Ada tiga konsep dasar ( A3 ) yang
harus diperhatikan dalam mewujudkan pelayanan prima, yaitu sebagai berikut.
1.
Konsep Sikap
( Attitude )
Keberhasilan
bisnis industri jasa pelayanan akan sangat tergantung pada orang – orang yang
terlihat di dalamnya. Sikap pelayanan yang di harapkan tertanam pada diri para
karyawan adalah sikap yang baik, ramah, penuh simpatik, dan mempunyai rasa
memiliki yang tinggi terhadap perusahaan. Jika anda menjadi karyawan suatu
perusahaan, sikap anda akan menggambarkan perusahaan anda. Anda akan mewakili
citra perusahaan, baik secara langsung atau tidak langsung. Pelanggan akan
menilail perusahaan kesan pertama dalam berhubungan dengan orang – orang yang
terlibat dalam perusahaan tersebut.
Sikap yang
diharapkan berdasarkan konsep pelayanan prima adalah sebagai berikut.
a. Sikap
pelayanan prima berarti mempunyai rasa kebanggan terhadap pekerjaan.
b. Memiliki
pengabdian yang besar terhadap pekerjaan.
c. Senantiasa
menjaga martabat dan nama baik perusahaan.
2.
Konsep Perhatian
( Attention )
Dalam
melakukan kegiatan layanan, seorang petugas pada perusahaan industri jasa
pelayanan harus senantiasa memperhatikan dan mencermati keinginan pelanggan.
Apabila pelanggan sudah menunjukkan minat untuk membeli suatu barang atau jasa
yang kita tawarkan, segera saja layanan pelanggan tersebut dan tawrkan bantuan.
Sehingga pelanggan merasa puas dan terpenuhi keinginannya.
Hal – hal
lain yang perlu di perhatikan menyangkut bentuk – bentuk pelayanan berdasarkan
konsep perhatian adalah sebagai berikut.
a. Mengucapkan
salam pembukaan pembicaraan.
b. Menanyakan
apa saja keingginan pelanggan.
c. Mendengarkan
dan memahami keinginan pelanggan.
d. Melayani
pelanggan dengan cepat, tepat dan ramah.
e. Menempatkan
kepentingan pelanggan pada nomor urut 1.
3.
Konsep Tindakan
( Action )
Pada konsep
perhatian, pelanggan “menunjukkan minat “ untuk membeli produk yang kita
tawarkan. Pada konsep tindakan pelanggan sudah “ menjatuhkan pilihan “ untuk
membeli produk yang diinginkannya.
Terciptanya
proses komunikasi pada konsep tindakan ini merupakan tanggapan terhadap
pelanggan yang telah menjatuhkan pilihannya, sehingga terjadilah transaksi jual
beli.
Bentuk –
bentuk pelayanan prima berdasarkan konsep tindakan adalah sebagai berikut.
a. Segera
mencatat pesanan pelanggan.
b. Menegaskan
kembali kebutuhan / pesanan pelanggan.
c. Menyelesaikan
transaksi pembayaran pesanan pelanggan.
d. Mengucapkan
terimakasih diiringi harapan pelanggan akan kembali lagi.
0 komentar:
Posting Komentar