori. Untuk mengalahkan pasar, investor harus memiliki informasi diatas rata-rata, keahlian analitis diatas rata-rata, atau nasib baik diatas rata-rata.

Apakah Pasar Modal Efisien?
Selama 25 tahun teakhir telah dilakukan banyak studi empiris untuk menguji validitas ketiga bentuk efisiensi pasar. Sebagian besar studi tersebut menunjukkan bahwa pasar modal akan sangat efisien dalam bentuk lemah dan cukup efisien dalam bentuk semi kuat, paling tidak untuk saham yang nilainya lebih tinggi dan banyak terjual. Namun bukti-bukti juga menunjukkan bahwa bentum EMH yang kuat tidak terbukti karena mereka memiliki infomasi dari orang dalam (ilegal) untuk mendapat keuntungan abnormal.



0 komentar:

Posting Komentar